HOME / Tips Diet / Camilan Rendah Kalori yang Aman Untuk Diet itu Apa saja ya?

Camilan Rendah Kalori yang Aman Untuk Diet itu Apa saja ya?

Camilan Rendah Kalori yang Aman Untuk Diet itu Apa saja ya?
Camilan Rendah Kalori yang Aman Untuk Diet itu Apa saja ya?

Sedang menjalani program diet, tapi tetap ingin ngemil? Tenang, Anda bisa menjadikan deretan camilan rendah kalori di bawah ini untuk mengisi perut tanpa perlu takut diet gagal.

Saat beraktivitas, tubuh memerlukan kalori sebagai bahan bakar utama. Mengonsumsi asupan nutrisi seimbang dan memastikan jumlah kebutuhan kalori tercukupi membantu tubuh tetap bugar.

Kontrol kalori dalam tubuh sangat perlu, karena jika kelebihan kalori akan tersimpan dalam tubuh dan berubah menjadi lemak.

Bagaimana jika sedang diet? Anda tentu perlu mengonsumsi asupan rendah kalori. Begitu pula menentukan jenis camilan, tentu menghindari jajanan yang mengandung angka kalori tinggi agar berat badan tetap terkontrol.

Agar tidak salah pilih, berikut camilan enak dan rendah kalori yang patut Anda coba.

1. Oat

Oat
Oat

Makanan dari tanaman bernama Haver ini menjadi rekomendasi pertama camilan rendah kalori mengenyangkan yang bisa Anda coba. Olahan oat paling akrab adalah oatmeal yang cocok menjadi sajian pada waktu sarapan.

Terkenal menyehatkan, oatmeal menduduki peringkat ketiga indeks kekenyangan makanan. Kandungan serat tinggi, kemampuan menyerap air yang baik, serta rendah kalori membuat oat cocok menjadi camilan sahabat diet Anda.

Anda pun tidak perlu takut bosan, karena rasa tawar oat mudah dipadukan dengan campuran lain, seperti madu hingga buah-buahan. Lebih enak, juga lebih menyehatkan tentunya.

2. Buah jenis beri

Buah jenis berry
Buah jenis berry

Beri memiliki banyak varian buah, di antaranya yakni: stroberi, rasberi, blueberry, dan beri hitam. Jenis beri tersebut merupakan buah yang bisa menjadi camilan sehat rendah kalori.

Kaya akan vitamin, mineral, serta sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh, buah beri jenis tersebut juga mengandung serat tinggi yang membantu mengurangi rasa lapar sehingga bisa menunjang Anda mengurangi porsi makan.

Baca Juga:  Mengenal Aturan, Rekomendasi Makan, dan Pantangan Diet OCD

3. Yoghurt

Yoghurt
Yoghurt

Terkenal akan beragam manfaat, yoghurt juga sering menjadi alternatif camilan sehat rendah kalori saat diet. Probiotik dalam yoghurt membantu tubuh melepaskan hormon penurun nafsu makan yang bermanfaat untuk mengurangi lapar dan membakar lebih banyak energi.

Ada banyak varian yoghurt beredar di pasaran, mulai dari yoghurt dari susu sapi hingga almond dan santan kelapa, Anda perlu mempertimbangkan faktor alergi sebelum memilih varian yoghurt. Pastikan juga yoghurt yang Anda konsumsi tidak mengandung pemanis buatan dan rendah lemak.

4. Kue Putu

Kue Putu
Kue Putu

Ingin jajanan pasar rendah kalori? Kue putu menjadi jawabannya. Jajanan hijau berlumur kelapa parut dan berisi gula jawa ini hanya memiliki 26 kal setiap satu buahnya, loh! Kue tradisional khas Indonesia satu ini juga memiliki kadar lemak rendah sehingga cocok untuk pengganjal perut kala lapar.

5. Kacang almond

Kacang Almond
Kacang Almond

Almond bisa menjadi opsi camilan diet yang cocok untuk Anda. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang almond membuat penurunan berat badan lebih cepat.

Hal tersebut disebabkan karena kacang almond membantu mengurangi rasa lapar dengan kandungan protein serta serat tinggi pada setiap konsumsi sesuai takaran. Lagi pula, penelitian lain menunjukkan bahwa tidak semua kandungan kalori pada almond bisa terserap tubuh.

Jika bosan dengan kacang almond biasa, olahan lain seperti pancake, almond milk rice pudding, hingga salad quinoa dan kacang almond menjadi pilihan camilan rendah kalori yang menunjang diet keto.

Mengonsumsi camilan rendah kalori saat diet membantu Anda tetap merasa kenyang, tanpa takut kebutuhan kalori tidak tercukupi. Anda juga tak perlu khawatir menimbun lebih banyak kalori yang berubah menjadi lemak di kemudian hari.

Sumber:

https://www.alodokter.com/memanfaatkan-yoghurt-untuk-diet
https://www.orami.co.id/magazine/camilan-rendah-kalori/
https://www.sehataqua.co.id/7-makanan-rendah-kalori-kunci-tubuh-ideal/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments