HOME / Ahli Gizi / Jangan Langsung Konsultasi Ke Ahli Gizi Kalau Belum Tahu Dua Hal Ini

Jangan Langsung Konsultasi Ke Ahli Gizi Kalau Belum Tahu Dua Hal Ini

Jangan Langsung Konsultasi Ke Ahli Gizi Kalau Belum Tahu Dua Hal Ini
Jangan Langsung Konsultasi Ke Ahli Gizi Kalau Belum Tahu Dua Hal Ini (Foto: Yaroslav Shuraev)

Sejatinya, ahli gizi adalah salah satu profesi yang sudah pasti tidak asing lagi. Karena, biasanya, jika ingin melakukan program penurunan berat badan, alias diet. Tidak jarang, bahkan sering sekali, banyak orang dan informasi yang menyarankan. Untuk melakukan konsultasi ke ahli gizi terlebih dahulu, sebelum melakukan program diet tertentu. Apakah saat ini kamu sedang mengalami hal tersebut juga?

Kalau iyah, tidak apa-apa. Itu hal yang wajar terjadi, dan dialami. Tapi, kabar buruknya, ada dua hal penting yang belum banyak orang pahami, tentang  ahli gizi itu sendiri. Penasaran dengan apa dua poin penting tersebut? Kalau iyah, silahkan geser artikel ini ke arah bawah, untuk mendapatkan jawabannya. Jangan lupa, untuk dibaca semua pembahasannya secara teliti, supaya tidak ada yang salah nanti. Siap?

Ahli Gizi Itu Apa?

Hal pertama, yang wajib dipahami. Sebelum melakukan konsultasi, ke ahli gizi adalah. Pemahaman tentang ahli gizi itu apa dan siapa. Yah, ibaratnya, jangan sampai, kita membeli kucing di dalam karung. Supaya itu tidak terjadi, berikut ini. Poin-poin, tentang perkenalan apa itu ahli gizi, yang wajib diketahui.

Ahli Gizi Adalah Sebutan Untuk Profesi

Tebakan kamu kurang tepat. Kalau selama ini memiliki pemikiran, kalau ahli gizi itu nama orang. Karena, faktanya, ahli gizi adalah sebutan untuk profesi. Yah, ini sama seperti, dokter, supir, pilot, pramugari,dll. Untuk dapat menjalankan tugas, sebagai seorang tenaga profesional ahli gizi pun. Ada prosesnya, ada juga tata caranya. Biasanya, diawali dengan belajar ilmu terkait dengan gizi di tingkat perguruan tinggi.

Mereka Memang Seorang Yang Ahli

Iyah, serius. Karena, ya, gimana enggak bisa dibilang seorang ahli. Bayangkan, sebelum menjadi ahli gizi resmi, dan bisa membuka layanan konsultasi. Seorang ahli gizi, pasti, sudah dibekali wawasan dan pengetahuan terkait seluk beluk gizi. Bahkan, hubungan antara makanan dan zat gizi serta berbagai penyakit pun dipelajari. Eh, satu lagi, ahli gizi juga, punya pengalaman yang tidak bisa dianggap ringan.

Baca Juga:  Beda Nutrisionis dan Dietisien? Banyak Yang Belum Paham Bedanya

Membantu Memberikan Solusi

Ahli gizi itu, bisa dibilang gerbangnya solusi dari masalah gizi. Kenapa bisa begitu? Yah, karena konsultasi tadi. Pada saat ada orang, yang melakukan konsultasi ke ahli gizi. Mereka akan diberikan arahan dan bimbingan, terkait  hal hal apa saja yang perlu dilakukan, untuk memperbaiki suatu permasalahan gizi. Tapi, selain konsultasi.  Ahli gizi juga, biasanya, akan melakukan penyuluhan, asuhan, dan penelitian gizi.

Apakah Ahli Gizi Itu Penting?

Memahami, apakah ahli gizi itu penting. Bisa jadi hal kedua, yang wajib dipahami, sebelum konsultasi ke ahli gizi. Karena, jangan sampai, kamu sudah mengorbankan waktu dan biaya, untuk konsultasi ke ahli gizi, tapi itu tidak ada arti. Berikut, ada dua keadaan, yang harus dilakukan konsultasi untuk jadi solusi.

Pada Saat Memiliki Masalah Kesehatan

Untuk seseorang, yang memiliki masalah kesehatan. Seperti, penyakit jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, anemia, malnutrisi, diabetes, dll. Melakukan konsultasi ke ahli gizi, terkait dengan perencanaan pola makan seperti apa, yang sesuai dengan keadaan kesehatan tersebut. Harus dilakukan. Ya, dengan harapan, keadaan kesehatan yang awalnya kurang baik. Menjadi, lebaih baik lagi, pastinya. 

Pada Saat Ingin Menurunkan Berat Badan

Untuk seseorang, yang ingin menurunkan berat badan. Melakukan konsultasi ke ahli gizi, memang hal yang disarankan. Karena, selain bisa lebih terjamin dan aman. Pada saat kita melakukan konsultasi, ke ahli gizi, terkait dengan program diet yang akan dijalani. Nantinya, kita akan diarahkan. Program diet apa, makanannya apa saja, bagaimana cara pengolahannya, yang sesuai dengan keadaan kesehatan kita.

Nah, itu dia dua keadaan, yang disarankan. Untuk melakukan konsultasi ke ahli gizi, sebagai cara penyelesaian. Kalau ingin melakukan konsultasi ke ahli gizi, tapi tidak memiliki dua keadaan tersebut bagaimana? Ya, sebetulnya tidak apa-apa. Hanya saja, tolong untuk dipertimbangkan kembali. Perihal waktu dan uang yang nantinya, harus dikeluarkan untuk melakukan konsultasi. Oke?

Baca Juga:  Manfaat Diet untuk Manusia Ternyata Sangat Besar

Sumber:

https://www.alodokter.com/seputar-ahli-gizi-tugas-dan-kondisi-yang-memerlukan-konsultasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments