HOME / Berat Badan / Anda Harus Lakukan Ini Agar Berat Badan Turun Selama Tidur

Anda Harus Lakukan Ini Agar Berat Badan Turun Selama Tidur

Anda Harus Lakukan Ini Agar Berat Badan Turun Selama Tidur
Anda Harus Lakukan Ini Agar Berat Badan Turun Selama Tidur

Hal yang harus kita lakukan saat ingin mengurangi berat badan selama ini adalah dengan olahraga dan diet. Namun, ternyata tidur juga bisa menurunkan berat badan, lho! Lalu, bagaimana caranya agar berat badan turun selama tidur?

Alasan Berat Badan Bisa Turun Selama Tidur

Bukan tanpa alasan apalagi hanya mitos belaka, organ tubuh Anda tetap bekerja meskipun Anda sedang tidur. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa berat badan bisa turun.

Paparan cahaya saat malam mengacaukan ritme sirkadian atau jam internal proses tubuh, sehingga menyebabkan lemak tertahan. Hal ini menjadikan orang yang sering begadang cenderung sulit menurunkan berat badan dan menjadi gemuk.

Saat tidur, tubuh bisa membakar lebih banyak kalori, yaitu sekitar 50 kalori perjam selama tidur. Hal ini tentu tergantung dengan metabolisme tiap orang. Selama kita tidur, sel-sel yang kita miliki melakukan regenerasi dan perbaikan.

Hal sederhana di atas sudah cukup membuktikan bahwa kerja tubuh kita mampu menurunkan berat badan selama kita tidur. Anda atau saya mungkin tidak sadar, tapi organ dalam tubuh terus bekerja selama kita tidur. Bahkan, beberapa kinerja nya akan lebih maksimal saat kita sudah tertidur.

Tapi, bisa tidak kita turun berat badan 1 kg sehari saat tidur atau menurunkan berat badan dalam seminggu? Tentu ini bergantung dengan kegiatan yang Anda lakukan. Olahraga ringan yang kita lakukan sebelum tidur dapat mendukung penurunan berat badan.

Nah, berikutnya kita akan membahas hal-hal yang bisa Anda lakukan dan Anda hindari untuk mendukung dan memaksimalkan kinerja tubuh selama tidur.

Hal yang Harus Dilakukan Agar Berat Badan Turun Selama Tidur

  • Tidur dalam keadaan gelap

Tanpa paparan cahaya, tubuh dapat memproduksi hormon melatonin dengan baik. Produksi melatonin yang baik mendukung lemak coklat bekerja untuk membakar kalori yang Anda miliki.

  • Menurunkan suhu ruangan

Bagaikan penghangat, lemak coklat bekerja sebagai pemanas tubuh. Dengan suhu yang dingin akan lebih banyak sel lemak coklat yang bekerja untuk membakar. Ini sangat membantu menurunkan berat badan Anda.

  • Makan malam lebih awal dan ringan

Konsumsi protein sebagai makan malam dan dengan waktu yang lebih awal akan membantu proses penurunan berat badan selama tidur. Protein membuat Anda kenyang lebih lama, sedangkan makan lebih awal akan memberi waktu bagi tubuh untuk memproses makanan sebelum tidur.

  • Mematikan ponsel dan gadget

Hormon melatonin sensitif terhadap sedikit paparan cahaya, sehingga akan menghambat sel lemak coklat bekerja. Jadi, proses pembakaran kalori selama tidur tidak bisa maksimal. Selain itu, penggunaan gadget sebelum tidur akan menimbulkan distraksi dan membuat Anda sulit tertidur.

Baca Juga:  Ketahui 10 Contoh Makanan yang Tidak Sehat bagi Tubuh

Rutin lakukan hal-hal tersebut sebelum tidur untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk memantau penurunan berat badan dengan timbangan. Pagi hari setelah bangun tidur menjadi waktu terbaik menimbang berat badan. Hal ini dikarenakan Anda belum sarapan maupun Buang Air Besar (BAB).

Untuk menghindari berkurangnya kualitas tidur, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan, karena kualitas tidur yang tidak baik berdampak pada kerja organ tubuh yang jadi tidak baik.

Hal yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

  • Makan berat tepat sebelum tidur
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Memakan manisan atau makanan dan minuman mengandung gula
  • Kerja sampai malam

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan dan dihindari agar berat badan turun selama tidur. Sambil menurunkan berat badan dengan berbagai cara di atas, ingat untuk selalu lakukan pengecekan berat badan. Anda harus mendapatkan tubuh ideal yang sehat.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat!

Sumber :

https://sumut.idntimes.com/health/fitness/shelly-salfatira/cara-turun-berat-badan-saat-tidur-regional-sumut/9
https://health.kompas.com/read/2020/10/04/133600968/mengenal-cara-kerja-ritme-sirkadian-dan-pengaruhnya-bagi-tubuh?page=all
https://www.haibunda.com/moms-life/20200426093304-72-137152/5-kebiasaan-tidur-yang-ternyata-bisa-bantu-turunkan-berat-badan
https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/badan-kurus-lebih-sehat/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments