HOME / Berat Badan / Apakah Minum Air Putih Bisa Menambah Berat Badan?

Apakah Minum Air Putih Bisa Menambah Berat Badan?

Apakah Minum Air Putih Bisa Menambah Berat Badan?
Apakah Minum Air Putih Bisa Menambah Berat Badan?

Diet dilakukan untuk mengurangi berat badan atau juga menambah berat badan agar normal. Rutin berolahraga dan menjaga pola makan membantu dalam menjaga berat badan ideal tersebut.

Namun, ada satu hal yang sering dilupakan, apakah minum air putih bisa menambah berat badan atau malah berat badan akan turun?

Air putih sangatlah penting untuk tubuh dan disebut sebagai katalis untuk menurunkan maupun meningkatkan berat badan. Jika Anda sudah merasa telah melakukan diet yang benar, tapi tidak berpengaruh apa-apa, ada kemungkinan konsumsi air putih yang kurang.

Apakah minum air putih bisa menambah berat badan?

Nah, simak penjelasan bagaimana pengaruh air putih terhadap berat badan berikut!

  1. Air Putih Bisa Menimbulkan Kesan Kenyang

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak tiap harinya sangat disarankan oleh para ahli gizi. Saat air masuk ke dalam lambung, seseorang akan merasa kenyang. Kemudian timbul pertanyaan, dengan rasa kenyang tersebut apakah minum air putih bisa kurus?

Air putih yang berada dalam lambung akan diserap oleh makanan yang mengandung serat. Ketika proses tersebut berlangsung, cairan tubuh akan tetap terjaga dan membuat metabolisme dalam tubuh berjalan dengan normal.

Banyaknya konsumsi air ini akan membuat sistem pencernaan dalam tubuh bisa bekerja secara optimal. Tubuh yang kekurangan cairan akan menyerap air tersebut, sedangkan tubuh tidak akan menyerap terlalu banyak cairan meski tersedia banyak air putih dalam lambung.

Karena itulah minum air putih dalam jumlah yang banyak akan membuat tubuh dalam kondisi yang ideal.

  1. Konsumsi Air Putih Memperbaiki Metabolisme Lemak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa pencernaan dalam tubuh akan bekerja dengan baik dengan air putih yang cukup. Begitu juga dengan adanya metabolisme dalam mengolah lemak menjadi energi, air bisa mempercepat proses pemecahan lemak tersebut.

Baca Juga:  5 Penyebab Badan Kurus Walaupun Makan Banyak

Jika tubuh kekurangan cairan, maka akan menyebabkan lemak menggumpal dan tidak dapat diproses dengan baik. Kemudian terjadi deposit lemak yang membuat tubuh akan terlihat lebih gemuk. Karena itu dibutuhkan konsumsi air untuk proses metabolisme lemak ini.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal mempunyai fungsi yang sangat erat kaitannya dengan proses penyaringan limbah dalam tubuh. Jika kekurangan air, ginjal akan membebankan kinerjanya kepada hati. Padahal hati punya fungsi yang cukup penting untuk memproses lemak menjadi energi dalam tubuh.

Lemak-lemak yang menumpuk dalam tubuh akan terurai dari kinerja hati yang normal. Ketika kinerja ginjal juga dibebankan kepada hati, tentu saja proses metabolisme lemak yang menumpuk tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Dengan kondisi seperti ini membuat lemak-lemak dalam tubuh akan terus terdeposit. Membuat berat badan tubuh akan semakin meningkat dan badan menjadi gemuk.

  1. Melancarkan Pencernaan

Selain memberikan kesan kenyang saat setelah makan, air putih juga membantu proses pencernaan semakin mudah. Adanya air tersebut akan membuat makanan lebih mudah diproses.

Seperti halnya Anda membuat bubur yang membutuhkan banyak air, dan pastinya akan lebih mudah diproses dalam sistem pencernaan.

  1. Air Putih Tidak Berkalori

Air putih memang menjadi katalis dari semua proses yang ada di dalam tubuh. Zat ini merupakan zat yang normal, tidak berkalori, dan fungsinya sangat besar terhadap semua proses yang dilakukan oleh semua sistem organ dalam tubuh.

Selain bisa memenuhi cairan tubuh, air juga melancarkan setiap proses yang dijalankan organ dalam tubuh secara normal. Hal ini membuat seseorang yang gemuk maupun yang kurus mendapatkan bentuk tubuh idealnya.

Itulah jawaban dari pertanyaan apakah minum air putih bisa menambah berat badan atau untuk menurunkannya. Anda bisa minum air putih untuk menggemukkan badan maupun juga menurunkannya, tergantung dari tujuan diet Anda. Jadi, sempurnakan diet Anda dengan konsumsi air putih secukupnya.

Baca Juga:  Anda Harus Lakukan Ini Agar Berat Badan Turun Selama Tidur

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2020/04/14/060000168/5-cara-melawan-kegemukan-dengan-minum-air-putih?page=all
https://cashbac.com/blog/8-tips-menggemukkan-badan-sehat/
https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/gemuk-air-itu-apa/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments