HOME / Kebutuhan Protein / 5 Rekomendasi Sayuran yang Mengandung Protein Tinggi

5 Rekomendasi Sayuran yang Mengandung Protein Tinggi

5 Rekomendasi Sayuran yang Mengandung Protein Tinggi
5 Rekomendasi Sayuran yang Mengandung Protein Tinggi

Makan bukan hanya tentang enak dan kenyang. Lebih dari itu, makanan yang Anda konsumsi harus sehat dan bernutrisi. Salah satu sumber makanan untuk asupan nutrisi terbaik adalah sayuran yang mengandung protein.

Kenapa sayuran yang mengandung protein?

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh dengan memiliki asupan protein yang cukup untuk tubuh. Sehingga fungsi tubuh bisa berjalan dengan optimal. Selain itu, sayur-sayuran juga menjadi makanan sumber protein yang dinilai bagus untuk tubuh.

Apa Saja Rekomendasi Sayuran Mengandung Protein?

Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi wajib masuk ke daftar menu harian Anda. Lalu, apa saja rekomendasi sayuran berprotein tinggi yang perlu dikonsumsi? Berikut ulasannya:

1. Bayam

Bayam paling sering dikonsumsi karena rasanya yang enak sekaligus menyegarkan. Sayuran hijau ini tidak hanya baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan asam folatnya, tetapi juga siapapun yang ingin memenuhi kebutuhan proteinnya.

Setiap 25 g bayam memiliki kandungan protein sebesar 0,7 g. Bukan hanya itu, bayam juga menjadi sumber Vitamin C dan Vitamin A.

Dengan rajin mengonsumsi bayam, Anda bisa terhindar dari risiko kanker. Tetapi ingat, konsumsi dalam jumlah sewajarnya sehingga manfaatnya dapat Anda peroleh dengan maksimal.

2. Asparagus

Sudah pernah makan sayur Asparagus? Sumber makanan bergizi ini juga menjadi sayuran tinggi protein yang tidak boleh Anda lewatkan. Dalam 134 g Asparagus, kandungan proteinnya sebesar 3 g.

Bukan hanya memiliki kandungan protein yang tinggi, Asparagus juga kaya akan riboflavin, vitamin K, sumber folat, vitamin A, magnesium, dan fosfor. Mengonsumsi Asparagus akan menurunkan risiko kanker dan juga dapat melawan inflamasi.

Ada banyak jenis olahan yang dapat Anda pilih, termasuk menggoreng atau merebusnya.

Baca Juga:  Apa Arti Imun Booster? Makanan Apa Saja yang Meningkatkan Imun?

3. Brokoli

Anda pasti sering melihat para orang tua yang mengajari anak untuk rajin makan brokoli. Hal itu bertujuan memenuhi asupan nutrisi si kecil, termasuk untuk sumber proteinnya. Bukan hanya untuk anak kecil, brokoli sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh siapapun.

Apalagi sayuran ini bisa dimakan secara langsung atau dimasak terlebih dahulu. Ingat, jangan lupa untuk membersihkannya sebelum mengonsumsi brokoli dalam keadaan mentah.

Dalam 88 g brokoli yang dicincang mengandung 2,5 g protein. Brokoli juga menjadi sumber makanan yang tinggi akan vitamin C, vitamin K, kalium, fosfor, folat, dan kalsium. Kandungan kaempferol dalam brokoli dapat menjadi antikanker, anti-inflamasi, dan antioksidan.

4. Jagung Manis

Sumber protein nabati selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah jagung manis. Selain rasanya yang enak, jagung juga banyak diminati karena kandungan proteinnya yang tinggi. Dalam 100 g jagung manis, Anda bisa memperoleh 3,2 g protein.

Jagung manis bagus untuk dikonsumsi karena memiliki berbagai manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Di antaranya adalah mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, bagus untuk mata, serta dapat mengatasi konstipasi.

5. Kubis Brussel

Jika Anda butuh bahan makanan yang tinggi akan protein, vitamin, dan serat, maka kubis Brussel wajib Anda pertimbangkan. Dalam 88 g kubis Brussel mengandung 3 g protein, bahkan kandungan vitamin dan nutrisi lainnya juga melimpah.

Kubis Brussel mengandung vitamin C, vitamin B-6, vitamin K, zat besi, kalium, dan folat yang bagus untuk tubuh.

Dengan memilih sayuran yang mengandung protein, Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Tetapi tetap konsumsi sayur-sayuran tersebut dalam jumlah yang sewajarnya.

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/sayuran-tinggi-protein/
https://www.alodokter.com/spesial-dari-kampung-3-manfaat-jagung-yang-luar-biasa
https://www.medicalnewstoday.com/articles/318600#9.-Brussels-sprouts

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments