HOME / Tips Diet / Sebetulnya Berapa Kalori Yang Dibutuhkan Saat Diet (Baca Sekarang)

Sebetulnya Berapa Kalori Yang Dibutuhkan Saat Diet (Baca Sekarang)

Sebetulnya Berapa Kalori Yang Dibutuhkan Saat Diet (Baca Sekarang)
Sebetulnya Berapa Kalori Yang Dibutuhkan Saat Diet (Baca Sekarang) (Foto: Marcus Aurelius)

Berapa kalori yang dibutuhkan saat diet, bisa jadi pertanyaan yang umum ditanyakan. Terutama, untuk kalangan orang yang baru memulai program diet. Pertanyaan ini tuh, bisa jadi pertanyaan kebiasaan yang pasti muncul di pikiran. Dan kabar buruknya, pertanyaan ini juga, sebisa mungkin, diusahakan, harus segera ditemukan jawaban. Apakah perasaan ini juga yang sedang kamu rasakan?

Kalau iyah, kamu tenang aja. Karena artikel ini, akan berusaha semaksimal mungkin, untuk memberikan jawaban dari pertanyaan yang sedang kamu pikirkan. Tepat sekali, artikel ini akan mengulik informasi, tentang berapa kalori yang dibutuhkan saat diet. Bukankah informasi ini yang sedang kamu cari? Jadi yuk, tanpa banyak basa basi, kita lanjut ke pembahasan yang jadi inti.  Siap?

Ada Tiga Tingkatan Cara Untuk Menemukan Angka

Untuk mendapatkan angka, berapa kalori yang dibutuhkan saat diet. Artikel ini, akan memberikan tiga tingkatan cara yang bisa kamu coba. Yang mana, semakin tinggi tingkatan caranya, berarti, semakin disarankan untuk dilakukan. Dibawah, sudah tersedia poin-poin penjelasannya:

Tingkatan Pertama : Berdasarkan Angka Perkiraan 

Sebetulnya, angka kebutuhan kalori saat diet, bisa juga kamu perkirakan. Yaitu, rata-rata, kamu harus mengurangi sebesar 500 kalori/hari, dari angka kebutuhan kalori per hari kamu. Misal, ambil angka rata-rata kebutuhan kalori wanita, yang angkanya mencapai 2.000 kalori/hari. Jadi, jika seorang wanita diet, berarti kalori yang ada dalam tubuhnya itu, harus sebesar 1.500 kalori/hari.

Yah, ini bisa dibilang aman, untuk wanita yang kebutuhan kalori per harinya itu, mencapai angka 2.000. Tapi, kurang aman, untuk wanita yang kebutuhan kalori per harinya itu, kurang dari angka 2.000. Karena, dikhawatirkan, akan terjadi efek samping yang kurang baik nantinya. Jika nekat, harus mengkonsumsi 1.500 kalori/hari. Tapi, tenang aja, cara kedua, agaknya bisa jadi solusi untuk hal ini.  

Baca Juga:  6 Olahraga Meningkatkan Imun dan Kebugaran Tubuh

Tingkatan Kedua : Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Bisa dibilang, cara kedua ini. Jadi cara yang realistis juga tanpa biaya, yang bisa kamu coba. Untuk bisa menjawab pertanyaan, berapa kalori yang dibutuhkan saat diet. Karena, dengan kamu menghitung kebutuhan kalori per hari, kamu secara pribadi. Disana, kamu akan menemukan angka pasti. Sebetulnya, kebutuhan kalori per hari kamu itu berapa. Untuk caranya, bisa baca Disini

Misal, anggaplah, setelah dihitung, ternyata kebutuhan kalori per hari kamu, 1.500/hari. Nah, jika ingin diet, kamu harus mengurangi 1.500 kalori tersebut. Salah satunya, dengan rutin olahraga. Karena, dengan olahraga itulah, kalori yang ada ditubuh kamu bisa terbakar. Jangan lupa, untuk mengganti makanan tinggi kalori, yang kamu konsumsi. Dengan makanan berprotein tinggi. Woke?   

Tingkatan Ketiga: Konsultasi Dengan Ahli Gizi

Cara yang ketiga ini, jadi cara yang paling disarankan untuk dilakukan. Kenapa bisa begitu? Yah, karena, ahli gizi memang orang yang tepat untuk menangani hal ini. Selain itu, jika kamu konsultasi ke ahli gizi, terkait dengan program diet yang akan kamu jalani. Nanti, ahli gizi akan bantu untuk merekomendasikan, program diet apa yang cocok untuk kamu . Jadinya, lebih personal dan terjamin.

Dengan begitu, nanti juga kamu akan mengetahui. Berapa kalori yang dibutuhkan saat diet, versi kamu. Bahkan, tidak hanya diberitahukan berapa kebutuhan kalorinya. Ahli gizi juga, akan bantu merekomendasikan, menu-menu apa saja, bahan-bahan apa saja, hingga cara memasak seperti apa, yang sesuai untuk kamu, di program penurunan berat badan yang kamu lakukan. Komplit, pokoknya.

Setelah kamu membaca artikel ini sampai selesai. Jadi penasaran, kira-kira, dari 3 tingkatan cara untuk menemukan angka. Berapa kalori yang dibutuhkan saat diet, dari penjelasan diatas. Kamu akan mencoba cara tingkatan yang ke berapa dulu nih? Cara tingkatan satu dulu kah? atau lebih tertarik dengan cara tingkatan kedua? atau malah ingin langsung ke cara tingkatan ketiga?

Baca Juga:  Cara Mengatur Pola Makan yang Baik dan Benar (Menurut Ahli Gizi)

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/berapa-minimal-kalori-yang-harus-dipenuhi-saat-diet/

https://www.alodokter.com/begini-cara-menghitung-kebutuhan-kalori-per-hari

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments