HOME / Tips Diet / Makan Malam yang Baik Jam Berapa? (Untuk Yang Lagi Diet)

Makan Malam yang Baik Jam Berapa? (Untuk Yang Lagi Diet)

Makan Malam yang Baik Jam Berapa? (Untuk Yang Lagi Diet)
Makan Malam yang Baik Jam Berapa? (Untuk Yang Lagi Diet)

Makan malam yang baik jam berapa? Pertanyaan ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet. Karena pola makan memang menjadi hal utama dalam program diet.

Untuk menjawab pertanyaan ini Anda juga perlu tahu beberapa akibat jika makan malam di waktu yang tidak tepat. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, apa saja akibat makan malam di waktu yang tidak tepat?

Akibat Makan Malam Di Waktu yang Tidak Tepat

Makan malam di waktu yang terlalu larut dan mendekati waktu tidur sangat tidak dianjurkan. Hal itu akan berpengaruh terhadap kesehatan, dan juga tentunya pada berat badan Anda.

Nah, apa saja akibat makan terlalu larut dan mendekati waktu tidur ini?

  1. Menambah Berat Badan

Makan terlalu larut akan membuat berat badan naik. Ketika Anda melakukan hal tersebut akan membuat sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan optimal. Makanan yang masuk mendekati waktu tidur, seperti makan jam 10 malam, akan menumpuk menjadi lemak, sehingga membuat tubuh menjadi gemuk.

Namun jika Anda merasa lapar saat sudah terlalu larut, bisa mengatasinya dengan makan camilan sehat. Camilan tersebut berupa buah-buahan segar, cokelat hitam, kacang-kacangan, oatmeal, dan lain sebagainya.

Makanan sehat tersebut tidak mengandung lemak dan tetap bisa menjadi sumber energi tubuh. Sehingga Anda juga tetap merasa kenyang tanpa harus khawatir makanan tersebut menumpuk menjadi lemak.

  1. Meningkatkan Kadar Gula Dalam Darah

Tubuh pada saat malam hari memiliki kemampuan metabolisme yang rendah. Hal ini menyebabkan tubuh tidak bisa mengolah berbagai macam makanan yang masuk di waktu tengah malam.

Saat makan terlalu larut gula darah akan meningkat hingga 20 persen lebih tinggi. Hal ini membuat orang yang sering makan tengah malam akan menderita risiko diabetes cukup besar. Apalagi ketika Anda makan makanan yang tidak sehat.

  1. Menaikkan Asam Lambung
Baca Juga:  9 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak yang Cocok untuk Diet

Bagi Anda yang punya asam lambung tinggi, makan di tengah malam sangat tidak dianjurkan. Karena hal itu akan membuat asam lambung semakin meningkat, bahkan akan lebih parah lagi.

Jika terjadi peningkatan asam lambung, biasanya akan ada beberapa gejala yang menyertai. Dari gejala yang ringan hingga berat.

Gejala meningkatnya asam lambung tersebut berupa rasa panas yang ada di dada. Dalam istilah medis dinamakan heartburn. Gejala lainnya berupa mual, mulut pahit, hingga terjadi sesak napas.

Karena itu, seharusnya bagi penderita asam lambung harus memberikan waktu untuk lambung dalam mencerna makanan. Minimal diberikan jarak 3 jam sebelum tidur, atau dengan makan malam yang sehat seperti buah-buahan, oatmeal, dan berbagai macam makanan lainnya.

Jam Makan Malam yang Baik

Pola makan yang baik untuk makan malam adalah jauh dari waktu tidur. Minimal jam makan malam harus 3 jam sebelum waktu tidur. Namun, jam makan malam yang baik untuk diet antara jam 5 sampai jam 6 sore.

Jarak makan malam dengan waktu tidur yang lama akan membuat metabolisme tubuh bisa tetap bekerja dengan optimal. Makanan dalam tubuh akan mudah diserap oleh tubuh. Sehingga tidak ada penumpukan lemak dan juga membuat tubuh bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari kinerja metabolisme tubuh yang baik.

Khusus bagi Anda yang sedang menjalankan diet, makan sampai jam 6 sore membuat diet lebih optimal. Karena pada saat itu tubuh belum merasakan lapar. Kondisi seperti ini membuat tubuh lebih mudah dalam mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah jawaban dari pertanyaan makan malam yang baik jam berapa. Intinya, Anda harus memberikan waktu untuk tubuh dalam mencerna makanan, sebelum waktu tidur. Sehingga sistem pencernaan dalam tubuh bisa bekerja secara maksimal, dan tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan yang sehat.

Baca Juga:  Jadwal Diet untuk Pelajar yang Sehat, Begini Caranya!

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/kapan-jam-makan-malam-yang-baik-ini-penjelasannya
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3277108/kapan-jam-terakhir-boleh-makan-malam
https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/jam-makan-yang-baik/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments