HOME / Berat Badan / Ini Cara Olahraga Menurunkan Berat Badan Sebelum Tidur

Ini Cara Olahraga Menurunkan Berat Badan Sebelum Tidur

Ini Cara Olahraga Menurunkan Berat Badan Sebelum Tidur
Ini Cara Olahraga Menurunkan Berat Badan Sebelum Tidur

Anda tidak banyak memiliki waktu olahraga di pagi atau siang hari tapi ingin tetap menjaga kesehatan dan berat badan? Olahraga menurunkan berat badan sebelum tidur dapat menjadi solusi untuk menjaga Anda tetap sehat dan punya badan ideal.

Banyak orang dengan keseharian yang padat memilih opsi untuk melakukan olahraga sebelum tidur. Selain perbedaan waktu, olahraga sebelum tidur pada malam hari juga memberikan manfaat lain, karena berkaitan dengan jam kerja organ tubuh.

Beragam Manfaat dari Olahraga Sebelum Tidur

Apa bedanya olahraga sebelum tidur dengan olahraga di pagi dan siang hari?

Menjaga kekuatan atau massa otot menjadi salah satu manfaat olahraga sebelum tidur dan membuat berat badan Anda turun karena kandungan lemak yang terbakar.

Selain itu, olahraga di sebelum tidur dapat membantu Anda untuk mengurangi stress, dan bangun dengan keadaan lebih segar di pagi harinya, sedangkan olahraga pada pagi hari bermanfaat meningkatkan fokus dan membantu mengontrol nafsu makan.

Nah, selain manfaat olahraga sebelum tidur di atas, melakukan gerakan olahraga dengan tepat juga mempengaruhi hasil yang didapat. Jika Anda melakukan gerakan dengan benar, maka penurunan berat badan akan sama efektifnya. Akan tetapi jika Anda melakukan gerakan dengan keliru, ini akan berbahaya untuk kesehatan.

Gerakan Olahraga Sebelum Tidur untuk Menurunkan Berat Badan

Agar memberikan hasil sesuai dengan yang diinginkan dan terhindar dari resiko cedera atau gangguan kesehatan lain, ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  1. Peregangan

Meskipun dilakukan pada malam hari, pastikan untuk tetap melakukan peregangan. Pilih gerakan olahraga sebelum tidur yang ringan dengan tepat. Ada beberapa macam gerakan yang bisa Anda lakukan di rumah, contohnya:

  1. Squat
Baca Juga:  4 Cara Simpel untuk Mengecilkan Paha Sambil Tiduran

Untuk membakar lemak perut, mengecilkan dan membentuk kaki, lakukan gerakan ini. Squat jump, body-weight squat, bisa menjadi pilihan gerakan olahraga sebelum tidur yang dapat menurunkan berat badan.

Ulangi gerakan ini selama 15 kali atau dalam hitungan waktu 60 detik.

  1. Plank

Plank termasuk ke dalam gerakan ringan yang cukup sulit dilakukan jika Anda belum terbiasa. Plank akan melatih otot perut. Anda bisa melakukan gerakan tambahan seperti  side plank yang akan melatih otot perut bagian samping.

Karena terbilang sulit, Anda bisa melakukan gerakan ini selama 10 detik sebagai awalan dan diulang beberapa kali. Akan lebih baik jika Anda berhasil menahan posisi plank ini dalam waktu 1-2 menit. Anda perlu lakukan gerakan secara perlahan dan jangan memaksa.

  1. Lunge jump

Melakukan lunge jump selain untuk menguatkan otot perut dan punggung, juga bermanfaat untuk memperbaiki keseimbangan. Tentu tujuan dari olahraga sebenarnya selain menurunkan berat badan adalah sehat bukan?

Anda bisa lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali atau dalam waktu 60 detik.

Lakukan empat gerakan di atas dengan benar dan sesuai untuk mendapatkan hasil seperti yang Anda inginkan. Lakukan gerakan perlahan dari waktu singkat ke waktu yang panjang agar tubuh mendapat kesempatan beradaptasi. Di awal, pasti akan ada reaksi pada tubuh Anda, maka lakukan gerakan di atas secara rutin.

Tips Melakukan Olahraga Sebelum Tidur

  • Mengatur waktu untuk istirahat, beraktivitas, dan berolahraga

Meskipun berolahraga sebelum tidur, pastikan untuk tetap mengatur waktu istirahat. Jangan sampai kekurangan tidur karena aktivitas seharian dan berolahraga.

Hal ini berpengaruh untuk memberikan hasil yang optimal untuk menurunkan berat badan Anda namun menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

  • Menjaga pola makan dengan gizi seimbang

Imbangi olahraga yang Anda lakukan dengan menjaga pola makan tetap baik. Karena aktivitas olahraga sebelum tidur, usahakan untuk makan malam lebih awal tidak lebih dari jam 19.00. Konsumsi cemilan tinggi protein seperti yoghurt, almond, chia pudding, dan lain-lain.

  • Kenali diri dan kapasitasnya

Temukan gerakan, pola, waktu dan cara terbaik Anda untuk melakukan olahraga sebelum tidur. Jika olahraga sebelum tidur yang anda lakukan memberikan efek samping yang kurang baik, maka Anda perlu mengevaluasi kegiatan ini. Penurunan berat badan bisa jadi tidak signifikan karena waktu kerja tubuh yang berbeda.

Baca Juga:  Waktu yang Tepat untuk Olahraga Mengecilkan Perut Agar Efektif

Agar Anda mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan penurunan berat badan dengan tetap memperhatikan kondisi kesehatan.

Itu dia manfaat, tips, dan gerakan olahraga menurunkan berat badan sebelum tidur untuk Anda. Jangan ragu untuk memulai dan dapatkan hasil yang Anda inginkan. Semoga berhasil & bermanfaat!

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200916134029-255-547173/beda-manfaat-olahraga-pagi-dan-malam-hari
https://health.kompas.com/read/2020/11/19/200200568/6-gerakan-olahraga-mengecilkan-perut-sebelum-tidur?page=all
https://cewekbanget.grid.id/read/061667052/lakukan-5-gerakan-ini-sebelum-tidur-biar-cepat-turunkan-berat-badan?page=all
https://cewekbanget.grid.id/read/061667052/lakukan-5-gerakan-ini-sebelum-tidur-biar-cepat-turunkan-berat-badan?page=all

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments