HOME / Kebutuhan Protein / 5+ Fungsi Protein Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

5+ Fungsi Protein Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

5+ Fungsi Protein Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui
5+ Fungsi Protein Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Protein adalah nutrisi yang terkandung dalam berbagai sumber makanan, seperti telur, daging, dan sebagainya. Selain karbohidrat dan lemak, protein juga termasuk salah satu nutrisi yang mempunyai peran penting untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja fungsi protein bagi tubuh manusia? berikut ulasannya.

  1. Memberikan energi

Protein memiliki empat kandungan kalori per gramnya atau hampir sama dengan jumlah energi yang disediakan oleh karbohidrat.

Ketika tubuh dalam keadaan kosong atau puluhan jam tanpa mengonsumsi makanan, tubuh akan memecah protein dari otot menjadi asam amino sehingga dapat memberikan energi bagi tubuh.

Oleh karenanya penting bagi Anda untuk mengonsumsi protein setiap hari sehingga tubuh memiliki banyak cadangan energi.

  1. Mengangkut dan menyimpan nutrisi

Salah satu jenis protein yaitu protein transpor. Jenis nutrisi tersebut berfungsi membawa zat seperti mineral, oksigen dan sejenisnya ke seluruh aliran darah menuju ke dalam sel.

Selain membawa zat menuju sel, ada juga jenis protein penyimpan seperti feritin dan kasein yang berfungsi menyimpan zat seperti zat besi dan susu dalam tubuh.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Selanjutnya fungsi protein bagi sel adalah untuk membangun antibodi yang akan melindungi tubuh dari infeksi virus atau bakteri. Antibodi adalah protein di dalam darah yang terbentuk ketika benda asing memasuki tubuh.

Ketika virus masuk ke tubuh Anda, tubuh akan menghasilkan antibodi sehingga apabila virus tersebut kembali masuk ke tubuh Anda maka tubuh sudah mengenalinya dan dapat melawannya.

  1. Menyeimbangkan cairan tubuh

Fungsi berikutnya dari protein yaitu mengatur tubuh sehingga keseimbangan cairan dapat selalu terjaga. Albumin dan globulin adalah salah satu protein dalam darah yang membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dengan menahan air dan mengeluarkannya.

Baca Juga:  Apa Saja Manfaat Kuning Telur dalam Hidup Sehari-hari?

Apabila tubuh Anda kekurangan protein, maka kadar albumin dan globulin juga akan menurun. Hal tersebut dapat menyebabkan cairan menumpuk dan bisa menyebabkan edema atau pembengkakan di area perut. Kekurangan protein inilah yang disebut dengan Kwashiorkor.

  1. Mempertahankan pH tubuh

Kondisi pH yang stabil di dalam tubuh sangatlah diperlukan karena apabila ada perubahan pH dapat berakibat buruk untuk tubuh. Salah satu peran dari protein ini yaitu membantu tubuh untuk mempertahankan konsentrasi asam dan basa dalam tubuh Anda.

Hemoglobin adalah salah satu protein yang berfungsi membantu mengikat asam sehingga pH darah Anda normal.

  1. Membentuk Hormon dan Enzim

Hormon merupakan mengirim pesan kimiawi di antara sel, jaringan, serta organ tubuh yang disekresikan oleh jaringan atau kelenjar endokrin.

Beberapa protein termasuk dalam jenis hormon dan berfungsi membentuk hormon, seperti insulin, ADH, dan glukagon. Protein hormon tersebut dibuat dari rantai asam amino.

Selain hormon, protein juga memiliki peran dalam membuat enzim, seperti enzim pengubah karbohidrat.

  1. Pertumbuhan dan pemeliharaan Jaringan

Beberapa protein berfungsi menyusun sel dan jaringan, seperti keratin, kolagen, elastin yang membantu menyusun kerangka tubuh. Oleh karena itu, tubuh memerlukan bantuan protein guna memelihara jaringan serta membentuknya di dalam tubuh.

Ketika tubuh dalam keadaan normal, tubuh akan memakai protein dalam jumlah yang sama untuk memperbaiki suatu jaringan. Namun, dalam keadaan tertentu seperti ketika sakit tubuh memerlukan lebih banyak protein.

Untuk itulah Anda perlu memenuhi asupan protein harian Anda sehingga kondisi tubuh Anda selalu terjaga.

Itulah beberapa fungsi protein bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Anda bisa memperoleh asupan protein dari berbagai jenis makanan seperti telur, daging, susu, kacang kacangan dan ikan.

Baca Juga:  5 Makanan Rendah Protein yang Aman untuk Penderita Gagal Ginjal

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/functions-of-protein#TOC_TITLE_HDR_11

https://www.sehatq.com/artikel/fungsi-fungsi-protein-yang-penting-untuk-tubuh/amp

https://www.halodoc.com/artikel/inilah-7-jenis-dan-fungsi-protein-bagi-tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments