HOME / Berat Badan / Ternyata Ini, Tabel Berat Badan Ideal Anak Usia 1-5 Tahun Itu

Ternyata Ini, Tabel Berat Badan Ideal Anak Usia 1-5 Tahun Itu

Ternyata Ini, Tabel Berat Badan Ideal Anak Usia 1-5 Tahun Itu
Ternyata Ini, Tabel Berat Badan Ideal Anak Usia 1-5 Tahun Itu (Foto: Mikhail Nilov)

Tabel berat badan ideal anak, bisa menjadi hal yang tidak pernah sepi untuk dicari. Kenapa bisa begitu? Yah, karena, untuk angka kelahiran pun tidak pernah berhenti. Jadinya, perkembangan soal angka berat badan ideal anak pun, cepat atau lambat pasti dicari juga. Menyadari hal tersebut, artikel ini akan membagikan informasi. Terkait dengan, tabel berat badan ideal anak, dengan rentan usia 1- 5 tahun.

Jadi, untuk kamu, yang sedang mencari informasi, terkait dengan tabel berat badan ideal anak, dengan rentan usia 1-5 tahun. Pastikan, untuk membaca artikel ini sampai tuntas. Supaya informasi yang nanti ingin kamu dapatkan, bisa langsung terbayarkan secara lunas. Satu lagi, hampir aja lupa.  Harap untuk dibaca semua pembahasan dibawah nanti, secara teliti. Supaya, tidak ada yang salah nanti. Woke?

Tabel Berat Badan Ideal Anak

Usia AnakAnak Laki-LakiAnak Perempuan
1-2 Tahun9,6 – 12,2 kg8,9 – 11,5 kg
2-3 Tahun12,2 – 14,3 kg11,5 – 13,9 kg
3-4 Tahun14,3 – 16,3 kg13,9 – 16,1 kg
4-5 Tahun16,3 – 18,3 kg16,1 – 18,2 kg

Berdasarkan dari tabel tersebut, bisa diambil kesimpulan. Dan dibawah ini, poin-poin pembahasannya:

Perbedaan Angka Antara Anak Perempuan Dan Laki-Laki

Ini bisa terlihat, ada dua tabel berat badan ideal anak. Yang satu, untuk anak laki-laki, dan satunya lagi, untuk anak perempuan. Jadinya, secara tidak langsung, ada perbedaan angka berat badan ideal, antara anak laki-laki, dan anak perempuan. Tapi, untuk perbedaan angkanya, tidak cukup jauh, hanya sekitar kurang lebih 1 angka. Anak laki-laki, punya berat badan, yang jauh lebih tinggi, dibanding perempuan.

Baca Juga:  Jenis Pisang Untuk Menambah Berat Badan? Temukan Jawabannya Disini

Kenaikan Per Tahun Usia Rata-Ratanya Hanya Dua Angka

Bisa dilihat juga, di tabel berat badan ideal anak diatas. Kenaikan angka berat badan, baik itu untuk anak laki-laki, maupun anak perempuan. Per satu tahun pertambahan usia, hanya bertambah sekitar kurang lebih dua angka berat badan. Misal, ambil angka berat badan, untuk anak laki-laki  usia 1-2 tahun. Yang angka 9,6- 12,2 kg. Satu tahun kemudian, usia 2-3 tahun, berat badan idealnya hanya 12,2 – 14,3 kg saja.

Kalau angka berat badan anak, kurang atau lebih, dari angka diatas. Apakah itu menunjukkan, kalau anak tidak sehat?

Jawabannya, belum tentu.

Kenapa bisa begitu? Yah, karena, angka tabel berat badan ideal anak. Itu, kabar buruknya, tidak bisa dijadikan patokan pasti, yang bisa menunjukkan. Apakah berat badan ideal anak itu, sudah ideal atau belum. Tapi, tenang aja, ada satu cara, yang bisa dijadikan patokan pasti. Yang bisa menunjukkan, apakah berat badan ideal seorang anak itu, sudah tercapai atau belum.

Yaitu, dengan menghitung Indeks Massa tubuh.

Bagaimana caranya? Tenang, setelah kalimat ini. Akan ada bocoran, langkah-langkah menghitungnya.

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Ada dua hal, yang wajib diketahui terlebih dahulu. Sebelum menghitung, Indeks Massa Tubuh seorang anak. Yaitu, angka berat badan, dan angka tinggi badan, anak tersebut berapa. Setelah itu, bisa dimasukkan ke rumus IMT dibawah ini:

IMT/U = Berat badan anak (kg) : ( tinggi badan (m) x tinggi badan (m) )

Misal, berat badan seorang anak itu 8 kg, dan tingginya yaitu 60 cm (0,6 m). Maka, untuk mencari IMT. Dalam kasus anak tersebut, bisa dengan cara berikut:

IMT/U = 8 kg : ( 0,6 x 0,6)

Baca Juga:  5 Olahraga Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu, Ampuh!

              = 8 : 0,36  = 22,2  

Jadi, dengan begitu, dapat disimpulkan. Kalau angka IMT anak tersebut, sebesar 22,2. Dan ini, sudah bisa menunjukkan, kalau anak tersebut sehat. Terlepas dari, angka di tabel berat badan ideal anak seperti apa dan bagaimana. Kenapa bisa begitu? Yah, karena, bersumber dari Kementrian Kesehatan RI, berat badan ideal anak itu bisa dikatakan normal. Kalau angka IMT nya itu, sekitar di angka 18,5 sampai 22,9.

Gimana, setelah kamu membaca artikel ini sampai selesai. Kira-kira, menurut kamu, sepenting apa, tabel berat badan ideal anak itu sekarang?

Sumber:

https://www.ruangmom.com/tabel-berat-badan-anak.html

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments