HOME / Tips Diet / Apakah Diet Boleh Makan Mie Instan? Berikut Penjelasannya

Apakah Diet Boleh Makan Mie Instan? Berikut Penjelasannya

Apakah Diet Boleh Makan Mie Instan? Berikut Penjelasannya
Apakah Diet Boleh Makan Mie Instan? Berikut Penjelasannya

Mie instan merupakan makanan yang sudah sangat terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Ada banyak kelebihan mie instan seperti harganya yang murah, mudah membuat, hingga rasa yang enak. Tetapi apakah diet boleh makan mie instan meski dalam bentuk cheating day?

Nutrisi dalam Mie Instan

Mie instan tergolong ke dalam makanan yang mengandung kalori tinggi yang berasal dari karbohidrat atau lemaknya. Misalnya ada sebanyak 340 kalori Indomie kaldu ayam setiap bungkusnya. Memang ada beberapa jenis mie yang rendah kalori, tetapi kandungan makronutriennya juga rendah.

Varian lain mie instan seperti Mi Goreng juga punya kandungan 17 gram lemak, 52 gram karbohidrat, serta 8 gram protein. Jadi sebaiknya jangan coba untuk makan mie goreng saat diet karena bisa menambah berat badan.

Kalori dalam mie terdiri dari karbohidrat serta lemak yang nantinya akan berpotensi menambah berat badan Anda. Mie instan punya kandungan protein rendah sehingga tubuh akan semakin mudah mengalami retensi lemak.

Beberapa mie hadir dengan opsi bungkus lebih besar atau porsi double yang akan menambah kandungan kalori menjadi dua kali lipat. Beberapa jenis mie instan memang menargetkan produk yang lebih sehat seperti perubahan bahan baku atau pengurangan sodium dan lemak.

Kalori dalam mie memang tergolong lebih rendah daripada jenis pasta, seperti spageti misalnya. Tetapi hal ini tidak merubah fakta bahwa mie punya kandungan serat serta protein rendah. Jadi makan mie goreng saat diet atau mie instan lainnya hanya akan memberi rasa lapar lebih cepat.

Di Indonesia sendiri, beberapa mie instan punya kandungan tambahan seperti vitamin serta mineral. Di sisi lain ada kandungan seperti propilen glikol, sodium, dan ekstrak jagung yang kurang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebih.

Baca Juga:  10 Makanan yang Tidak Bikin Gemuk, Cocok Buat Camilan Diet

Kebutuhan Kalori Per Hari

Dalam diet, penting untuk menghitung kalori yang tubuh butuhkan setiap harinya agar bisa sukses menurunkan berat badan. Idealnya, satu hari manusia membutuhkan kalori sebanyak 12 kali lipat dari berat badannya.

Kandungan MSG dalam Mie Instan

Hampir semua mie instan menggunakan monosodium glutamate (MSG) sebagai bahan baku pembuatannya. Bahan ini bisa menambah cita rasa dari mie, tetapi juga menciptakan rasa ketagihan jika dikonsumsi terus-menerus.

Beberapa penelitian menemukan bahwa MSG berhubungan langsung terhadap kenaikan berat badan. Efek MSG bagi kesehatan juga masih kontroversial hingga sekarang, banyak menganggap ini berbahaya dan beberapa yang lain tidak.

Konsumsi Mie Instan dan Diet yang Buruk

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan konsumsi mie instan berhubungan dengan buruknya kualitas diet. Asupan mikronutrien pada seseorang memang mungkin meningkat, tetapi mengalami penurunan di aspek lain. Nutrisi seperti vitamin, protein, berikut kalsium juga diketahui mengalami penurunan.

Penelitian lain juga menunjukkan adanya kelebihan asupan natrium serta kalori yang tidak baik untuk tubuh. Ada risiko sindrom metabolik yang lebih besar pada konsumen mie instan dan ini berhubungan dengan penyakit jantung dan diabetes.

Penelitian yang memperhatikan hubungan status vitamin D dengan konsumsi mie instan juga memberi hasil buruk. Ada kecenderungan asupan vitamin D yang menurun seiring dengan konsumsi mie instan.

Konsumsi mie instan juga erat kaitannya dengan obesitas dan gaya hidup buruk serta konsumsi minuman manis. Jadi, apakah Indomie bikin gemuk? Jawabannya adalah berpotensi menambah berat badan, sama seperti konsumsi mie instan lain.

Mie memiliki banyak sekali kandungan mikronutrien dan terlalu berlebihan untuk dikonsumsi selama diet. Jadi, apakah diet boleh makan mie? Sebenarnya boleh selama melakukan penghitungan terhadap asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga:  Cara Jitu untuk Meraih Berat Badan Ideal

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/instant-noodles#TOC_TITLE_HDR_10
https://www.medcom.id/rona/kesehatan/8Ky597zK-dampak-mengkonsumsi-mi-instan-saat-diet
https://www.parkwayeast.com.sg/healthplus/article/instant-noodles-health-impact

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments