HOME / Berat Badan / Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari Yang Belum Banyak Diketahui

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari Yang Belum Banyak Diketahui

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari Yang Belum Banyak Diketahui
Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari Yang Belum Banyak Diketahui (Foto: Karolina Grabowska)

Cara menghitung kebutuhan kalori per hari, tentu bukanlah suatu hal yang asing lagi. Terutama, untuk kalangan orang yang sedang menurunkan berat badan. Kenapa bisa begitu? Yah, karena, menghitung kebutuhan kalori itu, bagi orang yang sedang diet, jadi hal yang begitu penting. Gimana enggak penting, orang setiap memutuskan kebutuhan kalori, harus dihitung dulu kebutuhan kalori per hari nya berapa.

Loh, bukannya kebutuhan kalori itu sudah ada angka standarnya yah?  

Iyah, sudah. 2.000 untuk angka kebutuhan kalori wanita, dan 2.500 untuk kebutuhan kalori pria. Tapi, kabar buruknya, angka-angka tersebut, tidak bisa dijadikan patokan pasti kebutuhan kalori setiap orang. Karena, faktanya, kebutuhan kalori setiap orang itu, akan berbeda. Oleh sebab itu, perlu untuk kita mengetahui kebutuhan kalori secara pribadi. Dengan menghitung, kebutuhan kalori per hari pastinya.

BMR Hadir Jadi Solusi  

Sebagai perkenalan, BMR adalah singkatan dari kalimat Basal Metabolic Rate. Yang sederhananya, bisa diartikan, sebagai patokan angka kalori, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas dasar tubuh agar bisa terus bertahan hidup. Contoh dari aktivitas dasar tersebut, antara lain, ada bernafas, bergerak, memompa jantung, mencerna makanan, hingga membuang racun yang ada di dalam tubuh.

Dan, kabar baiknya. Hasil angka dari perhitungan BMR inilah, yang bisa dikatakan sebagai rahasia emas dari cara menghitung kebutuhan kalori per hari. Kenapa bisa begitu? Yah, karena, tadi, balik lagi, kebutuhan kalori setiap orang akan berbeda. Tapi, jika kamu menghitung BMR, itu sudah pasti angka kebutuhan kalori kamu secara pribadi. Karena, informasi dari perhitungan BMR lah yang mempengaruhi.

Lah, memangnya, cara menghitung BMR itu seperti apa?

Sabar. Silahkan geser ke arah bawah, untuk kamu menemukan jawaban dari semuanya. Woke?

Baca Juga:  Cara Mengecilkan Pinggang Samping Yang Bisa Membuat Kamu Ramping

Cara Menghitung BMR Dengan Mudah

Ada salah satu rumus, yang paling mudah dan sering digunakan dalam menghitung BMR. Nama rumusnya adalah, Rumus Harris-Benedict. Yang mana, rumus ini, membedakan BMR berdasarkan jenis kelamin. Dan dibawah ini, rincian rumus-rumusnya:

Untuk Wanita = 655 + (9,6 x berat badan) + (1,8 x tinggi badan) – (4,7 x usia)

Untuk Pria = 66,5 + (13,7 x berat badan) + (5 x tinggi badan) – (6,8 x usia)

Untuk mempermudah kamu, artikel ini akan memberikan. Contoh studi kasus, penerapan dari rumus diatas. Misal, ada seorang wanita A, yang berusia 25 tahun. Anggaplah wanita ini, memiliki berat badan 60 kg dan tinggi badan 160 cm. Dibawah ini, cara menghitung BMR wanita tersebut:

BMR Wanita A = 655 + (9,6 x 60 kg) + (1,8 x 160 cm) – (4,7 x 25)

                             =  655 +  576 +  288  – 117,5  = 1.401,5 kal

Jadinya, mudah kan?

Tapi, jangan senang dulu. Kabar buruknya, hasil angka perhitungan BMR itu, tidak sama, dengan angka kebutuhan kalori per hari. Karena, untuk menemukan angka kebutuhan kalori per hari. Kamu harus mengkalikan hasil perhitungan BMR, dengan angka aktivitas fisik. Angka 1,2 untuk yang hampir tidak pernah olahraga. Angka 1,3 untuk yang jarang olahraga, dan angka 1,4 untuk yang sering olahraga.

Maksudnya seperti apa dan bagaimana? Tenang, dibawah sudah tersedia penjelasan lengkapnya.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Agar lebih mempermudah, untuk kamu mempraktikannya nanti. Ada baiknya, kamu sudah mengetahui hasil perhitungan angka BMR, yang ingin kamu hitung kebutuhan kalori per harinya. Dan supaya kamu tidak pusing lagi, mari kita gunakan. Angka hasil BMR wanita A tadi, untuk jadi contohnya. Oke?

Anggaplah, wanita A tadi itu, memiliki aktivitas yang sangat sibuk. Setiap hari harus ke kantor, menaiki mobil pulang pergi, sampai belum memiliki waktu untuk olahraga. Jadinya, bisa dibilang, wanita tersebut digolongkan ke kategori orang yang belum pernah olahraga. Untuk menghitung kebutuhan kalori per hari, wanita A, di kasus ini, berarti, seperti ini:

Baca Juga:  7 Cara Menjaga Berat Badan Ideal untuk Semua Kalangan

Kebutuhan Kalori Per Hari Wanita A = 1.401,5 x 1,2 = 1.681,8 kal

Ternyata, bisa semudah itu juga, cara menghitung kebutuhan kalori per hari. Sepakat?

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/cara-menghitung-bmr/

https://www.alodokter.com/begini-cara-menghitung-kebutuhan-kalori-per-hari

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments