HOME / Berat Badan / Diet Buah? Ini Buah yang Harus Dihindari Saat Diet

Diet Buah? Ini Buah yang Harus Dihindari Saat Diet

Diet Buah? Ini Buah yang Harus Dihindari Saat Diet
Diet Buah? Ini Buah yang Harus Dihindari Saat Diet

Sebagian besar orang menganjurkan makan banyak buah selama diet. Namun, ternyata ada beberapa buah yang harus dihindari saat diet karena dapat menyebabkan diet Anda gagal, lho.

Anda bisa mengkonsumsi beberapa buah dalam jumlah banyak, tapi Anda juga harus membatasi konsumsi beberapa buah ini karena memiliki kadar kalori dan gula yang tinggi.

Buah yang Perlu Dihindari saat Melakukan Program Diet

Berikut beberapa buah yang tidak sesuai untuk diet jika dikonsumsi dalam jumlah besar:

  • Alpukat

Meskipun menjadi sumber lemak yang cukup baik, nyatanya ada sekitar 160 kalori dalam 100 gram alpukat. Kandungan kalori ini cukup tinggi, sehingga mengharuskan Anda untuk membatasi konsumsi Alpukat, terutama saat program diet.

  • Pisang

Kandungan kalori dan gula yang dimiliki pisang terbilang cukup tinggi. Ada sekitar 150 kalori dan 37.5 gram karbohidrat dalam satu buah pisang. Pastikan Anda hanya mengonsumsi satu buah pisang sehari selama program diet Anda.

  • Nanas dan Mangga

Termasuk ke dalam kategori buah tropis, nanas dan mangga sebenarnya tidak memiliki kandungan kalori setinggi pisang dan alpukat, yaitu hanya sekitar 100 kalori. Namun, kadar gula yang kedua buah itu miliki cukup tinggi, sekitar 23 gram.

  • Daging Kelapa

Kadar kalori yang ada di daging kelapa sangat tinggi, yaitu sekitar 280 kalori, dan sebagian besarnya berasal dari lemak. Karena itu, minum air kelapa lebih dianjurkan untuk kesehatan daripada daging kelapa itu sendiri.

  • Buah kaleng

Memakan buah-buahan kaleng sebenarnya aman saat diet, akan tetapi kandungan gula dan sirup di dalamnya sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Memakan buah kemasan seperti itu akan segera menggagalkan diet yang Anda lakukan.

Kalau begitu, apa buah yang bagus untuk diet?

Baca Juga:  5 Olahraga Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu, Ampuh!

Buah Berikut yang Dianjurkan untuk Diet

Tidak usah khawatir. Masih ada banyak beragam buah yang bisa Anda konsumsi selama program diet. Buah yang memiliki kandungan serat tinggi, rendah nilai kalori, dan rendah gula dapat terus Anda konsumsi.

  • Stroberi

Stroberi dapat membantu Anda meningkatkan metabolisme tubuh dan memproduksi hormon yang membakar lemak, karena dalam 100 gram stroberi hanya mengandung  sekitar 32 kalori.

  • Jambu Biji

Vitamin C yang ada di dalam jambu biji penting untuk membakar lemak dalam tubuh. Dalam 100 gram jambu biji hanya mengandung sekitar 68 kalori.

  • Kiwi

Buah kiwi juga memiliki kadar vitamin C yang lumayan tinggi untuk membantu pembakaran lemak. Selain itu, kiwi juga dapat mengontrol kadar gula darah dan mengandung serat tinggi yang akan membantu Anda menurunkan berat badan.

  • Pir

Pir mengandung banyak vitamin C. Anda akan merasa kenyang lebih lama karena serat yang ada dalam buah pir, sehingga bagus untuk mengontrol nafsu makan Anda.

  • Melon

Melon merupakan buah yang kaya akan serat dan juga mengandung antioksidan. Dalam 150 gram buah melon, kandungan kalorinya hanya sebesar 45 kalori. Kadar air yang dimiliki melon juga cukup tinggi, sehingga dapat menjaga Anda tetap terhidrasi.

  • Pepaya

Buah pepaya memiliki banyak serat dan dapat membantu melancarkan pencernaan. Buah pepaya akan Anda butuhkan saat sedang menjalani program diet. Kelancaran sistem pencernaan juga berpengaruh dalam proses diet Anda.

Pada dasarnya buah apa saja baik karena masing-masing memiliki kandungan gizi. Makan buah banyak saat diet sangat bagus. Namun, agar diet yang Anda lakukan berjalan dengan mulus, lakukan pembatasan konsumsi beberapa buah yang berkalori dan berkandungan gula tinggi.

Baca Juga:  Berat Badan Ideal anak Menurut WHO Berdasarkan Usianya

Konsumsi berlebihan pada setiap buah juga akan memiliki efek tersendiri kepada tubuh. Pastikan dan atur porsi makan buah Anda dengan baik agar hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Setelah mengetahui daftar buah yang harus dihindari saat diet, mulai sekarang mari atur dan batasi. Semoga bermanfaat!

Sumber :

https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/nutrisi/buah-yang-harus-dihindari-saat-diet/
https://today.line.me/id/v2/article/P5mzjV
https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00218981.html
http://blog.sayurbox.com/7-buah-yang-bagus-untuk-diet/
https://kesehatan.kontan.co.id/news/inilah-11-buah-buahan-penurun-berat-badan-pas-dikonsumsi-jika-sedang-diet-karbo?page=all

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments