HOME / Tips Diet / 5 Penyebab Berat Badan Tidak Turun Walau Sudah Olahraga Dan Diet

5 Penyebab Berat Badan Tidak Turun Walau Sudah Olahraga Dan Diet

5 Penyebab Berat Badan Tidak Turun Walau Sudah Olahraga Dan Diet
5 Penyebab Berat Badan Tidak Turun Walau Sudah Olahraga Dan Diet

Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi hal yang diinginkan oleh banyak orang. Maka tidak jarang beberapa orang melakukan olahraga dan juga diet untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Tetapi banyak juga yang sudah olahraga dan diet tapi berat badan tidak turun.

Salah satu cara yang mudah dilakukan agar tubuh sehat adalah olahraga, tetapi masih ada beberapa orang yang malas bergerak untuk melakukan olahraga. Padahal dengan olahraga yang rutin akan dapat membuat tubuh menjadi sehat.

Sama halnya dengan olahraga, diet juga bermanfaat bagi kesehatan dan tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja. Ketika berat badan Anda turun, artinya Anda sudah membantu tubuh terhindar dari risiko berbagai penyakit.

Jika tidak melakukan diet yang benar maka bisa jadi bukannya mendapatkan tubuh yang sehat, tetapi malah akan mendapatkan banyak penyakit.

Lalu apa yang menjadi penyebab sudah olahraga tapi berat badan belum turun juga? Berikut ini beberapa hal penyebab berat badan Anda tidak turun juga.

1. Olahraga Tanpa Mengatur Pola Makan

Jika olahraga yang Anda lakukan tidak dibarengi dengan pola makan yang benar dan pola makan yang sehat, maka Anda tidak akan mendapatkan tubuh yang ideal. Artinya, baik itu olahraga dan juga pola makan yang sehat, perlu seimbang.

Biasanya, yang sering dilakukan kebanyakan orang adalah membuat pola makan dengan caranya sendiri salah satunya yaitu dengan mengurangi komposisi jumlah makanannya tanpa melihat kadar asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke tubuh.

Anda juga perlu perhatikan jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi, jangan asal mengurangi dan mengganti menu karbohidrat Anda. Alih-alih mau mengurangi karbohidrat, ternyata yang terjadi adalah gula darah pada tubuh malah naik dan hal inilah yang menjadi penyebab berat badan naik saat diet.

Baca Juga:  Cara Jitu untuk Meraih Berat Badan Ideal

2. Menjalankan Diet Yang Tidak Benar

Sebaiknya ketika hendak menjalankan program diet, Anda perlu konsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Agar hasil diet Anda membuahkan hasil. Tidak hanya dapat menurunkan berat badan Anda saja, tetapi dengan diet yang Anda lakukan, tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Diet pun tidak ada yang instan, semua perlu proses. Maka dari itu berhati-hatilah jika ada yang mengklaim bahwa program diet yang dilakukannya bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

3. Melakukan Olahraga Yang Tidak Tepat

Olahraga yang berlebihan tentu tidak disarankan karena tubuh akan mengalami kelelahan dan lanjut menjadi stres. Ketika stres melanda, maka berat badan akan sulit diturunkan. Anda perlu menyesuaikan jenis olahraga Anda dengan kondisi tubuh Anda.

Olahraga harus dilakukan secara rutin, tidak boleh terlalu jarang atau justru terlalu sering yang bisa membuat diet Anda kurang efektif.

4. Kurang Tidur

Ternyata kurang tidur bisa menyebabkan berat badan naik. Sebab dengan kebiasaan kurang tidur dapat risiko diabetes dan risiko menjadi meningkat.

Tidak hanya itu, terkadang tubuh jadi tidak bisa mengatur rasa lapar dan nafsu makan juga meningkat, jadinya kurang tidur memicu nafsu makan meningkat.

5. Masih Konsumsi Minuman Manis

Minuman manis memang menyenangkan, tetapi bagi Anda yang sedang menjalankan proses diet, minuman manis ternyata dapat membuat berat badan bertambah.

Minuman manis sendiri tidak bisa sepenuhnya memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh dan juga tidak dapat mengatasi rasa lapar.

Hal tersebut pada akhirnya tanpa sadar membuat Anda terus mengonsumsi minuman manis terlalu banyak dan tingginya kandungan kalori dalam minuman tersebut malah membuat berat badan Anda naik.

Semoga dengan penjelasan di atas Anda akan menjadi semakin paham penyebab dari pertanyaan Anda yaitu mengapa sudah olahraga dan diet tapi berat badan tidak turun? Jadi Anda bisa cek ciri-ciri berat badan Anda mulai turun atau tidaknya dari 5 penyebab di atas. Salam sehat.

Baca Juga:  Menu Diet Sehat Seminggu Ampuh Turunkan 10 Kilogram

Sumber:

https://womantalk.com/health/articles/sudah-diet-dan-olahraga-tapi-berat-badan-belum-turun-juga-ini-penyebabnya-DKg8E
https://health.kompas.com/read/2020/08/08/121102768/10-penyebab-berat-badan-susah-turun-padahal-sudah-diet?page=all

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments