HOME / Tips Diet / 11 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Diet Karbo

11 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Diet Karbo

11 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Diet Karbo
11 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Diet Karbo

Karbohidrat memang menjadi nutrisi utama yang tubuh perlukan untuk menghasilkan energi. Beberapa orang tetapi harus mengurangi konsumsi karbo untuk tetap menjaga berat badan ideal dan pencegahan penyakit. Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari saat diet karbo:

1. Gandum

Gandum menjadi bahan makanan utama, sering menjadi bahan baku pembuatan roti ataupun makanan lain. Biji gandum dalam satu cangkir saja mengandung karbohidrat tinggi yaitu 39,41 gram. Ada pula kandungan lain seperti protein, beberapa mineral, dan serat cukup tinggi.

2. Sereal

Beberapa orang memilih untuk memulai hari dengan menikmati semangkuk sereal bersama dengan susu. Meskipun ini tampak sehat ternyata masih ada kandungan karbohidrat besar di dalam makanan tersebut. Jumlah karbohidrat di dalamnya bisa setara dengan sepiring kentang goreng.

3. Ubi Manis

Banyak olahan makanan menggunakan ubi manis sebagai bahan utamanya baik dalam olahan tepung atau dalam bentuk ubi. Ubi menjadi salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang harus dihindari saat diet karena satu umbinya mengandung hingga 23.61 gram karbohidrat.

4. Beras Putih

Kandungan karbohidrat nasi putih cukup tinggi meski kerap hadir di setiap kali makan di Indonesia. 100 gram beras putih mengandung hingga 28 gram karbohidrat, jumlah cukup banyak yang perlu dihindari saat diet karbo.

5. Jagung

Anda harus menghapus jagung dari menu diet karbohidrat seminggu karena kandungan karbonya yang tinggi. Sebanyak 100 gram jagung saja ternyata mengandung 25 gram karbohidrat, cukup banyak untuk diet. Di sisi lain, jagung memiliki kandungan vitamin C, protein, serta esensial untuk kadar gula darah.

6. Oat

Oat sebenarnya punya peran cukup sentral untuk kesehatan tubuh, tetapi tidak untuk orang dengan diet karbohidrat. Dalam secangkirnya ada kandungan sebanyak 27 gram karbo dan juga 5 gram protein serta 4 gram serat.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kalori untuk Diet Secara Simpel dan Praktis

7. Kentang

Makanan karbohidrat tinggi yang harus dihindari saat diet selanjutnya, yaitu kentang. Satu buah kentang berukuran medium mengandung 47 gram karbohidrat jadi memang perlu menghapusnya dari makanan harian diet karbo.

8. Bir

Minuman yang harus dihindari saat diet karbo salah satunya adalah bir atau alkohol lainnya. Dalam satu kaleng bir ada kandungan 13 gram karbohidrat cair yang bisa menambah berat badan. Karbohidrat cair tidak membuat tubuh menjadi kenyang sehingga menyebabkan seseorang makan lagi makanan lainnya

9. Pisang

Buah pisang menjadi buah yang tersedia di hampir seluruh toko buah ataupun supermarket dan mungkin sering Anda konsumsi. Satu pisang berukuran sedang punya kandungan karbohidrat sebanyak 26,95 gram, mirip seperti ubi jalar. Akan tetapi kandungan potasium dalam pisang punya banyak manfaat untuk tubuh.

10. Apel

Buah populer lain yang ternyata memiliki cukup banyak karbohidrat dalam satu buahnya yaitu apel. Apel dengan ukuran medium mengandung 25,13 gram karbohidrat, beberapa vitamin, dan serat. Penelitian menemukan bahwa apel juga dapat membantu perempuan mengurangi risiko terkena kanker.

11. Kacang Merah

Selanjutnya ada makanan kacang yang tergolong ke dalam salah satu bahan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah besar. Terdapat 21 gram karbohidrat dalam kacang merah sebanyak satu cangkir saja. Di luar itu, kacang merah punya kandungan protein, serat, potasium, serta zat besi yang esensial.

Masih ada beberapa makanan yang harus dihindari saat diet karbo lainnya, seperti roti, cake, yoghurt, biskuit, hingga kue muffin. Diet karbo menjadi penting saat ini utamanya untuk tetap menjaga berat badan tubuh agar tidak obesitas.

Sumber:

https://cantik.tempo.co/read/1478661/olahraga-selena-gomez-untuk-jaga-tubuh-tetap-bugar-pilates-hingga-kardio
https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-carbs#1
https://www.healthline.com/nutrition/14-foods-to-avoid-on-low-carb#TOC_TITLE_HDR_7
https://www.medicalnewstoday.com/articles/323110#high-carb-foods-to-limit-or-avoid

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments