HOME / Berat Badan / 5 Jenis Minuman Penambah Imun Tubuh

5 Jenis Minuman Penambah Imun Tubuh

5 Jenis Minuman Penambah Imun Tubuh
5 Jenis Minuman Penambah Imun Tubuh

Imunitas tubuh sangat penting apalagi saat pandemi seperti sekarang. Apa yang Anda konsumsi bisa jadi penambah imun tubuh. Minuman dibawah ini terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu harganya terjangkau dan mudah untuk Anda dapatkan. Pengolahannya tidak rumit. Tak hanya sekedar meningkatkan imun juga bermanfaat bagi kecantikan dan organ tubuh lainnya.

  1. Teh Hijau
Teh Hijau
Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman penambah imun tubuh. Rasanya memang cenderung lebih pahit ketimbang teh jenis lainnya. Walaupun demikian teh hijau mengandung antioksidan tinggi yakni pada zat polifenolnya.

Teh hijau juga memiliki sifat antijamur dan antivirus sehingga baik untuk menghalau penyakit. Selain itu manfaat teh hijau bisa menurunkan berat badan Anda. bagi kecantikan teh hijau mampu mengatasi penuaan dini.

Misalnya saja menghilangkan garis halus, menyamarkan keriput dan tanda penuaan dini lainnya. Konsumsi teh hijau sama dengan mencegah tubuh terkena diabetes. Minuman ini juga baik untuk kesehatan jantung Anda.

  1. Jus Buah Bit
jus buah
Jus Buah Bit

Buah penambah imun tubuh ini memiliki kandungan vitamin C, riboflavin, kalium, zat besi, thiamin, fosfor, natrium, niasin dan masih banyak lagi lainnya. Dalam buah bit terdapat zat nitrat berfungsi menjaga kebugaran tubuh.

Buah ini juga sangat direkomendasikan untuk lansia. Pasalnya kandungan nitrat pada buah bit bisa meningkatkan kesehatan otak khususnya pada fungsi kognitif.

Berdasarkan jurnal Nutrients pada 2013 silam menyatakan serat pada buah bit bisa mengatasi sembelit hingga wasir. Kekurangan serat bisa berakibat asam lambung, penyakit jantung bahkan GERD.

Buah bit juga terpilih sebagai buah yang mampu mengatasi peradangan. Tekanan darah lebih terkontrol bila rutin mengkonsumsi jus ini.

  1. Air Kelapa
air kelapa
air kelapa

Selain mengkonsumsi makanan penambah imun tubuh, Anda juga perlu minuman yang mampu menghidrasi tubuh. Salah satunya adalah air kelapa muda.

Baca Juga:  Daftar Buah Penambah Berat Badan yang Mudah Didapat

Kandungan vitamin B khususnya B6 pada air kelapa muda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air kelapa muda juga ampuh menangkal racun dan menambah energi.

Air kelapa muda merupakan minuman dengan kalori yang rendah. Vitamin C yang ada pada minuman ini mampu menjaga sistem metabolisme tubuh. Air kelapa muda maupun kelapa tua sama-sama berdampak positif bagi tubuh.

Kandungan serat paling banyak ada pada kelapa yang lebih tua. Serat ini sangat Anda butuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan.

  1. Kunyit
Kunyit
Kunyit

Berdasarkan jurnal PLOS ONE yakni Public Library of Science menyatakan kunyit mengandung curcumin. Senyawa inilah yang berfungsi sebagai anti inflamasi sehingga imunitas tubuh selalu terjaga.

Tak hanya itu saja fungsi curcumin pada kunyit. Minuman ini menurut penelitian bisa mengatasi perut yang sedang kembung atau nyeri ketika menstruasi.

Kunyit juga bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah. Bila sedang maag maka minum kunyit bisa menjadi obat yang tepat. Minuman ini bisa jadi penawar racun dan meredakan peradangan usus.

  1. Yogurt
Yogurts
Yogurts

Terakhir ada yogurt yang merupakan fermentasi susu. Selain baik untuk imunitas yogurt juga menyehatkan tulang. Yogurt bisa Anda kombinasikan dengan berbagai jenis buah-buahan.

Yogurt kaya akan vitamin D sehingga bagus untuk menangkal virus maupun bakteri. Di dalam yogurt juga mengandung protein dan probiotik sehingga sistem pencernaan selalu terjaga.

Jika sedang mengalami diare, radang usus maupun konstipasi maka minum yogurt bisa jadi solusinya. Tekstur yogurt sangat lembut dengan rasa asam yang dominan. Yogurt juga sering jadi bahan campuran makanan untuk roti.

Dengan mengkonsumsi minuman  penambah imun tubuh diatas sama dengan menjaga stamina tubuh. Tidak lupa konsumsi makanan bergizi lainnya.

Sumber :

Baca Juga:  Diet Buah? Ini Buah yang Harus Dihindari Saat Diet

https://www.halodoc.com/artikel/apa-saja-minuman-yang-bisa-tingkatkan-daya-tahan-tubuh
https://www.halodoc.com/artikel/apa-manfaat-mengonsumsi-yoghurt-untuk-kesehatan
https://kesehatan.kontan.co.id/news/bisa-meningkatkan-sistem-imun-tubuh-ini-5-manfaat-teh-hijau
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-bit/
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210713095517-262-666888/7-manfaat-air-kelapa-muda-untuk-kesehatan/2
https://www.alodokter.com/beberapa-manfaat-yogurt-yang-bisa-didapat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments