HOME / Berat Badan / Waktu yang Tepat untuk Olahraga Mengecilkan Perut Agar Efektif

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Mengecilkan Perut Agar Efektif

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Mengecilkan Perut Agar Efektif
Waktu yang Tepat untuk Olahraga Mengecilkan Perut Agar Efektif

Memilih waktu yang tepat untuk olahraga mengecilkan perut menjadi sebuah problematika tersendiri. Pasalnya, menentukan waktu yang tepat cukup berperan penting dalam efektivitas hasil dari olahraga yang Anda lakukan. Jangan sampai gerakan olahraga yang sudah capek-capek Anda lakukan malah tidak berdampak signifikan.

Tentu Anda tidak ingin membuang waktu dan tenaga untuk hasil yang tidak seberapa. Lemak perut tetap menggunung padahal sudah melakukan berbagai gerakan olahraga. Oleh karena itu, Anda perlu memilih kapan waktu yang pas untuk olahraga mengecilkan perut.

Pagi Hari

  • Satu Jam Setelah Makan

Untuk Anda yang tidak dapat menahan diri dari rasa lapar, jika ingin berolahraga di pagi hari maka pastikan kondisi perut Anda sudah terisi. Tapi, jangan langsung melakukan olahraga selepas sarapan, ya! Karena bisa mengakibatkan perut sakit, mual dan muntah.

Melakukan kegiatan olahraga membutuhkan sejumlah besar tenaga yang akan menguras energi. Ketika tubuh lelah dan perut dalam keadaan kosong, maka yang terjadi adalah meningkatnya rasa lapar.

jogging

Efek dari kondisi tersebut akan membuat Anda justru makan lebih banyak setelah berolahraga. Jadi, waktu yang pas untuk olahraga mengecilkan perut buncit adalah satu jam setelah makan di pagi hari. Selepas berolahraga Anda tidak akan merasakan dorongan untuk makan lebih banyak karena energi tubuh sudah terisi.

  • Sebelum Sarapan

Olahraga untuk mengecilkan perut berlemak dapat Anda lakukan saat perut dalam kondisi kosong. Melakukan gerakan olahraga saat perut kosong akan membuat cadangan lemak dalam tubuh terpakai dengan baik. Karena energi yang Anda keluarkan saat berolahraga berasal dari pemecahan cadangan lemak.

senam

Namun, kondisi perut yang kosong dan aktivitas fisik yang berat akan membuat Anda merasa sangat lapar. Di sinilah perlu keteguhan diri untuk melawan dorongan makan secara berlebihan agar olahraga yang sudah Anda lakukan lebih efektif.

Baca Juga:  Berat Badan Ideal Pria Yang Harus Diketahui (Sebelum Alami Obesitas)

Berolahraga setiap pagi bukan hanya baik untuk kesehatan, tapi juga dapat menekan produksi hormon kortisol penyebab stres yang muncul di pagi hari. Sehingga, berolahraga di pagi hari akan membuat Anda lebih bahagia dan positif sepanjang hari. Karena olahraga dapat merangsang peningkatan produksi serotonin dan sekresi dopamin yang dapat mengurangi stres atau depresi.

Sore Hari: Pukul 15.00-17.00

Sore hari bukan hanya bagus untuk mengecilkan perut, tapi juga merupakan waktu olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Pada rentang waktu pukul 15.00-17.00 terjadi peningkatan hormon adrenalin dan suhu tubuh. Hal ini membuat kerja jantung dan tekanan darah dalam kondisi stabil.

Dengan kondisi biologis tersebut tentu akan membuat olahraga yang Anda lakukan jadi lebih bersemangat dan menyenangkan. Anda memiliki pompa energi yang cukup untuk menghancurkan lemak perut yang membandel.

basket

Namun ada satu hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin melakukan olahraga di sore hari yaitu lakukan gerakan ringan dan cukup 10-20 menit saja. Sebab, pada rentang waktu ini kondisi paru-paru sedang lemah. Hindari olahraga di tempat terbuka yang berdebu untuk menjaga ritme dan kesehatan paru-paru Anda.

Itu dia pilihan waktu yang tepat untuk olahraga mengecilkan perut agar hasil yang didapat lebih efektif. Selain waktu yang tepat, Anda juga harus menjaga konsistensi intensitas olahraga agar lemak berlebih di perut cepat musnah.

Sumber:

https://www.gramedia.com/literasi/ketahui-dan-patuhi-ritme-sirkadian-tubuh-agar-fit-selalu/
https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/waktu-olahraga-untuk-turun-berat/
https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-3025167/waktu-olahraga-yang-tepat-untuk-bantu-hilangkan-lemak-di-perut
https://www.halodoc.com/artikel/perlu-tahu-jadwal-kerja-organ-dalam-tubuh
https://health.kompas.com/read/2015/09/25/190000023/Jam.Kerja.Organ.Tubuh.Menurut.Pengobatan.Tiongkok?page=all
https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/jam-biologis-manusia/
https://www.edaweb.id/waktu-yang-tepat-untuk-olahraga-mengecilkan-perut/
https://www.liputan6.com/health/read/3933361/pagi-siang-atau-malam-waktu-yang-tepat-untuk-olahraga-bakar-lemak

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments