HOME / Tips Diet / 4 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet yang Sehat dan Aman

4 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet yang Sehat dan Aman

4 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet yang Sehat dan Aman

Bagi kebanyakan orang, nasi merupakan makanan pokok karena kandungan karbohidratnya. Lalu, bagaimana kalau sedang diet? Apa menu makanan pengganti nasi untuk diet? Untuk mengetahuinya, berikut penjelasan lengkapnya.

Mengapa Nasi Putih Kurang Tepat untuk Program Diet?

Nasi putih memang memiliki manfaat sebagai pemasok energi, namun jika Anda sedang diet, mungkin nasi kurang direkomendasikan karena alasan di bawah ini:

  • Karbohidrat yang terdapat dalam nasi putih memang tinggi, namun rendah kandungan mineral, vitamin, serta seratnya apabila dibandingkan jenis nasi lain.
  • Kalori yang terkandung pada nasi putih cukup tinggi sehingga kurang baik sebagai menu diet.
  • Nasi putih cenderung sangat cepat dicerna oleh tubuh, akibatnya rasa lapar akan cepat datang.
  • Nasi putih diketahui sebagai pemicu naiknya kadar gula dalam darah.

Menu Lain sebagai Alternatif Nasi yang Aman untuk Diet

Tidak semua jenis nasi kurang baik untuk para pelaku diet, tapi kecenderungan mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi menu makanan lainnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Brokoli Alternatif yang Menyehatkan

Menu pengganti nasi untuk diet yang pertama adalah brokoli. Brokoli bisa Anda jadikan alternatif yang pas karena rendahnya kandungan karbohidrat serta kalori sehingga bagus untuk program diet.

Memilih brokoli untuk menjadi pengganti nasi juga disarankan karena peran vitamin C yang terdapat di dalamnya sangat penting, yakni sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan pada sel serta peningkat imunitas tubuh.

Anda dapat mengolahnya dengan memotongnya kecil-kecil, lalu digoreng dalam suhu yang tidak terlalu panas dengan sedikit minyak.

2. Kubis yang Kaya Nutrisi

Dalam salad sayur, biasanya kubis menjadi bahan utamanya. Inilah mengapa kubis bisa menjadi sayur pengganti nasi untuk diet. Ditambah lagi, kalori maupun karbohidrat yang ada pada kubis tentunya lebih rendah dari nasi.

Baca Juga:  7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Secara Alami

Kandungan vitaminnya, yakni vitamin K dan C yang terdapat di dalam sayuran ini menjadi faktor penting bagi kesehatan tubuh. Vitamin C yang berperan memperkuat imunitas tubuh serta vitamin K yang berperan melancarkan peredaran darah serta berperan aktif dalam pembentukan tulang.

Pengolahannya cukup mudah. Anda hanya perlu memotong-motongnya menjadi irisan kecil. Kemudian, masaklah dengan sedikit minyak pada suhu sedang.

3. Shirataki Menu Populer Diet yang Sehat

Menu makanan pengganti nasi untuk diet sehat berikutnya adalah mengkonsumsi shirataki. Shirataki memang populer akhir-akhir ini. Shirataki berasal dari akar konjac yang dapat Anda temukan di kawasan Asia Tenggara.

Kandungan glukomanan yang terdapat pada shirataki memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yakni melindungi dan membantu dalam proses pencernaan makanan terkhusus pada usus.

Memasak shirataki hampir sama seperti menanak nasi. Anda perlu mencucinya menggunakan air bersih lalu rebuslah dengan suhu sedang hingga masak.

4. Quinoa, Biji Gandum yang Rendah Karbohidrat

Pilihan lain jatuh pada quinoa yang merupakan jenis biji-bijian. Quinoa diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi dibanding dengan nasi serta bebas dari gluten yang berbahaya untuk tubuh. Biji gandum ini juga memiliki kandungan mineral yang berperan dalam melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Untuk mengolahnya, Anda hanya perlu memasukkan quinoa ke dalam air bersih dan direbus. Jangan lupa untuk menutup wadah yang Anda gunakan untuk merebus quinoa sehingga air cepat meresap dan quinoa cepat masak.

Itulah beberapa makanan pengganti nasi untuk diet. Cobalah untuk memvariasikan setiap menu pada makanan Anda sehingga diet tetap menyenangkan dan sehat. Selamat mencoba!

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/rice-substitutes#6.-Whole-wheat-couscous
https://www.deccanchronicle.com/lifestyle/food-and-recipes/160919/5-interesting-rice-alternatives-for-weight-loss.html

11 Healthy Alternatives for White Rice for Weight Loss


https://www.kompas.com/food/read/2021/03/07/093200775/15-makanan-diet-pengganti-nasi-putih-ada-shirataki-dan-brokoli?page=all

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments