HOME / Tips Diet / Jadwal Diet untuk Pelajar yang Sehat, Begini Caranya!

Jadwal Diet untuk Pelajar yang Sehat, Begini Caranya!

Jadwal Diet untuk Pelajar yang Sehat, Begini Caranya!
Jadwal Diet untuk Pelajar yang Sehat, Begini Caranya!

Saat ini, para pelajar setingkat SMP atau SMA sudah mulai memperhatikan dan menjaga bentuk tubuh mereka dengan berbagai cara, salah satunya adalah berdiet. Namun, pola diet yang salah akan menimbulkan banyak masalah kesehatan. Maka dari itu ada jadwal diet untuk pelajar seperti Anda, khusus dari permulaan sampai lanjutan.

Konsep diet sendiri bukan mengurangi porsi makan semata, tetapi adalah mengatur pola makan agar sesuai porsi dan jadwal. Para pelajar harus melakukan diet yang sesuai agar tidak berefek buruk pada diri mereka. Remaja seperti pelajar sangat membutuhkan nutrisi dan gizi yang seimbang, karena mereka masih dalam masa pertumbuhan.

Untuk membantu pelajar melakukan diet tanpa membuat khawatir orang tua, berikut rincian jadwal diet pemula dan menu diet untuk remaja yang bisa Anda ikuti.

Waktu untuk mendapatkan asupan bagi orang diet normalnya 3x sehari dengan batasan porsi makan. Ada empat waktu jadwal dan tahapan makan, yaitu sarapan pagi, camilan, makan siang, dan makan malam.

Jadwal Diet yang Tepat

  • Sarapan pagi

Sebagai pelajar, Anda harus sarapan di pagi hari untuk meningkatkan fokus dan energi agar kegiatan di sekolah tidak terhambat. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan jam sarapan. Memilih makanan yang mudah dan cepat dibuat juga cepat dicerna dianjurkan untuk sarapan pagi.

Roti gandum isi selai, yoghurt, telur rebus, telur orak arik, atau sosis panggang ditambah potongan buah dan segelas susu rendah lemak bisa Anda pilih sebagai sarapan. Setelahnya, perbanyak minum air putih daripada minuman lain seperti kopi atau jus buah instan.

  • Camilan yang sehat

Waktu antara sarapan sampai makan siang akan menjadi cukup berat bagi Anda. Kegiatan sekolah sedang berlangsung dengan intens dan sarapan pagi tadi seakan tidak cukup sampai ke jam makan siang. Solusinya, usahakan untuk selalu punya camilan sehat, sehingga dapat mengantisipasi hal ini.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengetahui Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet?

Anda bisa menyimpan makanan berserat tinggi, yoghurt, kacang, atau buah pisang yang dapat dikonsumsi saat lapar datang. Hindari camilan manis dengan kandungan gula.

  • Makan siang yang mengenyangkan untuk re-charge energi

Anda harus memanfaatkan jam makan siang dengan baik, karena energi Anda ke depan bergantung dari makan siang ini. Ganti nasi putih dengan karbohidrat pati yang akan mengisi energi Anda. Agar saat sore hari tidak mengantuk dan lemas, Anda juga perlu mengkombinasikannya dengan protein.

Anda bisa memakan daging sapi, ikan tuna, ikan salmon, ayam tanpa kulit atau protein nabati seperti tempe atau tahu. Anda harus menghindari olahan protein dengan minyak (digoreng) ya. Lebih baik makan makanan yang dikukus atau direbus,

  • Makan malam dengan banyak buah dan sayuran

Anda bisa menikmati pasta atau nasi goreng dan protein lain saat makan malam, tapi pastikan setidaknya setengah dari porsi itu adalah sayuran dan buah. Segelas teh hangat tanpa gula juga bisa menemani makan Anda. Hindari makan di atas jam 7 malam agar tubuh Anda punya waktu untuk mencerna makanan sebelum tidur.

Jalani Diet Sehat tanpa Rasa Bosan

Diet yang baik diawali dengan konsistensi Anda. Namun, bagaimana jika program diet yang Anda jalani membosankan dan membuat Anda ingin berhenti? Maka, solusi di bawah dapat dilakukan agar tidak bosan.

  • Memperbarui menu tiap hari

Menu baru akan menjadi PR harian Anda, terlebih jika melakukan diet untuk remaja 16 tahun ke bawah, ini akan jadi kerjaan baru untuk orang tua. Maka, buat list menu untuk 3 hari, lalu putar menu berdasarkan yang ingin Anda makan. Jangan mengulang menu yang sama di hari berikutnya agar terhindar dari bosan.

  • Buat cheating day time

Cara lain agar Anda tidak bosan, berikan satu hari cheating day tanpa aturan apa makanan yang boleh dimakan dan tidak. Maksimal 1 hari dalam seminggu, dan tetap menghindari minuman dengan gula sebisa mungkin, karena konsumsi gula berlebih akan dengan cepat menggagalkan rencana diet Anda.

  • Lakukan dengan perlahan dan semangat

Hasil diet yang baik adalah ketika target berat badan terpenuhi dan kondisi tubuh sehat. Supaya Anda tidak mudah bosan, lakukan diet dengan perlahan dan tetap semangat. Pikiran akan merespon baik ketika kondisi tubuh Anda juga baik.

Baca Juga:  Makan Sehari Berapa Kali Supaya Lebih Sehat

Jadwal diet untuk pelajar di atas bisa Anda ikuti dengan tetap menyesuaikan kemampuan tubuh. Konsultasikan langsung dengan dokter jika Anda memiliki masalah lambung atau pencernaan lain sebelumnya. Selamat mencoba & semoga bermanfaat!

Sumber:

https://hellosehat.com/parenting/remaja/kesehatan-remaja/rencana-diet-sehat-untuk-remaja/
https://www.halodoc.com/artikel/inilah-makanan-yang-mengandung-protein-nabati
https://id.wikihow.com/Menurunkan-Berat-Badan-Selama-Masa-Sekolah-(untuk-Perempuan)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments