HOME / Tips Diet / Anti Gemuk, 5 Cara Membakar Kalori Setelah Makan Malam

Anti Gemuk, 5 Cara Membakar Kalori Setelah Makan Malam

Anti Gemuk, 5 Cara Membakar Kalori Setelah Makan Malam
Anti Gemuk, 5 Cara Membakar Kalori Setelah Makan Malam

Selama ini banyak tips diet yang menganjurkan kita untuk menghindari makan malam jika ingin menurunkan berat badan. Tapi, bagaimana jika kebiasaan makan malam terlanjur menjadi rutinitas sehari-hari? Tidak perlu khawatir. Lakukan 5 cara membakar kalori setelah makan malam berikut ini agar tubuh tetap ideal.

1. Minum Air Putih Hangat

Jika Anda terlanjur makan malam saat menjalani masa diet, sebaiknya akhiri makan dengan minum minuman hangat, terutama air putih. Selain menjadikan Anda lebih rileks, air putih hangat juga efektif sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh.

Air putih hangat juga berkhasiat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh berjalan lancar. Dibandingkan air dingin, air hangat lebih efektif membersihkan sistem pencernaan, sehingga menjadikan organ pencernaan Anda lebih sehat.

2. Hindari Kudapan dan Minuman Manis

Idealnya, jam makan malam untuk diet adalah maksimal jam 6 sore. Namun, jika Anda terlanjur makan malam, jangan khawatir sampai berpikir untuk memuntahkannya. Yang penting, jangan lakukan berulang kali di masa diet. Apalagi setelah makan malam masih makan camilan tak sehat.

Untuk itu, hindari makan kudapan atau minum minuman manis usai makan malam, termasuk teh dan kopi. Karena kedua minuman tersebut hanya akan menghambat proses penyerapanan nutrisi di tubuh Anda. Lebih baik terapkan tips pertama, yaitu minum air putih hangat.

3. Jangan Langsung Tidur

Langsung tidur usai makan malam hanya akan memperburuk hasil diet Anda. Untuk itu, usahakan jangan langsung tidur ketika Anda terlanjur makan malam di masa diet. Hal itu berisiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dan menjadikan tubuh Anda semakin gemuk.

Usahakan juga untuk tidak berdiam diri atau sekadar rebahan di kasur, karena Anda berpotensi besar untuk ketiduran. Kalau sudah ketiduran usai makan malam, segala upaya diet pun akan sia-sia.

Baca Juga:  7 Buah dan Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan saat Diet

Daripada langsung tidur tidur atau sekadar rebahan di atas kasur, sebaiknya Anda lakukan tips keempat, yaitu berolahraga ringan.

4. Olahraga Ringan

Nah, ini adalah cara diet malam hari  yang bisa Anda lakukan saat terlanjur makan malam. Olahraga ringan bisa membantu proses metabolisme dalam tubuh usai makan malam.

Tapi, jangan langsung berolahraga secara ekstrem, karena berpikir hal itu akan langsung membakar kalori, ya! Jika Anda langsung olahraga berat, Anda akan berisiko mengalami kram perut.

Sebaiknya pilih olahraga ringan, seperti berjalan-jalan di sekitar rumah sambil menikmati udara segar dan pemandangan indah di langit malam. Selain efektif membantu proses metabolisme, jalan-jalan ringan juga akan membantu Anda terhindar dari stres. Sehingga Anda pun bisa tidur lebih nyaman dan nyenyak.

5. Aktif Bergerak di Keesokan Hari

Jika sebelumnya Anda sudah berolahraga setelah makan, maka jangan berhenti di malam hari itu saja. Keesokan harinya, usahakan untuk aktif bergerak dan kembali berolahraga. Karena ini adalah satu-satunya cara membakar lemak setelah makan malam sebelumnya. Jangan hanya berdiam diri dan tak melakukan aktivitas apapun.

Untuk jenis olahraga di pagi hari, Anda bisa melakukan lari pagi, berenang, atau senam di dalam rumah. Supaya lebih seru, Anda juga bisa melakukan permainan olahraga yang Anda sukai, seperti sepak bola, basket, bulu tangkis, dan sebagainya.

Itulah 5 cara membakar kalori setelah makan malam yang bisa Anda lakukan. Mudah sekali, kan? Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk menghindari kebiasaan makan malam, agar diet yang Anda lakukan berhasil. Selamat mencoba!

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2020/09/28/193000768/6-cara-menurunkan-berat-badan-saat-makan-malam?page=all
https://health.detik.com/diet/d-3417301/kegiatan-15-menit-setelah-makan-malam-untuk-bantu-turunkan-bobot
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3746316/5-tips-cepat-kurus-setelah-makan-malam

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments