HOME / Ahli Gizi / 5 Posisi Tidur yang Baik yang Harus Kamu Ketahui

5 Posisi Tidur yang Baik yang Harus Kamu Ketahui

5 Posisi Tidur yang Baik yang Harus Kamu Ketahui
5 Posisi Tidur yang Baik yang Harus Kamu Ketahui

Posisi tidur yang baik bisa meningkatkan kebugaran tubuh. Kualitas tidur berpengaruh pula pada tingkat stres. Setiap orang butuh tidur untuk mengistirahatkan semua organ tubuhnya.

Tidur yang cukup bisa meningkatkan imun, mood, menjaga kesehatan jantung dan memperpanjang usia. Umumnya durasi tidur orang dewasa 7-8 jam. Tidur akan lebih mudah dan nyenyak jika menemukan posisi yang pas dan nyaman.

  1. Tengkurap

Walaupun bagi sebagian orang posisi ini tak begitu nyaman namun baik untuk mereka yang suka mendengkur. Tengkurap merupakan posisi tidur yang baik untuk pernapasan mereka.

Seseorang yang mendengkur mengalami penyempitan pernafasan sehingga timbul dengkuran. Anda bisa menambahkan bantal pada bagian perut sehingga lebih nyaman.

Memiringkan wajah ke satu arah dan letakan bantal sebagai penyangga. Arahkan wajah ke bawah bukan ke sisi kanan maupun kiri. Dengan begitu Anda bisa bernafas dengan nyaman.

Posisi ini kurang baik untuk wanita yang ingin membentuk payudaranya. Leher juga bisa terasa nyeri dan kesemutan. Bila Anda tak mendengkur sebaiknya gunakan posisi tidur yang lebih baik.

  1. Soldier

Posisi tidur yang baik saat sesak nafas adalah soldier. Posisi ini menempatkan tubuh terletak. Tangan dan kaki dalam keadaan lurus di samping badan. Jika Anda memiliki badan yang berisi hindari posisi ini.

Posisi ini dapat menimbulkan gangguan tidur atau sleep apnea. Sleep apnea adalah kondisi dimana seseorang berhenti bernafas sejenak ketika ia tidur.

Ketika mengaplikasikan posisi ini sebaiknya jangan menumpuk bantal terlalu tinggi. Tidur terlentang tidak menyebabkan rasa nyeri atau sakit pada badan. Tidak ada tekanan ekstra pada tubuh sehingga bisa beristirahat dengan nyaman.

  1. Miring Ke Kanan & Kiri

Tidur miring sangat dianjurkan karena mampu membersihkan limbah otak. Limbah ini jika Anda biarkan bisa menjadi pemicu penyakit alzheimer, parkinson, bahkan dementia.

Baca Juga:  Mengetahui Pentingnya Peran dan Tugas Ahli Gizi

Untuk mengurangi gejala asam lambung Anda bisa memilih tidur dengan posisi miring ke kiri. Penyakit asam lambung kerap mendera ibu hamil sehingga posisi ini juga cocok untuk kesehatan pencernaan mereka.

Posisi tidur miring ke kiri juga dapat menghilangkan rasa sakit punggung. Posisi ini juga membantu sistem limfatik dan mengurangi mulas.

Sementara tidur miring ke kanan bisa menurunkan kinerja saraf dan tekanan darah. Menurut penelitian tidur dalam posisi ini bisa menambah usia.

Tidur pada posisi ini juga membantu penyerapan nutrisi lebih maksima. Beban pada kaki kiri dan jantung bisa diminimalisir. Kelemahan tidur dalam posisi ini adalah mudah membuat wajah berkerut.

  1. Meringkuk

Meringkuk adalah salah satu posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Tambahkan bantal sebagai guling untuk menyangga bagian punggung. Posisi ini juga sering disebut dengan posisi janin.

Posisi meringkuk lebih baik miring ke kiri. Hal ini untuk menghindari penekanan pada bagian jantung dan hati oleh janin. Sirkulasi dalam darah jadi lebih baik. Posisi ini juga sangat baik untuk para ibu hamil yang suka mendengkur.

  1. Lengan ke Atas

Posisi tidur  berpengaruh pula pada kesehatan kulit. Jika Anda mengalami masalah jerawat maupun keriput coba posisikan tidur terlentang sambil lengan mengarah ke atas.

Posisi ini sangat disarankan untuk mereka yang mengalami masalah punggung. Jika sakit punggung telah teratasi ganti posisi tidur yang lain. Kerap menggunakan posisi ini bisa menaikan asam lambung.

Itulah beberapa posisi tidur yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Sesuaikan posisi tidur dengan masalah yang sedang dihadapi.

Sumber :

https://hot.liputan6.com/read/4549240/7-manfaat-tidur-miring-kiri-bagi-kesehatan-tubuh-baik-untuk-kesehatan-jantung
https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/posisi-tidur-ibu-hamil-nyenyak/
https://www.popmama.com/life/health/faela-shafa/ma-ini-manfaat-posisi-tidur-miring-ke-kanan/5
https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/manfaat-tidur-cukup/
https://www.alodokter.com/memilih-posisi-tidur-yang-baik-untuk-kesehatan
https://www.halodoc.com/artikel/apa-posisi-tidur-yang-baik-untuk-kesehatan
https://www.99.co/blog/indonesia/posisi-tidur-yang-benar/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments