HOME / Tips Diet / 10 Ide Menu Makan Malam Yang Tidak Bikin Gemuk

10 Ide Menu Makan Malam Yang Tidak Bikin Gemuk

10 Ide Menu Makan Malam Yang Tidak Bikin Gemuk
10 Ide Menu Makan Malam Yang Tidak Bikin Gemuk

Ada banyak anggapan bahwa jika sedang menjalani diet, pantang untuk makan malam. Namun, tidur dengan perut kosong justru tidak baik bagi kesehatan, bahkan mampu mendorong Anda memakan lebih banyak keesokan paginya. Ternyata ada menu makan malam yang tidak bikin gemuk, lho!

Pada prinsipnya, bukan kegiatannya yang harus dilewatkan, melainkan pemilihan jenis makanannya yang harus Anda perhatikan. Untuk menjaga supaya berat badan tidak naik, hindari makanan berkalori tinggi, seperti pizza, burger, atau gorengan. Pilih saja beberapa menu berikut yang cukup menyehatkan.

  1. Telur Utuh

Nutrisi yang terdapat pada makanan ini cukup padat, mulai dari protein, vitamin, hingga lemak baik. Telur rebus sangat baik dijadikan makan malam sehat yang tidak bikin gemuk, karena rendah kalori dan cukup mengenyangkan.

Dilansir dari Healthline, hasil studi menunjukkan bahwa telur mampu meningkatkan penurunan berat badan pada diet rendah kalori, dibandingkan dengan bagel.

  1. Sayuran Dengan Bonggol

Beberapa jenis sayur juga bisa menjadi alternatif jika Anda terpaksa melanggar jam makan malam untuk diet. Ketika sudah akan tidur dan perut terasa lapar, tak perlu ragu untuk menumis brokoli, Brussels, atau kol.

Famili Cruciferous ini mengandung protein yang tinggi dan kaya serat, sehingga cukup mengenyangkan. Kabar baiknya, mereka rendah kalori sehingga tidak akan mengganggu diet Anda.

  1. Daging Tanpa Lemak

Ayam atau sapi panggang juga bisa menjadi alternatif yang menyehatkan, asalkan tidak berlemak dan dimasak tanpa goreng. Kedua jenis protein hewani ini sanggup membuat perut kenyang, serta mampu membakar kalori dalam jumlah besar.

Melansir studi dari National Library of Medicine, mengasup sejumlah protein bisa membantu mengurangi berat badan sampai 0,45 kg dalam seminggu.

  1. Buah-buahan

Umumnya, semua jenis makanan ini bisa menjadi menu makan tengah malam yang tidak bikin gemuk. Tingginya serat, kandungan antioksidan, serta kekayaan nutrisi di dalamnya dapat dijadikan pilihan  yang efektif juga lezat, untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga:  7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Secara Alami

Alpukat, pisang, kiwi, hingga jeruk bali, adalah beberapa pilihan buah yang mengenyangkan, menurunkan kadar kolesterol serta menekan nafsu makan.

  1. Kentang Rebus

Sayuran ini cukup mengenyangkan untuk dikonsumsi di malam hari. Kandungan pati, serat, serta potasium di dalamnya mampu mengontrol tekanan darah, menurunkan berat badan, serta mengurangi nafsu makan setelahnya.

  1. Salmon

Meski dikenal berlemak, nyatanya ikan ini memiliki sedikit kalori, namun bisa mengenyangkan dalam waktu yang lama. Selain tinggi protein, salmon juga kaya Omega-3 dan yodium, yang baik untuk mencegah peradangan, menurunkan risiko obesitas dan penyakit metabolik.

  1. Tuna

Ikan ini tepat jika dijadikan makanan malam yang tidak bikin gemuk. Tuna mengandung protein berkualitas tinggi dan rendah lemak, sehingga cocok dimasukkan dalam menu menurunkan berat badan.

  1. Kacang-kacangan

Kandungan serat dan protein nabati dalam makanan jenis ini cukup tinggi. Kacang hijau, polong, merah, dan hitam bisa dipilih sebagai menu makan malam menyehatkan juga mengenyangkan

  1. Gandum Utuh

Kandungan serat serta protein dalam bahan pangan ini cukup tinggi. Termasuk diantaranya quinoa, beras merah, dan gandum seperti pada oat yang sarat akan beta-glukan. Mengonsumsi makanan ini cukup mengenyangkan dan dapat meningkatkan metabolisme.

  1. Sup

Kuah berbahan kaldu dari protein dengan sayuran di dalamnya adalah menu makan malam rendah kalori yang mengenyangkan dan sehat. Hindari tambahan lemak atau krim di dalam sup, untuk menjaga diet Anda.

Nah, tidak susah kan menemukan menu makan malam yang tidak bikin gemuk? Yang terpenting, Anda tidak perlu meninggalkan jadwal makan malam dan tidur dengan keadaan lapar. Kuncinya adalah memilih jenis bahan pangan yang tepat dan mengolahnya dengan sehat, agar berat badan tidak bertambah.

Baca Juga:  Anti Gemuk, 5 Cara Membakar Kalori Setelah Makan Malam

Sumber:

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20847729/
https://verv.com/best-bedtime-foods-for-weight-loss/
https://hellosehat.com/nutrisi/diet/menu-makan-malam-untuk-diet/
https://www.healthline.com/nutrition/20-most-weight-loss-friendly-foods#TOC_TITLE_HDR_21
https://health.detik.com/diet/d-4888984/5-makanan-yang-aman-disantap-jelang-tidur-tanpa-takut-bikin-gendut
https://hot.liputan6.com/read/4380844/6-menu-makan-malam-yang-tidak-bikin-gemuk-bantu-jalani-diet

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments