HOME / Berat Badan / Benarkah Bahwa Malam Hari Adalah Jam Makan yang Bikin Gemuk?

Benarkah Bahwa Malam Hari Adalah Jam Makan yang Bikin Gemuk?

Benarkah Bahwa Malam Hari Adalah Jam Makan yang Bikin Gemuk?
Benarkah Bahwa Malam Hari Adalah Jam Makan yang Bikin Gemuk?

Meski banyak yang berusaha melakukan diet untuk mengurangi berat badan, faktanya tidak sedikit juga yang berusaha untuk menggemukkan badan. Bahkan sampai mencari informasi mengenai jam makan yang bikin gemuk.

Banyak kabar beredar mengenai jam makan di malam hari. Apa benar bahwa makan di malam hari bisa bikin gemuk?

Bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan, sepertinya ulasan mengenai jam makan yang bisa membuat gemuk berikut ini bisa bermanfaat.

Apakah Benar Makan di Malam Hari Membuat Gemuk?

Bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan, pasti pernah dengar bahwa makan di malam hari bisa membuat gemuk. Alhasil Anda mungkin berusaha untuk makan banyak saat tengah malam.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang jadi suka makan di malam hari. Mulai dari kebiasaan nonton film sambil makan, kerja malam, atau memang suka makan.

Malam hari merupakan waktu untuk istirahat berupa tidur, bukannya untuk makan. Orang-orang yang menjaga pola makan dengan baik pasti akan menghindari waktu makan di tengah malam secara terus menerus.

Sebab kebanyakan dari orang yang makan di malam hari akan memilih menu yang kurang sehat.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sebenarnya yang membuat gemuk adalah jumlah makanan yang Anda pilih. Berdasarkan penelitian dari King’s College London dalam “British Journal of Nutrition”, sebenarnya tidak ada hubungan antara makan di malam hari dengan peningkatan berat badan.

Jadi, jam makan tidak berpengaruh dalam menggemukkan badan. Di sisi lain, kualitas kalori memiliki dampak pada proses naiknya berat badan.

Jika Anda ingin tambah gemuk, lebik baik mulai mengonsumsi makanan penambah berat badan.

Daftar Makanan Penambah Berat Badan

Untuk mendapatkan tubuh yang berisi, Anda memang perlu berusaha keras. Tetapi jangan sampai asal dalam memilih makanan. Alih-alih memilih makanan yang tidak sehat, ternyata ada sejumlah makanan yang menyebabkan gemuk dengan cepat sekaligus sehat.

Baca Juga:  Pola Makan untuk Menambah Berat Badan, Layak Dicoba

Beberapa makanan yang dimaksud antara lain:

1. Kacang-kacangan

Makanan berupa kacang-kacangan dipercaya bisa membantu menaikkan berat badan. Jika Anda ingin mendapatkan camilan yang sehat, lebih baik memilih kacang yang diolah dengan tepat. Selain rasanya yang enak, kacang juga bisa menggemukkan.

2. Daging Merah

Menu selanjutnya yang dapat menaikkan berat badan adalah daging merah. Mengenai hal ini pasti banyak yang akan setuju, karena daging merah mengandung tinggi kalori.

3. Susu dan Telur

Susu sering dijadikan menu favorit untuk menambah berat badan. Tidak salah, karena kandungan susu yang kaya akan nutrisi memang bisa menaikkan berat badan Anda.

Telur juga demikian, kandungan lemak dan protein dalam satu butir telur bisa membantu Anda mendapatkan massa otot yang berkualitas.

4. Nasi

Makanan penambah berat badan selanjutnya adalah nasi. Kandungan karbohidrat dan kalori dalam nasi akan membantu Anda mendapatkan tubuh berisi yang sehat sekaligus berkualitas.

Lebih baik mulai memperhatikan makanan yang Anda pilih alih-alih mengganti jam makan. Sebab yang dapat menaikkan berat badan adalah jumlah kalori yang Anda konsumsi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa makan saat malam mempengaruhi menu yang Anda pilih. Kebanyakan pasti lebih memilih makanan instan, keripik, dan menu makanan kurang sehat lainnya.

Jika Anda bertanya mengenai jam makan yang bikin gemuk, sebenarnya belum ada penelitian pasti yang bisa menjawab hal itu. Kalau ingin gemuk, lebih baik memilih makanan yang bergizi.

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/makanan-penambah-berat-badan-yang-sehat-dan-lezat
https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/4-pertanyaan-seputar-makan-tengah-malam/
https://health.kompas.com/read/
2020/08/14/163400768/banarkah-makan-setelah-jam-8-malam-bikin-gemuk-?page=all

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments