HOME / Tips Diet / Loh, Ternyata Begini Yah Cara Jogging Yang Benar (Kamu Bisa Coba)

Loh, Ternyata Begini Yah Cara Jogging Yang Benar (Kamu Bisa Coba)

Loh, Ternyata Begini Yah Cara Jogging Yang Benar (Kamu Bisa Coba)
Loh, Ternyata Begini Yah Cara Jogging Yang Benar (Kamu Bisa Coba) (Foto; RUN 4 FFWPU)

Cara Jogging yang benar, bisa jadi pertanyaan yang bisa banyak orang tanyakan. Ini bisa terjadi karena, untuk melakukan jogging, semua orang juga bisa melakukannya. Tetapi, jika ingin melakukan jogging yang benar. Tentu saja, tidak akan semudah itu juga untuk dilakukan. Jadinya, perlu dipastikan lagi, apakah cara jogging yang sudah kita lakukan itu sudah benar atau belum. Betul?

Dan artikel ini, akan sangat mungkin untuk bisa membantu kamu. Sedang mencari informasi tentang cara jogging yang benar kan? Iyah, artikel ini juga, akan membahas tentang cara jogging yang benar. Kebetulan dan keberuntungan kamu, sekali bukan? Jadi yuk, tanpa berlama-lama lagi, dan tanpa banyak basa-basi. Kita langsung saja, lanjut ke pembahasan yang jadi inti pembicaraan. Siap?

3 Kunci Cara Jogging Yang Benar

Berikut ini 3 ada kunci utama, cara jogging yang benar. Yang bisa kamu jadikan patokan, sebetulnya cara jogging yang sudah kamu lakukan itu, sudah benar atau belum. Harap dibaca, semua poin-poin pembahasannya dengan teliti. Supaya tidak ada yang salah nanti, oke, oke?

Kunci Pertama: Persiapan

Di tahap ini, kamu harus memastikan beberapa hal, yaitu, pakaian, asupan dan pemanasan. Maksudnya bagaimana? Tenang, kita mulai bahas satu per satu setelah kalimat ini. Pakaian, usahakan saat kamu akan melakukan jogging, kamu memakai pakaian yang bisa menyerap keringat. Celana yang bisa memudahkaan kamu untuk bergerak, dan sepatu yang digunakan harus nyaman.

Asupan, ini tidak kalah penting juga. Pastikan, sebelum kamu memulai jogging, harus kamu isi perut dulu. Supaya apa? Yah, supaya ada tenaga jawabannya. Walaupun kamu harus makan, tolong jangan dulu makan gorengan. Karena disarankan, 30 menit sebelum jogging, kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Seperti nasi merah, kentang, oatmeal, pisang, hingga ubi.

Baca Juga:  7 Buah dan Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan saat Diet

Jangan lupakan juga, sebelum kamu jogging, harus melakukan pemanasan. Tidak perlu juga, kamu jemur badan supaya badan kamu bisa panas. Kamu mengangkat lutut kaki setinggi pinggang saja, untuk masing-masing kaki, sudah bisa dikatakan pemanasan. Eits, usahakan, jangan pemanasan lama-lama, 5-10 menit aja sudah sangat cukup, untuk mempersiapkan tubuh sebelum jogging. Oke?

Kunci Kedua: Pelaksanaan

Setelah tadi, kamu mengetahui cara jogging yang benar di tahap persiapan. Sekarang, kamu bisa pastikan dari tahap pelaksanaan jogging. Patokannya cuman dua, yaitu dari teknik jogging dan jarak pelaksanaan jogging. Untuk teknik jogging, biasanya, pemula, disarankan untuk melakukan jogging yang kombinasi lari dan berjalan. Contohnya: 1 menit lari, dan 7 menit berikutnya melakukan jalan.

Memperhatikan jarak, untuk melakukan jogging juga enggak kalah penting. Jika kamu belum pernah melakukan jogging sebelumnya, ada baiknya awali rute jogging di rute-rute yang pendek-pendek terlebih dahulu. Setelah badan kamu terbiasa, silahkan kamu naikkan rute jogging kamu secara bertahap. Tapi, jangan lupakan untuk istirahat sejenak di sela-sela jogging, soalnya itu juga penting. 

Tahapan Ketiga: Penutupan

Akhirnya, kamu sampai juga ke poin penutup ini. Setelah kamu selesai jogging, ada satu hal penting yang harus kamu lakukan. Supaya, jogging kamu bisa termasuk ke cara jogging yang benar. Yaitu, melakukan pendinginan. Kamu bisa mulai pendinginan, dengan jalan santai sekitar 10 menit. Selingi dengan melakukan peregangan di beberapa bagian tubuh, seperti, tangan, leher, dan kaki juga.

Setelah itu selesai, silahkan kamu minum air putih secukupnya. Jamin deh, setelah itu tubuh akan jauh lebih segar dan nyaman pokoknya. Walaupun membuat tubuh sehat dan segar, jogging tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Karena, jogging hanya disarankan dilakukan 2-3 kali/minggu. Yah, wajar sih, soalnya, apapun yang dilakukan secara berlebihan, tidak akan baik jatohnya. Setuju?

Baca Juga:  Sebaiknya Makan Malam Jam Berapa? Intip Jawabannya Di sini

Nah, bagaimana, setelah kamu mengetahui 3 kunci cara jogging yang benar diatas. kira-kira, sekarang, kamu sudah mulai bisa menyimpulkan belum nih,  jogging yang selama ini kamu lakukan itu sudah benar atau belum?

Sumber:

https://www.alodokter.com/suka-jogging-pahami-hal-hal-ini

https://www.rexona.com/id/gerak-tak-terbatas/cara-jogging-yang-benar-dan-rasakan-manfaat-maksimalnya.html

https://www.lemonilo.com/amp/blog/5-teknik-jogging-yang-benar-dan-efektif-untuk-pemula

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments