HOME / Tips Diet / 5 Jenis Menu Makan Siang untuk Diet yang Sehat dan Enak

5 Jenis Menu Makan Siang untuk Diet yang Sehat dan Enak

5 Jenis Menu Makan Siang untuk Diet yang Sehat dan Enak
5 Jenis Menu Makan Siang untuk Diet yang Sehat dan Enak

Salah satu tips ampuh untuk diet yang sukses adalah dengan mengkonsumsi makan siang untuk diet yang sehat dan enak.  Supaya diet tidak terasa membosankan, Anda bisa mengganti menu makan siang untuk diet yang beragam namun tetap enak dan mudah disiapkan.

5  Jenis Menu Makan Siang untuk Diet Sehat

Berikut 5 jenis menu makan siang sehat dan enak. Menu di bawah ini merupakan menu makanan yang terbuat dari bahan yang mudah didapat dan proses yang simpel.

Kimbab Beras Merah

Jika Anda sudah terbiasa mengkonsumsi  beras putih, waktunya mengganti beras dengan jenis kalori yang lebih rendah dan kaya serat yakni dengan menggunakan beras merah. Tidak hanya bagus untuk  diet, beras merah juga mengandung lebih banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Salah satu menu makan untuk diet pemula adalah kimbab beras merah. Kimbap adalah makanan khas Korea yang mirip seperti sushi roll. Tambahkan isian kimbab beras merah dengan bahan-bahan yang menyehatkan, seperti wortel, crab stick, timun, alpukat dan taburan biji wijen.

Roti Gandum Mangga

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menu makan siang dengan kalori lebih rendah sangat cocok untuk Anda yang sedang diet. Menurut dokter, kalori makan siang yang tepat adalah 700 kalori. Namun, jumlah tersebut bisa jadi berbeda untuk tiap orang karena kebutuhan kalori tubuh berbeda-beda.

Untuk dapat menikmati makan siang dengan menu yang sehat dan enak serta rendah kalori, Anda dapat mencoba menu roti gandum mangga. Anda hanya perlu menyajikan 1-2 potong roti gandum dengan orak arik telur brokoli tanpa minyak bersama beberapa potong mangga.

Pasta Wortel

Jika Anda adalah pecinta pasta, Anda wajib coba menu pasta wortel ini. Berbeda dengan pasta tepung, pasta khusus diet ini terbuat dari wortel sehingga memiliki kandungan kalori yang lebih rendah yakni sekitar 487 kalori. Selain itu, cara pembuatannya pun sangat mudah.

Baca Juga:  Penting: Tips dan Cara Mengatur Porsi Makan Diet Pemula

Gunakan alat pemotong sayur yang dapat menghasilkan potongan wortel yang mirip dengan pasta lalu tumis pasta wortel dengan tomat, paprika, lada, garam dan jamur.

Ayam Lada Hitam Brokoli

Dada ayam tanpa lemak juga merupakan salah satu bahan untuk menu diet yang sehat. Cara mudah mengolah dada ayam menjadi menu diet yang sehat dan enak adalah dengan membuat ayam lada hitam brokoli.

Ketika sedang menumis ayam, pastikan Anda tidak menggunakan minyak dan bisa tambahkan brokoli, bombay dan saus lada hitam hingga masak. Lalu, sajikan ayam lada hitam brokoli dengan beras merah dan beberapa potongan wortel segar dan daun seledri.

Sandwich Ayam dan Alpukat

Tahukan Anda jam makan siang yang baik adalah pukul 12 siang. Untuk Anda yang sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya, pastikan Anda dapat makan teratur dan dengan menu makan siang diet yang sehat.

Salah satu menu yang cocok untuk para pekerja yang sibuk adalah sandwich ayam alpukat. Tidak hanya mudah disajikan, sandwich ayam alpukat dengan paduan yogurt plain dan sayur ini akan terasa segar ketika dinikmati di siang hari sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi di sela-sela kesibukan.

Itulah tadi 5 jenis menu makan siang untuk diet yang sehat dan juga enak. Tidak hanya rendah kalori, tetapi menu di atas juga mengandung banyak serat dan vitamin serta mineral yang sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh ketika sedang diet.

Sumber:

https://www.briliofood.net/resep/12-resep-menu-makan-siang-untuk-diet-sehat-enak-dan-spesial-201110a.html
https://glints.com/id/lowongan/menu-makan-siang-untuk-diet/#.YV74c9pBzIV
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/porsi-makan-siang-supaya-seimbang/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
Imam

Artikel yang sangat menarik, untuk artikel menarik lainnya saya merekomendasikan
http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1057-oatmeal-makanan-wajib-untuk-kamu-yang-diet-sehat