HOME / Tips Diet / 6 Olahraga Meningkatkan Imun dan Kebugaran Tubuh

6 Olahraga Meningkatkan Imun dan Kebugaran Tubuh

5 Olahraga Meningkatkan Imun dan Kebugaran Tubuh
5 Olahraga Meningkatkan Imun dan Kebugaran Tubuh

Selain istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang bergizi, olahraga meningkatkan imun juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengapa olahraga dapat meningkatkan sistem imun? Sebab dengan  berolahraga, dapat memperlancar aktivitas sel darah putih dalam aliran darah sehingga kekebalan tubuh pun tetap terjaga. Berikut beberapa olahraga yang bisa Anda coba.

  1. Bersepeda

Selain menyenangkan, bersepeda ternyata juga termasuk olahraga meningkatkan imunitas tubuh Anda.

Beberapa manfaat dari bersepeda untuk tubuh diantaranya yaitu menurunkan stress, menjaga kesehatan pembuluh darah dan kesehatan otot. Agar lebih optimal, Anda bisa rutin bersepeda sekitar 30 menit setiap hari.

Ketika Anda bersepeda pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu keadaan sepeda serta hati-hati jika Anda bersepeda di jalan raya guna menghindari kecelakaan.

  1. Berlari/jogging

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan menghindari atau mengurangi stres. Nah salah satu olahraga yang bisa membantu menurunkan stres dan meningkatkan ketahanan tubuh yaitu lari/jogging. Berlari dapat merangsang hormon Endorfin atau hormon yang meningkatkan suasana hati.

Selain manfaat di atas, lari juga memiliki manfaat lain seperti membakar kalori, menjaga kesehatan otot dan tulang kaki serta jantung. Sebelum berlari Anda bisa lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mencegah cedera kemudian berjalan selama beberapa menit sebelum dilanjut berlari.

Anda bisa melakukan jogging teratur 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

  1. Yoga

Yoga termasuk olahraga yang meningkatkan imun di masa pandemi corona dan cocok untuk Anda yang kurang suka olahraga di luar ruangan. Olahraga yang meliputi latihan fisik, mental serta spiritual ini sangat baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan mengurangi stres.

Anda tidak harus meluangkan biaya untuk mengikuti kelas yoga karena Anda juga bisa melakukan yoga sendiri di rumah.

Baca Juga:  Program Makan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Dikala Pandemi

Salah satu contoh pose yoga yang bisa dicoba di antaranya tree pose yaitu tubuh berdiri tegak, kemudian menekuk kaki sebelah dan menempelkan  telapak kaki ke paha selama 30 detik dilakukan secara bergantian.

Selain itu, ada beberapa pose lain diantaranya cat-cow, mountain pose dan masih banyak lagi.

  1. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan merupakan metode latihan yang meliputi gerakan yang ditujukan untuk meningkatkan kekuatan serta stamina tubuh Anda. Latihan kekuatan bisa Anda lakukan di gym atau juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Beberapa contoh latihan ini yaitu push up, sit up, pull up, plank dan sebagainya.

Jika masih pemula Anda bisa memilih latihan yang ringan. Dan untuk mencegah cedera, sebelum melakukan latihan ini pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu kurang lebih 5 menit. Anda bisa lakukan latihan ini secara rutin selama 2 kali dalam seminggu.

  1. Berjalan

Sama seperti berlari, berjalan juga dapat mengurangi stres dalam tubuh. Tidak hanya itu, rutin berjalan setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung, paru paru serta mencegah tulang rapuh atau osteoporosis. Anda bisa berjalan rutin setiap hari selama 30 menit untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

  1. Senam aerobik

Senam aerobik umumnya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan pernapasan dan jantung.

Namun senam aerobik memiliki banyak sekali manfaat seperti membakar lemak, meningkatkan stamina, menurunkan stres, menjaga kesehatan jantung serta menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa melakukan senam ini secara rutin di pusat kebugaran atau sendiri di rumah.

Selain berolahraga jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat lain seperti tidak begadang dan mengkonsumsi makanan bergizi.

Itulah beberapa olahraga meningkatkan imun yang bisa Anda lakukan secara rutin. Jika Anda ragu, Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk memilih olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Baca Juga:  5 Jenis Menu Makan Siang untuk Diet yang Sehat dan Enak

Sumber:

https://medshadow.org/3-types-of-exercise-to-boost-your-immune-system/
https://www.kompas.com/sports/read/
2021/06/10/18000068/4-latihan-fisik-untuk-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-atau-endurance?page=all

https://www.halodoc.com/artikel/apakah-rutin-berolahraga-bisa-memengaruhi-imunitas-tubuh
https://www.alodokter.com/seperti-ini-manfaat-dan-cara-latihan-kekuatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments