HOME / Tips Diet / 4 Menu Makanan Kaya Nutrisi untuk Bantu Pola Hidup Sehat

4 Menu Makanan Kaya Nutrisi untuk Bantu Pola Hidup Sehat

4 Menu Makanan Kaya Nutrisi untuk Bantu Pola Hidup Sehat
4 Menu Makanan Kaya Nutrisi untuk Bantu Pola Hidup Sehat

Anda ingin menerapkan pola hidup sehat, namun khawatir tidak bisa mengonsumsi daging? Mengonsumsi makanan sehat bukan berarti hanya makan sayuran saja. Menerapkan pola hidup sehat artinya Anda harus mengonsumsi menu makanan kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Lantas, apa saja makanan yang kaya dengan nutrisi?

Selain sayur dan buah, 4 rekomendasi makanan bernutrisi tinggi ini cocok untuk Anda yang ingin menerapkan pola hidup sehat.

Salmon

Makanan yang kaya dengan nutrisi pertama adalah ikan salmon. Salmon mengandung protein, kalium, selenium, mineral, magnesium, vitamin B2, dan omega 3 yang tinggi. Hal tersebut membuat ikan salmon menjadi makanan yang paling kaya dengan nutrisi.

Asam lemak omega 3 yang tinggi baik untuk menjaga kesehatan jantung juga otak Anda. Tidak hanya itu, protein juga berfungsi menjaga metabolisme tubuh Anda. Jangan lupakan selenium yang dapat menjaga kesehatan tulang. Itu semua terdapat dalam satu makanan, yakni ikan salmon.

Meskipun harga ikan salmon tergolong mahal, namun setidaknya konsumsilah selama 2 kali seminggu agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Kacang Almond

Kacang almond mengandung protein, serat, mineral (magnesium, kalsium, kalium, riboflavin), serta vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker dan batu empedu, juga menjaga kestabilan berat badan.

Selain itu, almond juga mengandung indeks glikemik rendah yang dapat mengatur gula darah, terutama bagi penderita diabetes. Meskipun almond mengandung banyak lemak, namun sebagian besar lemak yang dikandung adalah lemak tak jenuh tunggal sehingga masih aman untuk dikonsumsi.

Beberapa peneliti menganjurkan memakan kacang almond lebih baik langsung bersama kulitnya karena kulit almond mengandung 20 senyawa antioksidan kuat berupa flavonoid yang dapat menekan kolesterol dan inflamasi pada tubuh.

Baca Juga:  5 Jenis Menu Makan Siang untuk Diet yang Sehat dan Enak

Meskipun menyehatkan, namun jika Anda mengonsumsi kacang almond secara berlebih dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga berat badan yang bertambah. Itulah sebabnya kacang almond sebaiknya dikonsumsi satu ons atau 23 biji per harinya.

Ubi

Jika Anda hanya mengonsumsi ubi rebus tanpa garam selama satu hari, Anda tidak perlu khawatir karena ubi rebus sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Bahkan hanya dalam takaran 100 gram, ubi sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin Anda. Mulai dari vitamin A, B6, C, hingga mineral berupa mangan, kalium, hingga serat.

Oleh karena itu, ubi termasuk ke dalam jajaran makanan dengan nutrisi melimpah. Selain itu, manfaat yang Anda dapatkan bila mengonsumsi ubi adalah dapat menjaga kesehatan mata, menjaga fungsi otak, dan memperlancar pencernaan.

Rumput Laut

Makanan bernutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh yang terakhir adalah rumput laut. Meskipun rendah kalori dan juga serat, namun rumput laut mempunyai segudang nutrisi, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral (mangan, yodium, kalium, folat, zat besi, dan kalsium) dalam jumlah yang tinggi.

Selain itu, rumput laut juga mengandung antioksidan yang pastinya mempunyai segudang manfaat, yakni meningkatkan kesehatan jantung, menstabilkan gula darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, hingga menurunkan risiko kanker tertentu.

Meskipun mempunyai segudang manfaat, namun sayangnya rumput laut tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan. Anda harus mengonsumsi maksimal sebanyak 4 gram dalam sehari karena rumput laut juga mengandung yodium yang dapat menyebabkan gangguan tiroid jika dikonsumsi secara berlebihan.

Apa pentingnya memakan makanan yang kaya nutrisi?

Alasan pentingnya memakan makanan yang kaya nutrisi adalah untuk membantu menerapkan pola hidup sehat. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan pola yang tepat, maka dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan lainnya.

Baca Juga:  Manfaat Mengkonsumsi Makanan Sehat Dalam Menjaga Badan Tetap Fit

Selain itu, jika Anda mengonsumsi menu makanan kaya nutrisi dan tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang baik, maka aktivitas fisik dan juga suasana hati Anda akan ikut membaik sehingga Anda bisa menjalani hidup sehat yang lebih berkualitas.

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-manfaat-sehat-mengonsumsi-rumput-laut
https://www.idntimes.com/health/fitness/nur-khalimah/makanan-bergizi-untuk-memenuhi-kebutuhan-nutrisi-tubuh-setiap-hari-c1c2/9/full
https://www.halodoc.com/artikel/konsumsi-makanan-bergizi-dan-bernutrisi-untuk-hidup-sehat
https://jovee.id/manfaat-ikan-salmon-6-alasan-kenapa-harus-mengonsumsinya/
https://jovee.id/rekomendasi-5-makanan-kaya-nutrisi-untuk-tubuh-sehat/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments