HOME / Tips Diet / Mulai Hidup Sehat Dengan 4 Kriteria Makanan yang Sehat Ini

Mulai Hidup Sehat Dengan 4 Kriteria Makanan yang Sehat Ini

"Mulai

Makanan yang sehat tidak hanya membantu untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh. Sebenarnya, meskipun Anda tidak berniat untuk diet atau menurunkan berat badan, sangat penting untuk mengetahui kriteria makanan yang sehat.

Tubuh yang sehat adalah dambaan semua orang. Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan kriteria dari makanan yang sehat. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang tubuh butuhkan agar tetap sehat dan pertumbuhan berjalan dengan optimal.

Meskipun seringkali diabaikan, tetapi kriteria makanan yang sehat adalah hal yang harus selalu Anda perhatikan agar tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh ditambahkan ke menu makanan.

  1. Bergizi

Jika Anda bertanya “Apa kriteria makanan yang sehat?”, maka salah satu kriterianya adalah bergizi. World Health Organization atau WHO, badan kesehatan dunia mengartikan makanan bergizi sebagai salah satu kriteria makanan sehat.

Agar memenuhi gizi yang berperan penting untuk tubuh, maka pastikan makanan Anda mengandung karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin, serat, dan mineral. Untuk mendapatkan karbohidrat, Anda bisa memilih makanan seperti nasi merah, roti gandum, dan sereal gandum.

Protein dan lemak bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan, telur, ikan, ayam, dan daging. Sementara untuk vitamin, Anda bisa mendapatkannya dari sayur-mayur dan buah-buahan.

  1. Berimbang

Tidak hanya bergizi, makanan juga harus berimbang. Untuk anak 5 sampai 10 tahun, dalam satu piring harus berisi sekitar 50% karbohidrat, 30% protein, dan sisanya adalah vitamin, mineral, serat, dan lemak baik. Lemak baik bisa didapatkan dari beberapa makanan, seperti kacang-kacangan dan alpukat.

  1. Beragam

Agar tetap mengkonsumsi makanan sehat secara berkelanjutan, makanan harus beragam. Hal ini agar tidak menimbulkan rasa bosan dan kebutuhan gizi bisa terpenuhi. Karbohidrat tidak hanya terkandung dalam nasi. Untuk makanan di esok dan hari-hari selanjutnya, Anda bisa mengganti nasi dengan kentang atau talas.

Baca Juga:  Apa yang Dimaksud dengan Makanan Sehat, Fungsi, dan Contoh

Agar gizi dari makanan tidak berkurang apalagi hilang, perhatikan teknik memasak yang benar. Alih-alih digoreng, akan lebih baik jika And merebus atau memanggang makanan yang akan dikonsumsi.

  1. Bersih

Bersih atau higienis adalah kriteria lain dari makanan sehat. Makanan yang bersih berarti makanan yang tidak mengandung bakteri dan kuman berbahaya, jadi makanan tetap sehat untuk tubuh.

Terlebih lagi saat ini ada banyak sayur dan buah-buahan yang ditanam menggunakan pestisida. Agar terhindar dari risiko terkena penyakit, cuci semua bahan makanan dengan air mengalir. Tentu saja, Anda harus memasaknya dengan benar.

Hindari mencuci bahan makanan menggunakan sabun terutama buah dan sayuran. Meskipun dinilai efektif dalam menghilangkan kuman dan bakteri, kebiasaan ini bisa menimbulkan efek buruk, seperti sakit perut dan muntah.

Pilihan Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Tertentu

Setelah mengetahui bagaimana kriteria makanan sehat, Anda bisa mulai memilih makanan yang tepat, terlebih jika mengidap penyakit tertentu.

Ikan Salmon

Seperti yang Anda ketahui bahwa ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Jadi, makanan yang satu ini layak untuk dikonsumsi karena bisa mengurangi risiko gangguan jantung dan tekanan darah.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau tidak hanya mengandung serat tetapi juga folat, fitokimia, magnesium, karotenoid, kalsium, dan potasium. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna cerah mengandung karotenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Dengan mengetahui kriteria makanan yang sehat, Anda bisa memilih makanan apa saja yang tepat untuk memulai pola hidup sehat. Karena diet yang baik adalah yang bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat.

Sumber:

https://www.halodoc.com/kesehatan/makanan-sehat
https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/nutrisi/kriteria-makanan-sehat-ini-wajib-dipenuhi-ingat-jangan-asal-kenyang/
https://www.brilio.net/creator/ini-dia-4-kriteria-makanan-sehat-yang-harus-terpenuhi-49bd7e.html

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments