HOME / Tips Diet / 7 Menu Sarapan Pagi untuk Diet Turunkan Berat Badan

7 Menu Sarapan Pagi untuk Diet Turunkan Berat Badan

7 Menu Sarapan Pagi untuk Diet Turunkan Berat Badan
7 Menu Sarapan Pagi untuk Diet Turunkan Berat Badan

Salah satu kunci sukses menurunkan berat badan adalah kedisiplinan dalam makan makanan sehat. Percuma jika Anda mengurangi porsi makanan sedemikian rupa, tapi kemudian masih setia memakan cemilan tidak sehat.

Saatnya jalani diet berkualitas dimulai dari sarapan yang sehat. Berikut 7 menu sarapan pagi untuk diet berkualitas yang bisa Anda coba.

  1. Kacang Edamame

Salah satu menu sarapan pagi untuk diet yang sering direkomendasikan adalah jenis kacang-kacangan seperti almond, kedelai atau edamame.

Dari ketiga bahan tersebut, cobalah konsumsi kacang edamame yang mempunyai 9 macam asam amino esensial serta kaya protein dan lemak. Sayuran ini juga mengandung karbohidrat yang baik sebagai sumber energi.

Agar kandungan gizinya tidak hilang, sebaiknya olah edamame dengan cara merebusnya tak terlalu lama. Sekitar 3 atau 5 menit saja sudah cukup. Anda juga bisa mengukusnya agar tidak mengurangi vitamin B dan C di dalamnya.

Meski menyehatkan, tetap batasi konsumsinya karena senyawa dalam kedelai bisa mengubah kadar hormon.

  1. Oatmeal

Jika Anda masih belum terbiasa makan sayur di pagi hari, coba konsumsi oatmeal rendah kalori yang dipadu dengan buah berry. Makanan ini cocok sebagai menu sarapan pagi untuk diet pemula yang baru pertama kali membiasakan makan tanpa nasi putih.

Oatmeal juga termasuk makanan yang kaya serat dan protein baik untuk mengendalikan nafsu makan. Selain itu, bahan makanan yang terbuat dari biji oat bebas gluten ini juga berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jantung.

  1. Telur Rebus

Sulit mendapatkan kacang edamame atau oatmeal? Rebus telur ayam saja! Bahan makanan ini termasuk sumber lemak yang kaya protein dan rendah kalori.

Sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan tidak bolak-balik nyemil atau jajan sembarangan. Tapi ingat, telurnya direbus ya! Bukan digoreng, didadar, atau diceplok.

  1. Alpukat

Dalam buat alpukat terkandung lebih dari 20 vitamin dan mineral baik untuk mengurangi lemak di perut. Tak heran jika buah ini terkenal sebagai penurun berat badan terbaik di seluruh dunia.

Baca Juga:  Menu Diet Tanpa Nasi, Cara Simpel Turunkan Berat Badan

Rasanya juga enak dan bisa diolah menjadi berbagai varian makanan lezat. Mulai dari juz, smoothie, atau dipadukan dengan oatmeal kaya serat.

  1. Pisang

Selain alpukat, Anda juga bisa konsumsi buah pisang sebagai menu sarapan diet murah alias berbiaya rendah. Buah berwarna kuning ini mengandung serat yang lumayan tinggi, sehingga efektif untuk menahan rasa kenyang.

Jumlah kalorinya juga lumayan rendah, sekitar 100 kalori saja dalam satu buah pisang berukuran sedang.

  1. Ikan Salmon

Kalau dari jenis ikan-ikanan, Anda bisa konsumsi ikan salmon yang dapat meningkatkan omega 3 EFA untuk membakar lemak dalam tubuh. Minyak ikan di dalamnya juga bermanfaat dalam proses transpirasi glukosa, sehingga mencegah kita agar tidak kecanduan gula.

Sama seperti  pengolahan telur, sebaiknya masak ikan salmon dengan cara direbus atau dikukus ya!

  1. Yogurt

Yogurt adalah pilihan menu diet pagi super lezat yang bisa membantu menurunkan berat badan. Bahan makanan ini kaya akan protein yang mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Hebatnya lagi, yogurt juga mengandung probiotik tinggi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan imunitas tubuh. Selain untuk sarapan, Anda juga bisa memakannya sebagai camilan.

Beberapa menu sarapan pagi untuk diet di atas sangatlah mudah didapatkan. Sekarang tinggal niat dan konsistensi Anda saja untuk memakannya setiap hari.

Jangan lupa barengi dengan rajin berolahraga, tidur secukupnya, serta manajemen stress yang baik. Karena menurunkan berat badan secara sehat tak cukup hanya bermodal mengurangi porsi makanan.

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/7-resep-sarapan-sehat-dan-rendah-kalori-saat-diet
https://health.kompas.com/read/
2021/02/16/060500868/13-menu-sarapan-untuk-bantu-turunkan-berat-badan?page=all

https://www.kompas.com/sains/read/
2021/05/22/080000423/7-menu-sarapan-untuk-diet-cepat-turunkan-berat-badan?page=all

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments