HOME / Tips Diet / Bikin Langsing, Daftar 5 Makanan Rendah Kalori untuk Diet

Bikin Langsing, Daftar 5 Makanan Rendah Kalori untuk Diet

Bikin Langsing, Daftar 5 Makanan Rendah Kalori untuk Diet
Bikin Langsing, Daftar 5 Makanan Rendah Kalori untuk Diet

Sudah mengurangi porsi makanan sehari-hari, tapi berat badan tidak kunjung turun? Jangan-jangan Anda salah memilih makanan. Ingat, salah satu kunci sukses diet bukan mengurangi porsi makanan, tapi memilih makanan sehat yang rendah kalori. Coba konsumsi 5 makanan rendah kalori berikut ini.

  1. Oatmeal

Untuk mengganti nasi putih yang mengandung lebih banyak kalori, Anda bisa coba konsumsi oatmeal. Sumber energi yang satu ini termasuk makanan rendah kalori, tetapi kaya serat. Sehingga tidak hanya mengenyangkan, tapi juga menyehatkan tubuh.

Menariknya, oatmeal juga mampu menyerap air yang masuk ke tubuh secara lebih sempurna.

Kandungan gizi oatmeal juga beragam. Mulai dari lemak jenuh, natrium, zat besi, hingga vitamin A, dan B6. Semua kandungan tersebut berperan penting untuk mempertahankan fungsi tubuh agar terbebas dari penyakit.

Jadi, ingin mengganti nasi dengan oatmeal? Coba sajikan dalam bentuk sereal waktu sarapan pagi atau santap siang.

  1. Kentang

Jika belum terlalu terbiasa memakan oatmeal, Anda bisa mencoba kentang sebagai sumber energi pengganti nasi putih.

Selain kaya karbohidrat, makanan Indonesia rendah kalori juga mengandung banyak zat gizi yang penting untuk kesehatan tubuh. Mulai dari protein, kalium, hingga zat besi dan berbagai vitamin seperti A, C, dan B6.

Ingat, konsumsi kentang dalam keadaan segar yang dimasak dengan cara merebus atau memanggang. Jadi, jangan digoreng dengan minyak goreng yang tak sehat. Kentang goreng justru menghasilkan lemak tinggi yang berbahaya untuk tubuh. Apalagi jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

  1. Sayur

Ingin diet rendah kalori yang menyehatkan? Tentu Anda tidak boleh melewatkan sayur mayur. Hampir semua sayur memiliki kadar kalori yang rendah dan baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga:  Tips Gizi Seimbang Ternyata Mudah Saat Diterapkan

Beberapa contoh sayur rendah kalori di antaranya adalah wortel, kembang kol, mentimun, brokoli, asparagus, serta sayuran hijau seperti bayam.

Semua sayur tersebut kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Contohnya saja wortel yang tinggi vitamin A, B, dan C, serta kandungan kalium dan magnesium. Selain membantu diet, wortel juga efektif menyehatkan mata agar tetap jernih.

  1. Buah Beri

Buah adalah salah satu bahan makanan yang lezat dan menyehatkan, termasuk untuk membantu proses diet. Tapi, jangan asal makan semua jenis buah. Pilih buah rendah kalori yang kaya vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu contohnya adalah semangka dan berbagai jenis buah beri. Mulai dari stroberi, blackberry, dan raspberry.

Menariknya, buah-buahan beri tersebut juga mengandung antioksidan tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas. Rasanya pun lezat, baik saat dimakan langsung maupun diolah menjadi salad atau jus buah segar.

  1. Ikan

Untuk mengganti konsumsi daging ayam atau sapi yang mengandung lebih banyak kalori dan lemak, sebaiknya makan daging ayam. Ikan termasuk makanan rendah lemak yang juga kaya protein tinggi.

Tapi ingat, jangan mengolahnya dengan cara digoreng. Sebaiknya rebus, panggang, atau olah menjadi pepes ikan yang lezat.

Sebagai rekomendasi, coba konsumsi ikan salmon, ikan tuna, serta ikan kod. Jenis ikan ini termasuk yang paling rendah kalori dan mengandung banyak protein untuk memperbaiki jaringan tubuh dan meningkatkan imunitas.

Selain itu, ikan juga mengandung berbagai nutrisi baik lainnya, seperti vitamin B6, B12, serta zat besi dan magnesium.

Ada begitu banyak sumber makanan rendah kalori yang bisa Anda coba. Sebaiknya pilih yang paling Anda suka agar lebih semangat mengonsumsinya setiap hari. Selain itu, tetap penuhi kandungan gizi lainnya dan berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat.

Baca Juga:  Terapkan Pola Makan Diet Yang Benar untuk Hasil Optimal

Sumber:

https://www.sehataqua.co.id/7-makanan-rendah-kalori-kunci-tubuh-ideal/
https://realfood.co.id/artikel/bikin-sehat-ini-11-daftar-makanan-rendah-kalori-untuk-diet/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments