HOME / Tips Diet / Sebaiknya Makan Malam Jam Berapa? Intip Jawabannya Di sini

Sebaiknya Makan Malam Jam Berapa? Intip Jawabannya Di sini

Sebaiknya Makan Malam Jam Berapa? Intip Jawabannya Di sini
Sebaiknya Makan Malam Jam Berapa? Intip Jawabannya Di sini

Makan malam mungkin termasuk hal yang sensitif bagi sebagian orang yang sedang menjalani diet. Jika terlalu larut dalam makan malam khawatir dapat menyebabkan gemuk tetapi jika terlalu awal akan menyebabkan lapar. Lalu, sebaiknya makan malam jam berapa?

Yuk ketahui jam makan malam yang baik berikut ini.

Jam makan ideal di malam hari

Tidak ada aturan khusus mengenai jam berapa seseorang harus makan malam, tapi Anda tidak dianjurkan untuk makan di atas jam 12 malam dan menjelang tidur. Anda dianjurkan untuk makan paling lambat 2 sampai 3 jam sebelum tidur. Usahakan untuk sudah menyelesaikan makan di pukul 7 malam.

Mengapa begitu? Supaya ketika Anda akan tidur tubuh sudah selesai mencerna makanan di perut Anda. Jika Anda makan tepat sebelum tidur, maka tubuh tidak sempat mencerna kalori dan lemak, tapi tubuh Anda sibuk mencerna makanan sehingga kemungkinan berat badan naik pun semakin besar.

Bagaimana jika Anda lembur dan merasa lapar ketika sudah larut malam? Agar berat badan tetap aman Anda bisa minum air putih atau memilih makanan yang rendah kalori dan lemak seperti yoghurt, buah, oat dan sejenisnya.

Akibat makan malam terlalu larut

Apa efek makan malam jam 12 atau makan ketika menjelang tidur? Hal tersebut bisa menyebabkan beberapa kondisi seperti

  1. Meningkatkan risiko GERD

Ketika Anda berbaring atau tengkurap setelah makan malam, maka asam lambung akan naik ke kerongkongan Anda sehingga menyebabkan mulut pahit dan rasa panas di ulu hati. Rasa panas tersebut akan semakin tidak nyaman terutama bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung.

GERD merupakan gangguan pencernaan yang ditandai dengan heartburn. Hal tersebut terjadi ketika asam lambung naik dan menginfeksi saluran makanan. Untuk itulah Anda sebaiknya tidak makan menjelang tidur untuk mencegah kenaikan asam lambung di malam hari.

  1. Kenaikan berat badan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika makan menjelang tidur atau terlalu larut dapat menyebabkan kegemukan. Ketika Anda makan larut malam, tentu Anda sudah merasa kelaparan sehingga Anda bisa makan berlebihan, lebih buruk lagi jika Anda makan dengan makanan yang berlemak.

Baca Juga:  Apakah Pisang Bagus untuk Diet? Ini yang Perlu Diketahui

Selain lemak, Anda juga bisa mengalami peningkatan gula darah serta kolesterol yang juga dapat memicu stroke.

  1. Mempengaruhi kualitas tidur

Ketika Anda makan terlalu malam, maka akan menyebabkan rasa berat, panas dan tidak nyaman di perut Anda. Hal tersebut juga dapat mengganggu tidur Anda karena tidak bisa menemukan posisi tidur yang nyaman.

Menu makan malam sehat

Untuk Anda yang sedang diet, menu makan malam perlu Anda perhatikan dengan baik agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Menu yang perlu Anda siapkan tentunya harus makan malam yang sehat dan tidak mengandung banyak lemak.

Beberapa makanan yang cocok untuk Anda yang sedang diet yaitu telur dadar atau rebus, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, salmon, kentang, dada ayam tanpa kulit, buah seperti alpukat, tempe dan tahu, salad buah atau sayur, sup, ikan tuna, udang, dan sejenisnya.Jadi sebaiknya makan malam jam berapa?

Untuk mencegah asam lambung naik dan masalah pencernaan sebaiknya Anda segera makan di bawah pukul 7 malam. Sebab tubuh Anda membutuhkan 3 jam untuk mencerna makanan dengan sempurna. Jangan lupa untuk memilih menu yang sehat terutama bagi Anda yang sedang diet.

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/kapan-jam-makan-malam-yang-baik-ini-penjelasannya/amp

https://m.klikdokter.com/amp/3277108/kapan-jam-terakhir-boleh-makan-malam

https://hellosehat.com/nutrisi/diet/menu-makan-malam-untuk-diet/?amp=1

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments