HOME / Ahli Gizi / Manfaat Ahli Gizi dan Alasan Keberadaannya Sangat Penting

Manfaat Ahli Gizi dan Alasan Keberadaannya Sangat Penting

Manfaat Ahli Gizi dan Alasan Keberadaannya Sangat Penting

Manfaat Ahli Gizi dan Alasan Keberadaannya Sangat Penting. Keberadaan ahli gizi mulai banyak dicari masyarakat. Ini sebenarnya merupakan fenomena yang wajar. Itu karena, kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan terlihat semakin meningkat.

Ini jelas berbeda jika dibandingkan dengan kondisi beberapa tahun ke belakang. Ketika itu, kesadaran masyarakat akan hal semacam ini masih mungkin. Kemajuan internet yang sangat pesat memberikan pengaruh positif terhadap hal ini.

Namun untuk sekarang, terdapat beberapa istilah yang berbeda mulai dari ahli, dokter gizi, hingga ahli diet. Tentu profesi ini berbeda-beda. Jangan sampai datang ke dokter gizi jika yang dibutuhkan adalah seorang ahli.

Selain itu, jangan juga datang ke seorang ahli jika yang dibutuhkan adalah dokter. Perlu diketahui, ahli merupakan sebuah profesi khusus. Beberapa orang sering menyebutnya dengan nutritionist. Tugasnya sendiri terbilang cukup banyak.

Berikut Tugas Seorang Ahli Gizi

Intinya, tugas seorang nutritionist juga berhubungan dengan masyarakat. Mereka memiliki tugas agar kesehatan masyarakat bisa terus terjaga. Untuk mencapai tujuan tersebut, nutritionist bisa melakukan banyak hal.

Namun intinya, nutritionist memiliki wewenang untuk membuka praktik pelayanan yang berhubungan dengan gizi. Praktik pelayanannya sendiri bisa dilakukan secara independen maupun bekerja di pelayanan kesehatan.

Jenis pelayanan kesehatan yang bisa dipilih seperti puskesmas hingga rumah sakit. Apabila seorang nutritionist masuk ke pelayanan kesehatan, tentu tidak semua hal bisa dikerjakan. Terdapat pembagian tugas yang perlu dilakukan dengan dokter.

Untuk nutritionist, hal paling utama yang bisa dilakukan adalah memberi konsultasi dan edukasi. Tentu konsultasi dan edukasi yang diberikan berhubungan dengan gizi. Bisa juga memberi layanan berupa tata cara diet.

Tidak dapat dipungkiri ada banyak orang di luar sana yang tidak mengetahui tata cara diet sehat. Jika datang ke seorang ahli, pengetahuan tersebut akan didapatkan. Penentuan status gizi juga bisa dilakukan.

Baca Juga:  Peran Ahli Gizi Dalam Mempersiapkan Berat Badan Ideal dan Tetap Sehat

Kebanyakan orang memang tidak mengetahui status gizinya apakah berada pada kondisi normal atau tidak. Dengan beberapa perhitungan dan pengecekan yang dilakukan, nutritionist bisa mengetahui status tersebut.

Beberapa nutritionist juga memutuskan untuk melakukan penelitian. Tentu penelitian yang dilakukan berfungsi untuk mengembangkan kualitas gizi di kalangan masyarakat.

Kondisi Ini Membutuhkan Penanganan Pakar Gizi

Mengingat pentingnya peran ahli, terdapat beberapa kondisi kesehatan yang memang membutuhkan perannya. Kurang tepat jika berpikir bahwa kondisi ini hanya bisa diselesaikan oleh dokter.

Salah satu yang paling vital adalah diabetes. Para dokter memang memberikan perhatian khusus terhadap penyakit ini. Namun selalu ingat bahwa seorang yang mengidap diabetes bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi gula sama sekali.

Kebutuhan gula dalam tubuh tetap ada. Oleh sebab itu, akan berbahaya apabila kebutuhan gula tersebut tidak terpenuhi. Jauh lebih mudah jika datang ke ahli. Nantinya, ahli bisa memberikan menu yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan gula pada tubuh.

Tentu kebutuhan tersebut dibuat secara pas sehingga tidak akan mengakibatkan efek buruk bagi pengidap diabetes. Ibu yang sedang dalam kehamilan juga sangat membutuhkan nutrisionist. Ketika hamil, nutrisi dalam kadar yang pas sangat dibutuhkan oleh janin.

Tentu kurang tepat juga jika nutrisi tersebut diberikan tanpa takaran. Bisa saja nutrisi tersebut teralu banyak sehingga berat janin terlalu besar.

Ini bisa saja membuat proses persalinan menjadi semakin sulit. Nutrisionist juga akan memberitahukan nutrisi yang sering dilupakan oleh ibu hamil. Pengetahuan ini jelas sangat mahal karena tidak semua orang yang mengetahuinya.

Kesadaran Masyarakat untuk Berkonsultasi Masih Kurang

Untuk kondisi sekarang, kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan sangat tinggi. Ini jelas terlihat pada banyaknya produk kesehatan yang terjual dalam jumlah banyak.

Baca Juga:  Tips Gizi Seimbang Ternyata Mudah Saat Diterapkan

Namun yang jadi masalah, masyarakat seakan lebih nyaman menggunakan nutrisi berbentuk kemasan yang belum terbukti efektif. Cara ini dirasa lebih mudah dibandingkan datang langsung ke nutrisionist.

Padahal pilihan tersebut merupakan kesalahan besar. Mengkonsumsi nutrisi berbentuk kemasan jelas berbeda dengan datang langsung dan berkonsultasi.

Dengan berkonsultasi, akan dijelaskan secara lebih jauh mengenai kondisi diri. Dengan itu, kebutuhan yang sedang urgent juga akan diberitahukan. Ini bisa membuat upaya yang dilakukan menjadi lebih efektif.

Akan percuma jika menggunakan nutrisi kemasan namun pengobatan yang dilakukan tidak efektif. Sudah terlihat jelas bahwa keberadaan nutrisionist sangat penting untuk seorang manusia. Sekarang jumlah nutrisionist sendiri sudah banyak.

Oleh sebab itu, Anda yang ingin berkonsultasi tidak akan kesulitan menemukannya. Namun yang paling penting, pastikan untuk selalu memilih ahli gizi terbaik.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments