HOME / Tips Diet / 7 Cara Diet Tanpa Olahraga, Sukses Turunkan Berat Badan

7 Cara Diet Tanpa Olahraga, Sukses Turunkan Berat Badan

7 Cara Diet Tanpa Olahraga, Sukses Turunkan Berat Badan
7 Cara Diet Tanpa Olahraga, Sukses Turunkan Berat Badan

Idealnya, setiap orang dianjurkan berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar. Apalagi ketika Anda memutuskan diet untuk menurunkan berat badan. Namun, jika karena sesuatu hal Anda kesulitan berolahraga, Anda tak perlu khawatir. Lakukan 7 cara diet tanpa olahraga berikut ini.

1. Batasi Konsumsi Karbohidrat Berlebih

Cara diet tanpa olahraga dan tanpa obat yang pertama adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat. Bagi Anda yang terbiasa makan nasi putih mungkin merasa kesulitan untuk langsung menghentikan konsumsi makan nasi setiap hari.

Tidak perlu khawatir. Anda bisa mengurangi jumlah konsumsinya secara perlahan setiap hari.

Batasi konsumsi karbohidrat atau ganti dengan sumber makanan sejenis yang lebih rendah karbohidrat. Misalnya, Anda bisa mengganti nasi putih dengan makan nasi dari beras merah.

2. Hindari Makanan Manis, Berlemak, dan Junk Food

Menghindari aneka makanan tidak sehat juga menjadi salah satu tips kurus tanpa diet dan olahraga yang bisa Anda coba.

Mulai sekarang, kurangi atau bahkan hentikan kebiasaan makan makanan yang mengandung pemanis buatan atau terlalu banyak lemak. Hindari juga makan makanan instan dan junk food yang tidak sehat untuk tubuh.

3. Makan Secara Perlahan

Selain membatasi bahan makanan tertentu, cara makan yang tepat juga perlu menjadi perhatian.

Pastikan Anda mengunyah makanan secara perlahan, sehingga seluruh makanan yang masuk ke mulut dapat diproses dengan baik. Saat Anda makan secara perlahan, otak mampu mengenali rasa kenyang lebih lama, dan Anda pun merasa kenyang lebih cepat.

Tentu ini menjadi salah satu cara menurunkan berat badan paling efektif yang bisa Anda coba.

Bandingkan jika Anda makan terburu-buru. Selain berisiko tersedak, bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda pun tidak bisa terproses secara maksimal. Anda juga akan merasa lebih cepat lapar ketika makan terlalu cepat.

Baca Juga:  Ketahui Cara Jogging yang Benar Sebelum Memulainya

4. Perbanyak Makan Sayur dan Buah-Buahan

Cara diet tanpa olahraga dan tetap makan nasi berikutnya yaitu dengan memperbanyak asupan sayur dan buah.

Selain kaya akan serat, sayur dan buah-buahan juga mengandung banyak air dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Jumlah kalorinya termasuk rendah, sehingga efektif menurunkan berat badan. Yang perlu diperhatikan, pilih buah yang tidak mengandung terlalu banyak gula.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Selain memperbanyak asupan makanan berserat, Anda juga perlu memperbanyak konsumsi air putih setiap hari. Ini bisa menjadi salah satu cara diet tanpa olahraga dengan cepat yang bisa Anda lakukan secara murah. Air putih efektif membakar kalori dan mempercepat proses pencernaan dalam tubuh.

Dengan meminum lebih banyak air putih, Anda bisa merasa lebih kenyang, sehingga Anda bisa otomatis mengurangi porsi makan. Secara tidak langsung Anda juga telah menghindari minum minuman manis yang kurang sehat untuk tubuh.

6. Penuhi Kebutuhan Protein

Memakan makanan yang mengandung protein tinggi juga menjadikan Anda merasa kenyang lebih lama, lho! Dengan begitu, Anda bisa mengurangi porsi makanan sehari-hari dan mendapatkan tubuh ideal yang Anda inginkan.

Anda bisa mendapatkan berbagai makanan berprotein tinggi pada ikan salmon, tuna, dan susu.

7. Tidur yang Cukup

Selain mengatur pola makan, salah satu rahasia diet sukses tanpa olahraga adalah pola tidur yang baik. Hindari begadang dan pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup setiap hari.

Dengan begitu, tubuh mampu beristirahat dan meregenerasi sel-sel secara sempurna. Tubuh Anda pun bisa mengatur hormon lapar dan terhindar dari stres yang mengganggu.

Itulah 7 cara diet tanpa olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh ideal. Meski begitu, Anda tetap dianjurkan berolahraga secara rutin jika memungkinkan. Karena selain efektif membakar lemak dalam tubuh, olahraga juga dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Makanan Pokok Pengganti Nasi yang Sehat dan Bergizi

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2021/01/05/160300068/11-cara-menurunkan-berat-badan-tanpa-olahraga?page=all
https://food.detik.com/info-sehat/d-5582319/10-cara-diet-sehat-dan-cepat-tanpa-olahraga-untuk-menurunkan-berat-badan
https://kesehatan.kontan.co.id/news/inilah-4-cara-menurunkan-berat-badan-tanpa-olahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments