HOME / Tips Diet / Ketahui Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh dalam Sehari

Ketahui Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh dalam Sehari

"Ketahui

Menerapkan pola hidup sehat tidaklah mudah. Selain harus rajin berolahraga, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang sehat. Makan makanan yang sehat bukan berarti Anda harus mengonsumsi sayur terus menerus. Namun, Anda juga harus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Menghindari makan makanan mengandung lemak juga dapat mengurangi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Lemak juga bagian dari nutrisi yang diperlukan oleh tubuh Anda. Berikut penjelasan  jenis nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.

Kenali Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Tubuh Anda

Ada 7 jenis nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda, yaitu:

Protein

Protein sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda karena berfungsi untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Setiap harinya, tubuh Anda membutuhkan sekitar 36-44 gram protein.

Jika protein yang Anda konsumsi melebihi 36-44 gram per harinya, maka dapat menyebabkan asam urat, kolesterol, bahkan yang paling fatal adalah gangguan fungsi ginjal dan resiko kanker.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh Anda. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sangat penting untuk memberikan tubuh Anda energi setiap harinya.

Setiap harinya, tubuh memerlukan karbohidrat sebanyak 45-65% dari kalori. Jika Anda mengonsumsi karbohidrat berlebih, maka dapat menyebabkan berat badan Anda mudah naik.

Lemak

Jangan berpikir bahwa lemak tidak penting bagi tubuh. Nyatanya, lemak dapat membantu pembentukan hormon dalam tubuh Anda. Lemak yang dikonsumsi pun bukan sembarang lemak.

Sebaiknya lemak yang dikonsumsi mengandung omega 3 dan minyak nabati. Jumlah asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam sehari berbeda-beda tiap jenisnya.

Jika karbohidrat dibutuhkan sebanyak 45-65% per harinya, maka lemak hanya dibutuhkan sebanyak 30% setiap harinya. Mengonsumsi lemak berlebih juga dapat menyebabkan obesitas.

Baca Juga:  Puasa Tahan Lama? Begini Aturan Pola Makannya!

Mineral

Mineral penting untuk proses metabolisme dalam tubuh juga meningkatkan fungsi saraf. Kulit, rambut, dan tulang juga membutuhkan mineral setiap harinya.

Mineral dibagi menjadi 2 jenis, yakni mineral mayor (magnesium, kalium, kalsium, fosfor, dan sulfur) dan mineral minor (zink, zat besi, iodin, boron, silikon, dan lainnya) dan sebaiknya dikonsumsi sebanyak 100 mg per hari.

Vitamin

Nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh lainnya adalah vitamin. Vitamin berfungsi untuk merawat sel tubuh serta metabolisme, terutama vitamin C dan B kompleks.

Vitamin C dan B kompleks harus dikonsumsi setiap hari untuk memperlancar proses metabolisme, terutama memperlancar buang air kecil.

Air

65% berat tubuh adalah air. Itulah mengapa mengonsumsi air sangat penting untuk dilakukan setiap harinya. Anda harus mengonsumsi air sebanyak 2-3 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya.

Jika tidak, maka kegiatan sehari-hari Anda akan terganggu, seperti tubuh Anda yang mudah lelah, tidak dapat berkonsentrasi, dan lain sebagainya.

Serat Tumbuhan

Serat tumbuhan berfungsi untuk membantu menyerap nutrisi di usus. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung serat tumbuhan dapat menjaga fungsi sistem pencernaan lebih baik.

Sebaiknya, Anda mengonsumsi setidaknya 1 atau 2 jenis sayuran hijau untuk memenuhi nutrisi harian Anda.

Bagaimana Cara Mengetahui Nutrisi Sudah Terpenuhi atau Belum?

Cara mengetahui nutrisi sudah terpenuhi atau belum sangat mudah. Anda hanya cukup mengonsumsi makanan yang mengandung semua jenis nutrisi seperti yang dijelaskan di atas.

Rata-rata dalam satu hari tubuh memerlukan 2.000 gram kalori, 325 gram karbohidrat, 75 gram protein, dan 44 gram lemak. Jadi, sebaiknya Anda mengonsumsi nutrisi sesuai dengan takaran yang diperlukan oleh tubuh.

Apa Akibatnya Jika Tubuh Kekurangan Nutrisi?

Hal yang terjadi jika tubuh kekurangan nutrisi adalah mudah lelah, berat badan yang berkurang, bibir kering, pipi tirus, mata cekung, dan sariawan. Itu adalah gejala umum yang biasanya dihadapi ketika tubuh kekurangan nutrisi.

Baca Juga:  7 Buah dan Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan saat Diet

Jika terus berlanjut, maka Anda bisa saja mengalami nafsu makan yang menurun drastis hingga kehilangan selera terhadap makanan. Oleh karena itu, sebaiknya selalu perhatikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Sumber:

https://www.nakedpress.co/blogs/stories/tubuh-harus-punya-7-nutrisi-apa-saja-mereka-1
https://hellosehat.com/nutrisi/pengertian-akg/
https://www.halodoc.com/artikel/inilah-gejala-tubuh-mengalami-kekurangan-nutrisi
https://www.halodoc.com/artikel/ini-yang-terjadi-jika-tubuh-kurang-nutrisi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments