HOME / Tips Diet / Cara Mengurangi Lemak Paling Efektif dan Efisien (Tanpa Efek Samping)

Cara Mengurangi Lemak Paling Efektif dan Efisien (Tanpa Efek Samping)

Cara Mengurangi Lemak Paling Efektif dan Efisien (Tanpa Efek Samping)
Cara Mengurangi Lemak Paling Efektif dan Efisien (Tanpa Efek Samping)

Mengurangi lemak sudah mulai populer dikalangan masyarakat hari ini, mengingat semakin banyak juga orang ingin memiliki penampilan menarik. Tentunya penampilan menarik didukung oleh tubuh yang ideal.

Program penurunan persentase lemak tidaklah semudah dibicarakan, menurut parah ahli persentase pria idealnya 21-24%. Dan untuk wanita idealnya 14-17%. Tetapi lebih disarankan melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Kebanyakan orang memiliki masalah kelebihan lemak pada bagian perut, perut buncit seringkali membuat tidak percaya diri. Selain berbicara mengenai penampilan, menghilangkan lemak di perut juga mencegah berbagai macam penyakit.

Berbagai Macam Cara Mengurangi Lemak

Memang ketika mengambil referensi banyak para ahli mereka sudah menemukan cara untuk mengurangi. Tetapi harus selalu konsultasi ke dokter agar bisa menurunkan dengan sehat tanpa efek samping.

1. Perbanyak Protein dan Serat

Tidak banyak diketahui orang sebenarnya protein memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Selain untuk meningkatkan masa otot, protein berfungsi untuk membakar lemak dan mengubahnya menjadi otot.

Dalam hal ini sangat disarankan untuk mengonsumsi protein lebih dari biasanya. Perlu diketahui ikan dan ayam menjadi makanan wajib di konsumsi. Pasalnya kedua hewan ini mengandung banyak protein bermanfaat.

Disarankan juga ketika mengkonsumsi susu gunakan susu rendah lemak. Telur ayam juga menjadi salah satu sumber protein termura. Kebutuhan kalori tubuh orang dewasa yakni 10% sampai 25% setiap harinya.

Tetapi jangan lupakan serat, karena salah satu fungsi serat adalah membuat proses pencernaan lebih lamat. Dengan demikian akan terasa kenyang lebih lama, ini berguna bagi Anda sedang mengurangi kelebihan lemak pada tubuh.

2. Menambah Lemak Sehat

Ketika seseorang sedang menjalani program diet biasanya kebanyakan dari mereka menjauhi lemak. Namun perlu diketahui tidak semua lemak menjadi musuh berat badan. Ada beberapa lemak yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga:  9 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak yang Cocok untuk Diet

Ketika kita mengonsumsi lemak sehat itu sangat berguna bagi tubuh, tetapi tetap jangan mengkonsumsi nya secara berlebih. Jika berlebih tetap saja manfaat yang didapat tidak akan maksimal.

Lemak sehat, omega 3 dan omega 6 menjadi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut dapat ditemukan dengan mudah pada Ikan Salmon, kacang-kacangan, minyak zaitun dan lain sebagainya.

3. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga tentunya sudah diketahi banyak orang sebagai usaha mengurangi kelebihan lemak. Olahraga ringan dan berat tetap akan menjadi kunci untuk fat loss. Tetapi tetap perlu diarahkan oleh trainer atau mentor.

Kardio menjadi salah satu olahraga paling mudah dengan membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan angkat beban. Namun keunggulan angkat beban yakni dalam pembentukan masa otot.

Kedua olahraga tersebut harus dilakukan secara optimal, paling utama adalah harus rutin dan konsisten. Latihan kardio bisa dilakukan sendiri di rumah dengan berlari, bersepeda, berenang atau bahkan berlatih tinju menggunakan samsak.

Selain itu latihan angkat beban juga bisa dilakukan sendiri di rumah jika memiliki peralatannya. Terpenting dari itu semua yakni mengatur jadwal olahraga sebaik mungkin. Agar keinginan mengurangi kelebihan lemak bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat.

Selain itu berikan acuan tertinggi, artinya harus selalu ada peningkatan setiap beberapa pekan. Jika perlu berikan interval intensitas tinggi, tetapi perhatikan kekuatan tubuh Anda jangan sampai malah menjadi menyebabkan efek samping.

4. Menjalankan Program Hidup Sehat

Ketika adanya lemak berlebih itu menunjukan bahwa ada pola hidup tidak sehat dalam keseharian. Pastinya ketika menerapkan hidup sehat tidak akan mengalami hal tersebut, maka hidup sehat menjadi salah satu kuncinya.

Pertama, mengatur pola tidur normal. Artinya tidak begadang ketika di malam hari, karena itu akan berdampak kurang baik pada kesehatan. Menurut para ahli tidur 6 sampai 8 jam dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

Baca Juga:  Apakah Pisang Bagus untuk Diet? Ini yang Perlu Diketahui

Ketika begadang tentunya hormon stres akan bertambah, hal tersebut berdampak pada nafsu makan berlebih. Sehingga jika terus dilakukan akan menyebabkan obesitas atau mengalami berat badan berlebih.

Kedua, Lebih banyak mengkonsumsi air putih. Ini menjadi cara termudah jika ingin menurunkan berat badan dengan mudah. Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan mengeluarkan racun dalam tabuh dan menahan rasa lapar.

Selain berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan menahan rasa lapar, air putih bermanfaat juga untuk kesehatan organ tubuh lainnya. seperti kulit akan terasa lebih lembab dan cerah.

Berikut beberapa cara mengurangi berat badan, tetapi keinginan yang kuat menjadikannya terasa lebih mudah. Mengurangi lemak kini tidak perlu khawatir banyak cara mengatasinya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments