HOME / Tips Diet / Ketahui Cara Jogging yang Benar Sebelum Memulainya

Ketahui Cara Jogging yang Benar Sebelum Memulainya

Ketahui Cara Jogging yang Benar Sebelum Memulainya
Ketahui Cara Jogging yang Benar Sebelum Memulainya

Penyuka olahraga menurunkan berat dan mudah umumnya pernah mencoba olahraga Jogging. Jogging adalah salah satu bentuk latihan fisik dengan berlari pada kecepatan yang ringan dan nyaman, sesuai kebutuhan seseorang. Agar bisa memperoleh manfaat yang tepat, ketahui cara jogging yang benar terlebih dulu.

Tidak semua joggers atau runners yang memperhatikan cara jogging yang baik dan benar, tidak jarang pula hal ini luput dari perhatian. Padahal, cara yang tepat akan membantu Anda menikmati waktu jogging dengan lebih nyaman, meminimalisir cedera serta mengoptimalkan performa dan stamina fisik.

Yuk, perhatikan dan persiapkan beberapa hal mendasar tentang jogging sebelum mengambil start hari ini lewat artikel ini.

Sebelum Jogging

Beberapa hal mendasar yang penting untuk Anda siapkan sebelum mulai jogging diantaranya adalah :

Memilih peralatan jogging : walaupun tergolong olahraga aerobik dengan alat yang sangat minim, tetapi sepatu memegang peranan khusus untuk jogging. Sepatu yang tepat dengan kontur kaki akan membantu mengurangi resiko cedera.

Memilih tempat : Anda perlu memilih medan untuk berjogging, bisa di area outdoor, atau dengan menggunakan treadmill. Pilih salah satu yang sesuai dengan cuaca, waktu, kondisi fisik dan lingkungan yang membuat Anda nyaman.

Jika Anda pemula, pilih jarak yang tidak terlalu jauh, dengan rute landai dan mudah sehingga Anda dapat menikmati kegiatan ini dengan nyaman.

Hindari makan berat : sebelum jogging, hindari makan makanan berat setidaknya 2 jam sebelum memulai aktivitas ini untuk membantu menghindari side aches / side stitches (nyeri di bagian samping tubuh) ketika berlari.

Pemanasan : pemanasan atau warm-up adalah satu satu teknik jogging yang benar. Hal ini berfungsi untuk membantu tubuh, terutama jantung, beradaptasi dengan aktivitas fisik Anda. Anda dapat memulai jogging dengan berjalan selama beberapa menit, kemudian menambah kecepatan perlahan dan lepas landas.

Baca Juga:  Inilah Aktivitas Sehat Yang Bisa Membantu Menaikkan Berat Badan

Saat Jogging

Ketika Anda telah menaikan kecepatan dari berjalan kaki hingga lepas landas untuk jogging yang sebenarnya perhatikan hal-hal berikut ini :

Mulai dengan pace (kecepatan) perlahan : jangan langsung mainkan gas Anda di awal jogging. Tubuh Anda perlu adaptasi secara bertahap, dan ketergesa-gesaan untuk jogging dengan kecepatan tinggi malah akan mendatangkan resiko timbulnya nyeri atau cedera.

Postur tubuh : ketika berjogging tatapan lurus ke depan hingga kepala tegak dan tidak terkulai. Pertahankan postur badan, dicondongkan sedikit ke depan, tahan otot perut ke arah dalam untuk melatih core stability. Busungkan dada Anda, atur napas Anda sesuaikan dengan irama jogging.

Kepalkan dengan santai telapak tangan, tekuk lengan Anda 90 derajat,  dan ayunkan ke depan dan ke belakang dengan santai, selaraskan dengan langkah kaki dan pinggang agar tubuh tetap terjaga keseimbangannya.

Menapakkan kaki di tanah ketika jogging juga patut diperhatikan. Hindari mendaratkan langkah pada tumit, dan usahakan menggunakan bagian tengah kaki. Menurut Healthline , ini akan membantu kaki mendarat di posisi sejajar pinggul, sehingga Anda tidak mudah lelah dalam berlari.

Mengambil langkah-langkah pendek dan ringan lebih efektif untuk jogging ketimbang langkah panjang dan kuat.

Jika Anda sudah paham dan mempraktekan cara jogging yang baik dan benar, selanjutnya ingat pula untuk memperhatikan sinyal tubuh. Ketika rasanya lelah, jangan paksakan diri untuk menempuh extra-miles karena target.

Menepi dan beristirahatlah sebentar dengan berjalan perlahan, tarik napas dengan ritme yang tenang. Ini juga bisa Anda praktekan jika mengalami side aches.

Sesudah Jogging

Tubuh Anda perlu istirahat. Setelah jogging, istirahatkan kembali tubuh dengan teknik pendinginan agar stamina Anda tetap stabil.

Rutinkan dan jadwalkan : agar tubuh lebih cepat beradaptasi, dan target untuk mempertahankan atau menambah kesehatan fisik, maka jadikan jogging sebagai rutinitas dengan jadwal teratur.

Baca Juga:  Apa yang Dimaksud dengan Makanan Sehat, Fungsi, dan Contoh

Menambah interval dan pace : ketika Anda sudah terbiasa, maka Anda dapat melakukan variasi, baik dengan menambah jarak atau pace secara bertahap.

Memahami dan mempraktekan cara jogging yang benar adalah awal yang baik untuk aktivitas fisik yang hemat biaya dengan banyak manfaat ini. Jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas untuk mendapat lebih banyak insight bermanfaat, dan membuat jogging Anda semakin menyenangkan.

Sumber :

https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/proper-running-form#running-form

How to Start Running >> 8 Jogging Tips for Beginners


https://www.nhs.uk/live-well/exercise/running-tips-for-beginners/

How to Jog Properly With Correct Jogging Way and Techniques in 2020


https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/09/ketahui-manfaat-jogging-pagi-dan-cara-jogging-yang-benar-di-sini
https://www.lemonilo.com/amp/blog/5-teknik-jogging-yang-benar-dan-efektif-untuk-pemula
https://notepam.com/cara-jogging-yang-benar/#Cara_Jogging_yang_Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments