HOME / Berat Badan / Cara Menambah Berat Badan Yang Mudah Untuk Kamu Lakukan

Cara Menambah Berat Badan Yang Mudah Untuk Kamu Lakukan

Cara Menambah Berat Badan Yang Mudah Untuk Kamu Lakukan
Cara Menambah Berat Badan Yang Mudah Untuk Kamu Lakukan (Foto: Ella Olsson)

Cara menambah berat badan, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi untuk pemula, yang masih terbatas pengetahuan dan pengalamannya. Tentunya menambah berat badan, tidak akan semudah dan sesederhana saat menurunkan berat badan, katanya.

Padahal, kenyataannya belum tentu seperti apa katanya. Baik menurunkan berat badan, maupun menaikkan berat badan, tetap saja butuh pengetahuan juga informasi yang tepat. Dan artikel ini, bisa menjadi salah satu tempat pengetahuan dan informasi yang bisa kamu coba nikmati.

Apakah Kurus Karena Tidak Sehat?  

Tentu saja tidak. Karena, faktor penyebab seseorang memiliki tubuh kurus juga beragam. Mulai dari faktor genetik, pengaruh metabolisme yang tinggi, pengaruh hormon tiroid yang berlebihan, bahkan hingga ke kemungkinan terburuk yaitu karena ada pengaruh penyakit fisik maupun psikis.

Walaupun begitu, ada baiknya, kamu harus pastikan terlebih dahulu. Bahwa kamu memang benar-benar kekurangan berat badan, sebelum mempratikkan cara menambah berat badan. Karena banyak sekali kasus, seseorang itu sudah memiliki berat badan yang cukup. Tetapi karena kurang  pengetahuan dan ada tekanan tertentu, dia menaikkan berat badan yang berakhir dengan Obesitas.

Menghitung Indeks Massa Tubuh Jadi Solusi

Cara menghitung Massa Indeks Tubuh cukup mudah, kamu hanya perlu membagi angka berat badan yang kamu punya, dengan tinggi badan yang kamu miliki. Hasil angka yang keluar dari pembagian tersebut, itulah yang bisa kamu jadikan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang kamu miliki.

Jika angka IMT yang kamu punya, masih berada di kisaran angka 18,5- 24,9 itu menandakan kamu masih dalam kondisi normal.  Tetapi, jika angka IMT kamu kurang dari angka 18,5 itu sudah bisa menandakan. Bahwa kamu mengalami berat badan yang kurang, dan perlu mencari tau cara menambah berat badan demi kelangsungan kesehatan.

Baca Juga:  Pilihan Menu Harian untuk Menambah Berat Badan

Tetapi, kamu tidak perlu bingung mencari cara menambah berat badan. Karena poin-poin berikut ini, akan membahasnya dengan senang hati. Disimak dengan teliti, agar berat badanmu bisa tambah angka lagi

Cara Makan Yang Bisa Menambah Berat Badan

Cara menambah berat badan yang paling dasar adalah, dengan memperhatikan asupan. Jika kamu ingin berat badan kamu bertambah, bisa dimulai dengan makan dengan lebih sering, bukan lebih banyak. Lengkapi juga dengan cemilan sehat, seperti kacang-kacangan juga buah-buahan.

Makanan Yang Bisa Menambah Berat Badan

Pastikan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, sudah mendukung cara menambah berat badan. Kamu bisa memilih makanan yang padat kalori, seperti daging, gandum, kentang, ayam, dan masih banyak jenis makanan yang lainnya yang bisa kamu coba.

Cara Minum Yang Bisa Menambah Berat Badan

Tidak hanya soal makanan, soal minuman pun harus diperhatikan. Jika kamu ingin, cara menaikkan berat badan yang kamu lakukan dapat maksimal. Kamu bisa memulai ini dengan cara, minum 30 menit setelah makan. Lebih banyak minum jus buah, sebagai pengganti air putih juga sangat disarankan.

Olahraga Yang Bisa Menambah Berat Badan

Cara menambah berat badan dengan olahraga, mungkin terdengar asing. Mengingat jika olahraga, pasti akan membuang kalori. Yang mana ini teramat berperan, untuk menaikkan berat badan. Tetapi, olahraga latihan kekuatan otot, bisa jadi membantumu dalam menaikkan berat badan juga.

Kebiasaan Yang Membuat Kamu Gagal Menambah Berat Badan

Ada beberapa kebiasaan, yang bisa membuat cara menambah berat badan yang kamu lakukan akan gagal. Diantaranya, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti kentang goreng dan cokelat. Meminum kopi dan soda, dan minuman tinggi gula lainnya. Hingga makan berprotein rendah dengan porsi banyak sekaligus, yang biasanya itu semua dapat menambah berat badan, tetapi sayang untuk sementara.

Baca Juga:  Sebetulnya lari Pagi Jam Berapa Yang Bisa Turunkan Berat Badan?

Kunci Berhasil Mempraktikkan Cara Menambah Berat Badan

Sebetulnya, apapun yang dilakukan. Jika ingin menghasilkan, harus dilakukan secara konsisten. Termasuk juga, dalam hal usaha menambah berat badan. Mungkin diluar sana, banyak cara-cara menambah berat badan cepat. Tetapi, harus diperhatikan juga dalam hal produk dan caranya seperti apa. Jangan sampai, melupakan kesehatan yang harus kita dijaga dengan sebaik-baiknya.

Jadi penasaran, apakah nanti ada perbedaan pada berat badan kamu, setelah dan sebelum mempraktikkan seluruh isi artikel ini?

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/cara-menaikkan-berat-badan/
https://www.halodoc.com/artikel/bagaimana-cara-menghitung-indeks-massa-tubuh-yang-benar

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments