HOME / Ahli Gizi / Peran Ahli Gizi Dalam Mempersiapkan Berat Badan Ideal dan Tetap Sehat

Peran Ahli Gizi Dalam Mempersiapkan Berat Badan Ideal dan Tetap Sehat

Peran Ahli Diet Dalam Mempersiapkan Berat Badan Ideal dan Tetap Sehat
Peran Ahli Gizi Dalam Mempersiapkan Berat Badan Ideal dan Tetap Sehat

Peran Ahli diet dalam mempersiapkan pola makan sehat untuk kita, sangatlah penting. Penerapan program diet yang baik, tidak akan berjalan dengan baik, tanpa pengawasan mereka.

Hal ini disebabkan kita memerlukan nutrisi yang seimbang, dengan pengawasan yang tepat. Karena, tubuh membutuhkan vitamin, mineral serta elemen lain agar tubuh bisa berjalan dengan baik. Bila memperhatikan pola diet saat ini.

Terdakadang, pemenuhan nutrisi yang kita terapkan sangat kurang. Karena, beberapa hanya fokus kepada bagaimana caranya menurunkan berat badan saja. Tidak mempedulikan berapa kandungannya setiap hari sehingga, diet menjadi kurang maksimal.

Pemenuhan tersebut menjadi sangat penting karena, semua organ ini dapat berjalan baik sesuai fungsinya karena, peran dari vitamin sampai mineral. Contohnya, pada mata. Bila kekurangan Vit A pasti akan berkurang.

Kalau sudah seperti ini, nantinya kekuatan mata untuk melihat akan semakin berkurang sehingga, membutuhkan bantuan. Ada banyak olahan makanan bisa mendapatkan asupan tersebut. Inilah peran dari konsultan diet.

Mereka bertanggung jawab penuh soal kesehatan pasiennya saat melakukan diet. Mungkin, penurunannya jauh lebih lambat. Tetapi, berjalan stabil bisa jadi untuk selamanya. Walau sudah turun tetap berada di berat sekian.

Kondisi ini jauh lebih baik dibandingkan dengan melakukan program pengurangan berat badan tetapi, turun drastis kemudian susah untuk mempertahankan hingga akhirnya, kembali seperti semula. Kalau sudah begini harus dari awal.

Peran Ahli Gizi Dalam Pembuatan Program Menu yang Tepat

Siapa yang tidak ingin mempunyai tubuh bagus dan atletis. Untuk itu ada banyak usaha wajib dilakukan. Salah satunya menerapkan pola makan sesuai saran dari konsultan diet. Dimana mereka punya program.

Seperti sebuah jurnal selama satu minggu. Apa saja yang harus dikonsumsi. Tidak hanya memberikannya saja. Biasanya ada juga edukasi mengenai alasan memilih makanan tersebut. Tetapi, tidak wajib olahan tersebut.

Baca Juga:  Perhatikan Asupan, Begini Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Pasiennya bisa dan boleh mengganti asalkan pemenuhan nutrisinya cukup dan pas. Misalnya, saja mengganti buah Apel dengan buah naga. Apakah boleh? Lihat dulu kandungan keduanya. Bila mendekati mungkin, bisa diganti.

Kalau melenceng terlalu jauh lebih baik jangan. Karena, mereka jauh lebih mengerti apa yang dibutuhkan tubuh. Karena, ada beberapa program yang disampaikan membuat masalah di beberapa organ.

Hal ini dikarenakan kurangnya nutrisi akibat pengurangan makan setiap hari. Terutama soal lemak. Konsultan diet tetap memperbolehkan Anda untuk menikmatinya. Hanya saja porsinya harus dilihat dulu seperti apa.

Jangan berlebihan dan terlalu banyak bisa jadi, program diet tersebut akan gagal atau mungkin berantakan. Susahnya lagi, harus diulang dari awal sehingga, semuanya sia-sia. Memang menjalankan program tersebut susah.

Karena, konsumsi paling banyak adalah buah dan sayur. Hal ini disebabkan mengurangi kadar karbo serta glukosa yang jadi pemicu utamanya. Kedua bahan tersebut banyak serat membuat rasa lapar dapat dicegah.

Modifikasi Diet Agar Tubuh Lebih Sehat

Dalam prosesnya setiap konsultan akan menjalankan beberapa kali konseling. Bahkan, sering juga memodifikasi pola diet karena, memang hal itu sangat dibutuhkan. Setiap orang memodifikasinya dengan langkah berbeda.

Tujuannya adalah memantau status gizi mereka. Apakah dalam keadaan baik atau tidak. Selain itu, setiap pasien juga diberikan motivasi agar penerapan pola hidup sehat tetap berjalan walau sedang melakukan program.

Biasanya, konsultasi dilakukan selama beberapa kali. Setiap pertemuan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mulai dari penurunan yang terjadi berapa dan apakah kebutuhannya masih terpenuhi atau harus ditingkatkan.

Dari pemeriksaan ini juga diketahui, apakah pasien menjalankannya sesuai perintah atau masih lupa. Karena, progres bisa dicatat sehingga, para ahli bisa memantaunya secara intens. Bahkan, mereka juga berkoordinasi dengan ddokter di mana batasan diet tersebut akan dilakukan. Jadi, saat berat sudah ideal, maka penghentian programnya bisa segera dilakukan. Dari situ juga akan diberikan tambahan resep untuk mempertahankannya.

Baca Juga:  Tentang Ahli Gizi: Perannya Sangat Penting Dalam Manajemen Nutrisi

Pilihannya juga sudah diatur sedemikian rupa. Tidak hanya bisa dikonsumsi oleh pasien saja. Anggota keluarganya juga bisa. Hanya saja, disarankan untuk konsultasi dulu karena, kebutuhannya pasti berbeda satu sama lain.

Menurunkan berat badan sangat penting bagi kesehatan. Efeknya cukup signifikan karena, menghindarkan diri dari bahaya penyakit kronis. Peran ahli gizi memang sangat penting agar tubuh tetap sehat sepanjang hari.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments