HOME / Berat Badan / Makan Malam Jam Berapa Yang Bisa Bikin Gemuk? Baca Ini Sekarang

Makan Malam Jam Berapa Yang Bisa Bikin Gemuk? Baca Ini Sekarang

Makan Malam Jam Berapa Yang Bisa Bikin Gemuk? Baca Ini Sekarang
Makan Malam Jam Berapa Yang Bisa Bikin Gemuk? Baca Ini Sekarang (Foto: JÉSHOOTS)

Makan malam jam berapa, yang bisa bikin gemuk. Bisa jadi petanyaan andalan yang banyak orang tanyakan, terutama untuk orang yang sedang melakukan program diet. Yah, wajar sih, soalnya, katanya, jam makan itu akan berpengaruh ke angka timbangan.  Kalau sudah begitu, pertanyaan seputar, jadinya makan malam berapa yang bisa bikin gemuk, jadi hal yang ditanyakan juga. Betul?

Tidak apa-apa, itu hal wajar. Tenang aja, artikel ini dengan senang hati bisa membantu kamu. Tepat sekali, sesuai yang sudah tertera pada judul. Artikel ini, akan membahas tentang makan malam jam berapa yang bisa bikin gemuk. sebetulnya, informasi tentang ini kan, yang sedang kamu cari-cari bekalangan ini? Jadi yuk, tanpa kamu harus cari artikel lain lagi, kita lanjut ke pembahasan yang inti.

Bukan Masalah Jamnya Tapi Makanannya

Ada satu prinsip dasar, yang wajib kamu pahami. Yaitu, yang bisa jadi penyebab kamu gemuk, pada saat makan malam. Itu bukan karena jam makanannya, tetapi makanan jenis apa yang dimakan di malam jadi penyebab utamanya. Maksudnya bagaimana? Geser ke arah bawah untuk penjelasannya 

Makanannya Berkalori Tinggi

Serius, rata-rata, pada saat malam hari. Makanan yang tersedia, baik di layanan pesan antar ataupun di sekeliling rumah. Biasanya, semua jenis makanannya itu punya kalori yang tinggi. Seperti, martabak manis, nasi goreng, mie goreng, ayam Goreng, ayam bakar, sate, dll. Kebayang dong, kalau siangnya sudah makan tinggi kalori juga, besar kemungkinan akan terjadi kelebihan kalori bukan?

Banyak Pendorong Banyak Makan

Ini enggak kalah penting, untuk diperhatikan. Karena, pada saat kita makan pada malam hari. Akan ada banyak faktor, pendorong untuk kita banyak makan. Entah itu, karena faktor kelelahan, stres alias banyak pikiran, hingga karena bosan jadinya makan. Duh, kalau setiap malam begini terus, gimana angka timbangan enggak naik, orang setiap bosan atau stres, makan jadi pelampiasan.

Baca Juga:  Makanan Berkalori Tinggi Untuk Menambah Berat Badan Yang Mudah

Malam Bukan Waktu Tepat Untuk Makan 

Poin ini, enggak kalah penting nih. Sebetulnya, bisa dibilang, malam hari apalagi larut malam. Bukan waktu yang tepat, untuk kita melakukan makan. Karena, bagaimana pun juga, saat malam hari, metabolisme tubuh akan berjalan lebih lambat. Kalau sudah melatobisme tubuh lambat, otomatis,  kalori yang kamu makan di malam hari. Bisa jadi timbunan lemak. Ngeri-ngerti sedep sekali bukan?

Nah, kira-kira, begitu sih, pembahasan kenapa makan di malam hari tidak disarankan.Tetapi, dengan begitu, bukan berarti kamu tidak boleh melakukan makan malam. Karena, tentu saja, makan malam itu harus dilakukan, tetapi harus di jam yang tepat.  Dan dibawah ini, ada penjelasan, sebetulnya, makan malam jam berapa, yang sehat dan tidak akan membuat gemuk. Berikut pembahasannya:

Makan Malam Jam Berapa Yang Sehat?

Untuk mendapatkan angka, makan malam jam berapa yang sehat versi kamu. Kamu bisa menggunakan rumus, 4-5 jam setelah makan siang, dengan 3 jam sebelum tidur. Maksudnya bagaimana? Begini, jika kamu ingin melakukan makan malam yang sehat. Makan malam yang kamu lakukan, itu harus dilakukan antara jam setelah 3-4 jam makan siang,  dan 3 jam sebelum tidur. 

Kenapa harus begitu? Yah, karena, 3-4 jam setelah makan siang, itu sudah jadi waktu yang pas. Untuk pencernaan, bisa menerima dan memproses asupan setelah makan siang. Waktu 3 jam sebelum tidur juga, jadi waktu yang pas, untuk lambung mencerna seluruh makanan yang kamu konsumsi di malam hari. Sebelum sistem pencernaan istirahat, saat kamu tidur nanti.

Untuk penerapannya bagaimana? Misal, kamu melakukan makan siang sekitar pukul 13.00, dan tidur sekitar pukul 22.00. Berarti, di kasus ini,  jam makan malam sehat versi kamu, sekitar pukul 17.00 sampai pukul 19.00. Tentunya, ini bukan patokan pasti, bisa disesuaikan dengan jam aktivitas kamu seperti apa. Pastikan juga, hidangan makan malam yang kamu konsumsi, tidak tinggi kalori. Oke?

Baca Juga:  Apakah Makan Mie Instan Bikin Gemuk? Temukan Jawabannya Disini

Bagaimana, apakah kamu merasa terbantu, dengan artikel makan malam jam berapa kali ini?

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2020/08/14/163400768/banarkah-makan-setelah-jam-8-malam-bikin-gemuk-?page=all

https://www.ciputralife.com/blog/ternyata-segini-jam-makan-malam-yang-baik-dan-alasannya#:~:text=Kesimpulan,adalah%20antara%20pukul%2017.00%20%2D%2019.00.

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments