HOME / Berat Badan / 9 Makanan Tinggi Kalori, Cocok untuk Menambah Berat Badan

9 Makanan Tinggi Kalori, Cocok untuk Menambah Berat Badan

9 Makanan Tinggi Kalori, Cocok untuk Menambah Berat Badan
9 Makanan Tinggi Kalori, Cocok untuk Menambah Berat Badan

Setelah mengetahui cara menghitung kebutuhan kalori, kini saatnya memerhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Bagi Anda yang perlu meningkatkan kandungan kalori, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan tinggi kalori.

Kandungan kalori tinggi pada makanan membantu tubuh memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari. Jika berniat menaikkan bobot tubuh, Anda sangat dianjurkan mengonsumsi makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan.

Anda perlu memastikan bahwa kalori yang masuk ke dalam tubuh merupakan kalori baik yang mengandung nilai nutrisi bagi tubuh. Hindari mengonsumsi empty calories atau kalori tinggi yang tidak memberikan manfaat secara spesifik dan justru bisa memicu obesitas.

Nah, apa saja makanan asupan tinggi kalori baik?

  1. Daging sapi

Daging Sapi
Daging Sapi

Urutan pertama makanan berkalori tinggi yang baik sebagai sumber energi adalah daging sapi. Yang menjadikannya semakin unik, masing-masing bagian sapi memiliki kandungan kalori berbeda. Kalori paling banyak terdapat dari bagian bawah dada sapi yang mengandung 304 kal per 85 gram.

Tidak hanya kalori, daging sapi juga memiliki lemak tinggi hingga 12 gram. Dua kandungan utama tersebut membuat daging sapi sangat cocok sebagai penunjang program menaikkan berat badan.

  1. Nasi putih

Nasi Putih
Nasi Putih

Makanan pokok orang Indonesia ini ternyata memiliki kandungan kalori cukup tinggi. Sajian satu mangkok nasi putih saja memiliki kalori sebanyak 204 kal. Nasi putih juga merupakan sumber karbohidrat. Tubuh memerlukan kedua kandungan tersebut guna menghasilkan energi untuk aktivitas sehari-hari.

  1. Salmon

Salmon
Salmon

Selain menjadi sumber utama Omega-3 dan protein, daging ikan salmon juga mengandung kalori cukup tinggi. Pada satu mangkok sajian ikan salmon segar, setidaknya terdapat 242 kalori. Karenanya, perlu perhatian saat menyajikan ikan salmon agar kalorinya tidak melebihi kebutuhan tubuh.

  1. Minyak kelapa

Minyak
Minyak kelapa

Tanpa sadar, minyak menjadi salah satu bahan konsumsi tidak langsung yang kalorinya cukup tinggi. Contohnya saja saat menggoreng makanan yang memanfaatkan minyak kelapa. Penggunaan minyak kelapa sebesar 1 ons mengandung kalori hingga 244 kal.

Baca Juga:  Patut Dihindari! Ini 7 Pola Makan yang Bikin Gemuk

Tidak jauh dengan minyak kelapa, minyak zaitun juga memiliki kandungan kalori cukup tinggi. Minyak yang lazim digunakan sebagai dressing salad ini mengandung 119 kalori dalam takaran satu sendok makan.

Produk olahan minyak nabati yakni margarin pun memiliki kandungan 75 kalori pada setiap satu sendok makan.

  1. Ubi Jalar

Ubi Jalar
Ubi Jalar

Sering dijumpai pada sajian kolak, ubi jalar tanpa kulit yang sudah melalui proses masak dengan rebusan memiliki kalori sebesar 180 kal pada tiap 200 gram. Kandungan vitamin, mineral, dan 6,5 gram serat membuat ubi jalar cocok menjadi cemilan tinggi kalori.

  1. Kentang

Kentang
Kentang

Anda bisa memasukkan kentang menjadi cemilan tinggi kalori yang harus dicoba. Kentang rebus memiliki 87 kalori pada tiap 100 gram. Kandungan tersebut meningkat ketika mengolahnya menjadi kentang goreng. Angka kandungan kalori berubah menjadi 192 kal per 70 gram sajian.

  1. Pisang

Pisang
Pisang

Ingin buah yang bisa dijadikan cemilan tinggi kalori? Coba konsumsi pisang. Sebuah pisang berukuran sedang dengan panjang 18-20 sentimeter, mengandung kalori hingga 105 kal. Sangat cocok menjadi asupan penambah energi saat belum sempat mengonsumsi makanan berat.

  1. Alpokat

Alpukat
Alpukat

Alternatif buah lain yang patut untuk Anda coba adalah alpokat. Kandungan kalsium yang cukup tinggi sebesar 160 kal per 100 gram sajian membuat buah satu ini cocok menjadi cemilan tinggi kalori baik, tanpa khawatir akan obesitas.

  1. Dark Chocolate

Dark Chocolate
Dark Chocolate

Ingin yang manis-manis? Coklat gelap atau lebih awam dikenal dengan dark chocolate merupakan asupan rasa manis yang mengandung tinggi kalori. Pada 100 gram mengandung kalori hingga 505 gram, loh!

Dari beberapa makanan tinggi kalori di atas, mana yang ingin Anda coba lebih dahulu?

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/
read/2697323/deretan-makanan-tinggi-kalori-yang-wajib-anda-ketahui
https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/
https://www.alodokter.com/efek-buruk-terlalu-banyak-makanan-berkalori-tinggi
http://blog.sayurbox.com/makanan-tinggi-kalori/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments