HOME / Berat Badan / Tidur Jam Berapa Yang Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

Tidur Jam Berapa Yang Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

Tidur Jam Berapa Yang Bikin Gemuk? Ini Faktanya!
Tidur Jam Berapa Yang Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

Tidur termasuk kebutuhan utama manusia, tetapi seringkali pola tidur yang salah dapat mengakibatkan masalah serius, seperti kegemukan. Berdasarkan hal itu, timbul pertanyaan yang meresahkan banyak orang, yaitu tidur jam berapa yang bikin gemuk? Berikut fakta jam tidur yang harus Anda ketahui.

Jam tubuh bekerja dan istirahat

Tubuh juga memiliki waktu kerja, sehingga setiap bagian tubuh dapat bekerja dan beristirahat dengan baik. Saat pagi hari, tubuh melakukan metabolisme sangat tinggi, sehingga disarankan sarapan sebagai energi hingga siang hari. Anda dapat mengkonsumsi kopi untuk meningkatkan fokus pikiran.  Selain itu, hal tersebut merupakan kebiasaan pagi yang bikin kurus.

Pada siang hari, seringkali Anda merasakan kantuk berlebih. Hal tersebut wajar terjadi karena tubuh sedang memproses makanan. Anda dapat mengkonsumsi kopi lagi karena kafein dapat menstimulasi tubuh tetap terjaga.

Biasanya, siang hari menjadi waktu untuk mengerjakan sesuatu yang ringan dan tidak membutuhkan fokus yang besar.

Setelah seharian yang penuh aktivitas, sore hari menjadi waktu yang tepat untuk olahraga karena hormone adrenalin berada di puncak tertinggi.

Malam hari menjadi waktu yang Anda untuk istirahat dan mengurangi makanan karena metabolisme yang sedang rendah. Makan malam menjadi faktor bertambahnya lemak dalam tubuh.

Jam tidur siang yang bikin gemuk

Tidur termasuk kebutuhan manusia, tetapi terlalu banyak tidur dapat menimbulkan berat badan berlebih.

Salah satu di Harvard mengatakan tidur lebih dari 10 jam dapat meningkatkan kegemukan dan penyakit kronis lainnya, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Waktu tidur yang ideal setiap orang berbeda sesuai dengan rentang usianya. Anak-anak memiliki waktu tidur 9 – 11 jam sehari, remaja 8 – 10 jam sehari, dan dewasa 7 – 9 jam sehari.

Baca Juga:  Patut Dihindari! Ini 7 Pola Makan yang Bikin Gemuk

Penting untuk memenuhi waktu tidur sehari agar terhindar dari masalah kesehatan yang kronis. Waktu tidur yang baik untuk usia dewasa adalah pukul 22.00 – 05.00 pagi.

Tidur siang dapat meningkatkan kegemukan

Salah kaprah stigma masyarakat adalah tidur di malam hari dapat diganti dengan tidur siang. Tidur siang memang baik untuk tubuh, tapi tidak dapat menggantikan peran tidur malam.

Tidur siang yang baik memiliki waktu 15 – 30 menit. Hal tersebut dibuktikan dalam riset selama 6 tahun. Siang hari merupakan jam rawan tubuh merasa mengantuk, sehingga perlu menghindari mengkonsumsi makanan berlebih pada jam tersebut.

Kebiasan buruk sebelum tidur

Makan di malam hari menjadi kebiasaan buruk yang dilakukan oleh banyak orang, baik makan berat atau cemilan.

Selain itu, kebiasaan menggunakan gawai sebelum tidur harus dikurangi karena cahaya biru yang dihasilkan oleh gawai dapat mengganggu tubuh memproduksi melatonin.

Melatonin merupakan hormon alami tubuh untuk mengatur pola tidur.  Lebih baik anda berhenti menggunakan gawai 1 jam sebelum waktu tidur, sehingga tubuh dapat bekerja dengan baik.

Tips tidur nyenyak

Untuk sebagian orang, tidur nyenyak menjadi hal yang sulit dilakukan karena kegiatan yang menumpuk atau kewajiban yang harus diselesaikan.

Akan tetapi, terdapat beberapa tips untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti menyisihkan waktu 30 menit untuk olahraga  di sore hari, mengurangi konsumsi kopi di malam hari, dan membuat suasana tempat tidur yang nyaman.

Jadi, tidur jam berapa yang bikin gemuk? Jawabannya adalah bukan jam berapa, tetapi apa yang Anda lakukan sebelum tidur. Bisa jadi kegemukan timbul karena kebiasaan buruk sebelum tidur.

Sumber :

https://www.halodoc.com/artikel/perlu-tahu-jadwal-kerja-organ-dalam-tubuh
https://solo.tribunnews.com/2016/09/14/tidur-terlalu-lama-bisa-bikin-gendut-dan-punya-efek-buruk-lainnya
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3646395/tidur-siang-bikin-berat-badan-naik-ini-faktanya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments