HOME / Berat Badan / Menu Harian untuk Menambah Berat Badan dalam Waktu Seminggu

Menu Harian untuk Menambah Berat Badan dalam Waktu Seminggu

Menu Harian untuk Menambah Berat Badan dalam Waktu Seminggu
Menu Harian untuk Menambah Berat Badan dalam Waktu Seminggu

Menaikkan berat badan bukan berarti Anda hanya makan secara terus menerus dan mengonsumsi makanan secara sembarangan. Ada aturan tertentu yang harus Anda lakukan untuk menambah berat badan secara sehat. Salah satunya adalah mengatur menu harian untuk menambah berat badan.

Bahkan dengan cara ini Anda bisa menaikkan berat badan dalam seminggu. Menu harian yang dianjurkan adalah menu makanan sehat. Dengan begitu, Anda sudah melakukan cara menambah berat badan secara alami tanpa bantuan dari obat-obatan.

Berikut adalah menu makanan sehat untuk menambah berat badan secara alami.

Telur Rebus

Telur merupakan makanan yang mengandung protein tinggi dan lemak sehat yang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, tidak heran jika telur menjadi salah satu menu makanan penambah berat badan secara alami.

Akan lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi telur secara utuh, bukan hanya kuningnya saja atau putihnya saja, dan lebih sehat jika dimasak dengan cara direbus.

Sampai saat ini, belum ada larangan maksimal mengonsumsi telur setiap harinya. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi telur hingga 3 kali dalam sehari.

Susu, Yoghurt, atau Keju

Susu maupun produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju juga bagus untuk menambah berat badan.

Susu mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan juga mineral berupa kalsium yang baik untuk menambah berat badan, terutama untuk menambah massa otot. Jika Anda rajin mengonsumsi susu, maka berat badan Anda akan naik secara bertahap.

Smoothies atau Jus Buah Segar

Jika Anda kurang menyukai susu atau mempunyai alergi terhadap susu, smoothies atau jus buah segar adalah alternatif lainnya.

Beberapa bahan untuk membuat smoothies, seperti alpukat yang dicampur dengan kacang almond atau pisang yang dicampur dengan peanut butter mempunyai kalori dan lemak baik yang bisa menambah berat badan Anda.

Baca Juga:  Ini Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan Secara Sehat

Selain itu, minuman ini juga mengandung nutrisi, seperti vitamin, mineral, hingga zat besi yang baik bagi kesehatan.

Daging Merah

Jika Anda ingin menambah berat badan, tentunya jangan lupa untuk mengonsumsi daging karena daging salah satu makanan yang bisa membuat berat badan Anda naik dengan cepat.

Sebaiknya Anda mengonsumsi daging merah atau daging sapi karena mengandung lebih banyak protein yang tinggi dan juga mengandung keratin yang bisa membantu dalam proses pembentukan otot tubuh.

Namun, sayangnya dalam satu hari Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi daging sapi sebanyak 50 sampai 100 gram atau 1,8 sampai 3,5 ons untuk menghindari tubuh Anda yang kelebihan lemak tak baik.

Nasi

Makanan penambah berat badan yang paling ideal adalah nasi. Nasi sudah menjadi makanan pokok yang paling sering Anda konsumsi. Dalam satu porsi nasi untuk orang dewasa terkandung 200 kalori yang tentunya bisa menambah berat badan Anda menjadi ideal.

Selain itu, nasi juga mengandung karbohidrat, vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, mangan, magnesium, selenium, hingga fosfor.

Rekomendasi menu harian untuk menambah berat badan di atas akan bisa menaikkan berat badan Anda dalam kurun waktu satu minggu apabila Anda melakukannya secara konsisten dan mengatur pola makan dengan baik. Selamat mencoba!

Sumber:

https://www.alodokter.com/menambah-berat-badan-menjadi-lebih-ideal
https://health.kompas.com/read/2020/02/12/060100268/9-makanan-penambah-berat-badan-tanpa-bikin-perut-buncit?page=all
https://www.beautynesia.id/berita-food/susah-naikin-berat-badan-cobain-resep-smoothie-ini-aja/b-122950

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments