HOME / Tips Diet / Program Makan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Dikala Pandemi

Program Makan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Dikala Pandemi

Program Makan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Dikala Pandemi
Program Makan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Dikala Pandemi

Program makan sehat sangat dianjurkan terutama di kala pandemi sebagai bagian dari menjaga imun. Sehingga, dengan nutrisi seimbang, imun tubuh kita bisa meningkat dan dapat melawan virus.

Harus diketahui bahwa, sejak dini kita telah dikenalkan dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna. Seiring berjalannya waktu dan ilmu pengetahuan tentang nutrisi. Program tersebut dirasa belum cukup dalam memenuhi kebutuhan harian Anda.

Hal ini disertai dengan bukti bahwa, nutrisi juga perlu ditambahkan. Kemudian, menurut ahli gizi sendiri, 4 sehat yang dibutuhkan belum dihitung dengan jumlah nutrisi tubuh selama satu hari, Terkadang timpang.

Mungkin, karbo terlalu banyak atau lemak, bisa juga protein jadi, keseimbangannya berkurang. Sementara, tubuh yang sehat semuanya harus seimbang. Dengan kenyataan ini slogan kesehatan tersebut harus gugur.

Sebagai penggantinya masyarakat dihadapkan pada pemenuhan gizi dan nutrisi. Slogannya adalah pola makan seimbang. Hasilnya, jauh lebih bagus dan membuat badan jadi prima. Tidak hanya untuk anak-anak saja.

Orang dewasa juga membutuhkannya. Sebagai bagian dari kekuatan mereka saat bekerja di lapangan atau hanya kantoran yang mengandalkan pikiran. Memenuhi pola tersebut sangat sulit karena, harus dihitung dulu.

Terutama jumlah kalorinya. Hampir sama seperti program diet? Ya, mungkin seperti itu. Hanya ini jauh lebih dalam dan rinci. Karena, perhitungannya ada juga di nutrisi lain misalnya, vitamin atau zinc.

Menerapkan Program Makan Sehat untuk Tubuh

Jangan berpikir makan sehat selalu kurang enak untuk dikonsumsi. Justru sebaliknya, bila diolah dengan benar pasti rasanya juga berbeda. Apakah, program ini melarang penggunaan minyak? Sebenarnya tidak, boleh memakainya.

Asalkan, harus lihat kadar dan porsi. Paling penting sebenarnya adalah memastikan minyak itu tidak ada unsur lemak jenuh saja. Mungkin, bisa diganti dengan jenis lain misalnya, diambil dari bawang.

Baca Juga:  Cara Jitu untuk Meraih Berat Badan Ideal

Atau alpukat, walau untuk mendapatkan dijamin sulit. Tetapi, kesehatannya pasti terjaga. Memang tidak salah pepatah mengatakan sehat mahal harganya. Untuk melengkapi programnya saja sudah sulit. Apalagi, kalau sudah menjalankannya.

Oleh karena itu sejak sekarang cobalah melakukan pengaturan yang tepat perlahan saja. Bisa dimulai dari selalu sarapan. Ingat, menurut medis makan pagi sebaiknya bukan nasi. Tetapi, oat meal atau roti.

Sehingga, tidak terlalu mengenyangkan tetapi, memberikan energi cukup sebelum datang siang. Salah satu menunya berupa daging juga boleh. Hanya saja, jangan olahan seperti, sosis atau nugget.

Jauh lebih baik adalah telur mata sapi atau direbus. Daging ayam juga pasti nikmat. Roti bisa diganti menggunakan kentang atau singkong. Setidaknya, kadar karbohidratnya ada walau hanya sedikit.

Karena, konsep seimbang disini mewajibkan Anda konsumsi semua nutrisi secara lengkap. Seperti, protein, Karbohidrat sampai lemak. Bisa juga menu sarapannya kentang, salad, serta salmon. Atau kreasi lainnya.

Jangan lupa tambahan susu bila susah menemukan karena, saat ini hanya ada kental manis. Lebih baik jus. Sebagai pengganti karbo dari kentang, hadirkan saja alpukat. Pasti kenyang sampai nanti siang.

Makan Sehat untuk Kehidupan Lebih Baik

Menikmati makanan sehat sebenarnya punya banyak manfaat salah satunya adalah badan jadi lebih sehat. Coba saja lihat para atlet dengan pemenuhan gizi serta nutrisi lengkap, mereka segar dan berprestasi.

Oleh karena itu, cobalah tambahkan sayuran dan buah dalam menu makanan tersebut. Keduanya merupakan sumber nutrisi terbaik yang harus dipenuhi. Pilihannya ada banyak sekali tidak hanya satu atau dua saja.

Kedua bahan tersebut juga mengandung antioksidan di mana kandungan itu sangat penting mengatasi radikal bebas dan sinar ultraviolet yang terbukti tidak bagus untuk tubuh. Perlindungan ini sangat dibutuhkan.

Baca Juga:  Peran Ahli Gizi Dalam Mempersiapkan Berat Badan Ideal dan Tetap Sehat

Sebenarnya, bisa juga menggantinya. Misalnya saja, konsumsi suplemen atau vitamin C hanya saja, ada efek sampingnya. Biasanya, ke organ ginjal akan bermasalah jadi, lebih baik mendapatkannya secara alami saja.

Ketika satu organ sudah terkena akan susah mengatur pola makan sehat. Karena, penyakit ini akan bertambah bila salah menempatkan makanan. Sementara, kandungan yang dibutuhkan hanya disitu.

Atau kenyataan lain, bisa menggantinya hanya penggantinya punya harga cukup mahal. Bisa jadi dua kali lipat atau bahkan lebih. Untuk membelinya saja sudah malas, apalagi harus rutin konsumsi.

Memperhatikan apa yang dikonsumsi jadi penting. Apalagi, virus dan bakteri semakin berkembang pesat. Program makan sehat menjadi solusi terbaik menjaga badan tetap dalam keadaan prima selalu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments