HOME / Kebutuhan Protein / 5 Sumber Makanan Yang Mengandung Protein Hewani Tinggi

5 Sumber Makanan Yang Mengandung Protein Hewani Tinggi

5 Sumber Makanan Yang Mengandung Protein Hewani Tinggi
5 Sumber Makanan Yang Mengandung Protein Hewani Tinggi

Tubuh memerlukan bantuan protein untuk menghasilkan energi. Asupan protein yang cukup juga bisa membuat daya tahan tubuh semakin meningkat. Itulah kenapa Anda harus rajin mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani.

Terlepas dari makanan dengan kandungan protein nabati yang cukup, jangan sampai mengabaikan sumber makanan berprotein yang berasal dari hewan. Sebab manfaatnya juga tak kalah penting untuk tubuh.

Apa Saja Makanan yang Mengandung Protein Hewani?

Agar tubuh sehat dan daya tahan terjaga dengan maksimal, pastikan untuk memilih makanan yang mengandung protein. Seperti beberapa bahan makanan berikut ini:

1.  Ikan

Mengonsumsi ikan bukan hanya memanjakan lidah saja karena rasanya yang enak, tetapi tubuh Anda juga akan lebih sehat. Ikan mengandung protein tinggi dengan kadar lemak yang rendah.

Beberapa kandungan penting yang terdapat pada ikan, antara lain Vitamin B2, Vitamin D, asam lemak omega-3, fosfor, kalsium, yodium, seng, dan masih banyak lagi.

Jika Anda pecinta ikan, tidak ada salahnya untuk mulai rajin mengonsumsinya setidaknya dua kali dalam seminggu. Dengan mengonsumsi ikan, risiko serangan stroke dan serangan jantung bisa lebih menurun.

Santapan ikan juga bisa disajikan dalam berbagai olahan, mulai dari digoreng, dikukus, atau direbus.

2. Produk Susu

Rekomendasi sumber protein hewani terbaik kedua yang wajib Anda coba adalah produk olahan susu. Selain mengandung nutrisi yang banyak, produk seperti susu, keju, dan yogurt selalu diminati karena rasanya yang nikmat.

Semua produk susu dikenal memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Lebih jelasnya, Anda bisa melihat rincian kandungan protein setiap produk berikut ini:

  • 100 g keju mengandung 22.9 g protein
  • 100 g susu skim mengandung 3.4 g protein
  • 100 g yogurt hambar mengandung 5.3 g protein
Baca Juga:  Jumlah Kebutuhan Protein Orang Dewasa dan Cara Menghitungnya

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, produk susu juga memiliki kandungan seperti kalium, vitamin D, fosfor, vitamin B, dan kalsium yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang Anda.

3. Daging Merah

Selanjutnya adalah daging merah yang selama ini diperdebatkan mengenai khasiatnya. Hingga akhirnya muncul kabar baik bahwa Anda bisa mengonsumsi daging merah dalam kadar yang tidak melebihi 18 ons setiap minggunya.

Dalam 100 g daging merah, Anda bisa memperoleh 20-24 gram protein. Di mana kandungan protein dalam red meat memiliki asam amino yang bagus untuk perbaikan fungsi tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan.

4. Daging Ayam

Bagi Anda yang menyukai daging ayam, makanan enak ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam 100 g ayam, Anda bisa mendapatkan 27 g protein. Mengenai bagian daging ayam yang paling banyak mengandung protein, Anda bisa memilih dada ayam yang diolah tanpa kulit.

Selain mengandung protein yang tinggi, dada ayam juga populer untuk menurunkan berat badan. Hal ini telah menjadi rahasia umum di kalangan binaragawan.

5. Telur

Sumber protein hewani berikutnya yang bisa Anda pilih adalah telur. Dalam 100 g telur, Anda bisa mendapatkan 13 g protein yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Selain rasanya enak, telur juga paling mudah dijumpai dan harganya terbilang terjangkau. Dengan mengonsumsi telur dengan rajin, Anda bisa menjaga kesehatan mata, jaringan tubuh, dan menguatkan daya tahan tubuh.

Beberapa rekomendasi makanan yang mengandung protein hewani di atas bisa Anda jadikan referensi untuk konsumsi sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/protein-in-chicken#TOC_TITLE_HDR_2
https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/what-is-red-meat-its-protein-content-and-health-benefits/photostory/68833297.cms?picid=68833311
https://www.alodokter.com/ini-makanan-sumber-protein-hewani-yang-harus-anda-ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
mawar