HOME / Berat Badan / Patut Dihindari! Ini 7 Pola Makan yang Bikin Gemuk

Patut Dihindari! Ini 7 Pola Makan yang Bikin Gemuk

Patut Dihindari! Ini 7 Pola Makan yang Bikin Gemuk
Patut Dihindari! Ini 7 Pola Makan yang Bikin Gemuk

Jika Anda adalah pengidap obesitas atau berat badan berlebih, Anda wajib mengubah pola makan Anda. Jika tidak, maka akan berbahaya bagi tubuh Anda. Anda disarankan untuk mengubah pola makan yang bikin gemuk.

Pentingnya kesadaran menjadi hal yang utama dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Terkadang, beberapa hal yang Anda lakukan justru tidak baik untuk tubuh Anda. Salah satunya adalah menjaga pola makan.

Mungkin, Anda terbiasa makan hanya ketika lapar, menghindari sarapan, atau makan di tengah malam.

Hal-hal tersebut yang justru menyebabkan tubuh memproses makanan tidak pada waktunya, sehingga menyebabkan kegemukan.

Jika selama ini Anda merasa susah menurunkan berat badan atau gampang sekali gemuk, bisa jadi selama ini ada yang salah dengan pola makan Anda. Ada kebiasaan-kebiasaan makan dan minum yang menyebabkan Anda kegemukan.

Berikut beberapa hal pola makan yang bikin Anda gemuk.

  1. Tidak Sarapan

Banyak orang tidak sarapan untuk menurunkan berat badan. Padahal justru dengan tidak sarapan Anda akan makan lebih banyak di siang hari. Disarankan untuk tidak melewatkan sarapan, tubuh Anda butuh asupan protein untuk memenuhi kebutuhan energi.

  1. Makan atau Minum Terlalu Banyak Gula

Teh manis, kopi manis atau minuman manis lainnya adalah minuman yang membuat gemuk. Gula sangat mudah diserap oleh tubuh dan dapat meningkatkan aktivitas enzim yang dibutuhkan untuk pembentukan lemak.

Gula juga dapat merangsang sekresi insulin yang menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh Anda.

  1. Makan Tengah Malam

Mungkin ini salah satu yang biasa Anda lakukan. Lapar di tengah malam, kemudian mengkonsumsi makanan berlemak dan tinggi karbo.

Contohnya adalah nasi goreng atau mie instan adalah makanan yang menyebabkan gemuk jika Anda konsumsi di tengah malam.

Baca Juga:  Diet Buah? Ini Buah yang Harus Dihindari Saat Diet

Jika lapar tengah malam, sebaiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan dan air putih saja. Atau air rendah gula.

Sebisa mungkin Anda membatasi waktu makan malam tidak lebih dari jam 19.00. Cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh dengan tepat. Makanan berlebih yang terlalu larut malam menyebabkan penimbunan lemak pada tubuh Anda.

  1. Jarang Makan, tapi Sekali Makan Langsung Banyak

Itulah mengapa kita memiliki jam makan yang terbagi dalam sehari. Karena pola makan yang tidak teratur menyebabkan sistem pencernaan juga tidak teratur. Makan terlalu banyak dalam satu waktu adalah salah satunya.

Anda juga jadi merasa mengantuk dan malas berkegiatan ketika terlalu kenyang. Daripada makan terlalu banyak dalam satu waktu, mending sering makan dalam jumlah kecil, tapi diimbangi dengan asupan protein. Semisal pagi hari sarapan dengan telur, lalu makan siang dengan ikan.

  1. Ngemil Gorengan dan Aneka Olahan Tepung

Aneka olahan tepung mengandung karbo yang tinggi. Sedangkan makan berminyak seperti gorengan mengandung banyak lemak. Makanan ringan yang sering Anda jumpai itu adalah camilan yang bikin gemuk.

Mengkonsumsi makanan ini setiap hari dapat menyebabkan berat badan naik dan tidak sehat bagi tubuh Anda.

  1. Ngemil Setelah Makan Malam

Setelah makan malam biasanya muncul keinginan untuk ngemil sesuatu yang manis. Anda kemudian makan apa saja tanpa berpikir panjang. Memanjakan lidah yang sudah terlanjur ngidam.

Anda tidak menyadari yang Anda konsumsi adalah makanan tinggi kalori.

Atau terkadang, Anda sengaja makan malam sedikit, karena ingin menutup dengan kudapan manis lainnya. Yang menyebabkan konsumsi makanan jadi menumpuk di dalam tubuh Anda.

Sepotong roti manis, sebungkus snack, soda atau kopi manis. Kemudian Anda tidur sehingga kalori yang Anda konsumsi bertumpuk dan menambah berat badan.

  1. Makan Buah Kebanyakan

Makan buah juga harus bijak. Konsumsi buah yang mengandung tinggi gula juga harus dijaga. Sebaiknya makan buah secukupnya.

Baca Juga:  Ini Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan Secara Sehat

Beberapa contoh pola makan yang bikin gemuk tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda. Mungkin selama ini itulah penyebab berat badan Anda berlebih. Ubah polanya dan penuhi asupan gizi nutrisi yang seimbang, jangan lupa olahraga juga ya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments