HOME / Tips Diet / Penting: Tips dan Cara Mengatur Porsi Makan Diet Pemula

Penting: Tips dan Cara Mengatur Porsi Makan Diet Pemula

Penting: Tips dan Cara Mengatur Porsi Makan Diet Pemula
Penting: Tips dan Cara Mengatur Porsi Makan Diet Pemula

Setiap orang mengikuti program diet yang berbeda-beda. Jika Anda hendak melakukan diet, sesuaikan dengan kebutuhan dan perhatikan porsi makan diet pemula.

Saat memulai diet, pilihan menunya harus sehat sehingga bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil dengan cepat. Sudah tahu porsi makan untuk diet yang sesuai untuk pemula?

Porsi Makan yang Tepat untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Sebelum mengetahui menu diet untuk pemula, Anda harus mencari tahu kebutuhan kalori harian tubuh Anda. Kebutuhan kalori harian tiap orang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh tinggi badan, berat badan, usia, serta aktivitas fisik.

Kalori tersebut kemudian dibagi ke masing-masing waktu makan, baik itu sarapan, makan siang, atau pun makan malam. Dengan demikian, diet yang baik adalah yang selalu konsisten menghitung porsi makan siang untuk diet pemula.

Biasanya, kebutuhan kalori dalam sehari adalah sebagai berikut:

  • Sarapan sekitar 20% dari total kalori
  • Makan siang 30% dari total kalori
  • Makan malam sekitar 25% dari total kalori
  • Sisanya makanan ringan yaitu 30% yang bisa Anda bagi menjadi 3 kali, di mana setiap kali konsumsi camilan sehat adalah 10% dari total kalori yang dibutuhkan setiap harinya.

Contoh Perhitungan Kalori

Misalkan tubuh Anda membutuhkan 2000 kalori setiap hari, maka Anda bisa menghabiskan 400 kalori untuk sarapan. Sementara untuk makan siang adalah 600 kalori dan makan malam 500 kalori. Camilan mendapatkan jatah 600 kalori yang bisa Anda bagi 2 atau 3 waktu.

Pemilihan camilan yang tepat mampu membantu perut terisi sehingga bisa bertahan sampai waktu makan utama. Ini juga membantu Anda bisa mengontrol porsi makan.

Pembagian Porsi untuk Satu Kali Makan

Untuk diet, Anda bisa mengikuti pedoman gizi seimbang dari Kementerian Kesehatan RI yang dikeluarkan tahun 2014. Jadi, Anda tidak boleh lagi mengambil nasi dan lauk pauknya sesuka hati.

  1. Makanan Pokok

Untuk menu diet karbo untuk pemula, Anda hanya boleh mengambil sepertiga bagian piring seperti porsi sayur yang akan dimakan. Selain nasi, Anda juga bisa memilih kentang, bihun, ubi, atau sumber karbohidrat lainnya untuk pilihan makanan pokok.

  1. Sayuran

Sepertiga piring makan harus berisi sayuran. Dalam sehari, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 250 gram sayuran. Dengan kata lain, setiap kali makan baik itu sarapan, makan siang, dan makan malam Anda harus menghabiskan minimal 100 gram sayuran.

  1. Buah-buahan

Untuk setiap kali makan, harus ada buah di piring makan, yaitu sekitar seperlima bagian. Biasanya, kebutuhan buah-buahan adalah sekitar 150 gram per hari. Untuk tiga kali makan berarti porsi tersebut bisa Anda bagi menjadi tiga, yaitu 50 gram setiap kali makan berat. Ukuran tersebut setara dengan satu buah pisang atau dua jeruk medan yang berukuran sedang.

  1. Lauk-pauk

Isi lauk pauk di sisa bagian piring yang masih kosong, bahkan untuk diet pemula untuk remaja. Untuk pilihan lauk, Anda bisa memilih lauk apapun, namun usahakan kombinasi dari protein hewani dan protein nabati.

Baca Juga:  Ketahui Cara Jogging yang Benar Sebelum Memulainya

Hal Lain yang Harus Diperhatikan

Meskipun sudah membatasi asupan makanan dengan porsi yang sudah ditentukan, ada hal lain yang harus Anda perhatikan.

Memang betul jika pilihan makanan sehat itu penting, tapi Anda juga harus membatasi penggunaan gula dan garam dalam setiap menu makan. Baik gula maupun garam yang berlebihan akan mempengaruhi hasil diet Anda.

Selain itu, olahraga juga tidak kalah penting. Bagaimanapun juga, hasil diet bergantung pada usaha dan konsistensi Anda dalam menjaga pola hidup sehat.

Dengan mengetahui porsi makan diet pemula, Anda bisa mulai mempersiapkan apa saja yang harus ditambahkan ke piring makan. Anda juga bisa mulai membuat daftar menu makan untuk diet agar tidak merasa bosan dengan menu yang sama setiap harinya.

Sumber:

https://m.medcom.id/rona/kesehatan/JKRGj9yN-berapa-kali-anda-seharusnya-makan-ketika-diet
https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/porsi-makan-biar-diet-sukses/
https://www.tribunnews.com/tribunners/2017/11/08/menu-diet-sehat-untuk-pemula-4-sehat-5-sempurna

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Download Image More @ rizalnutritionist.com […]

mawar