HOME / Tips Diet / Tambahkan 5 Sayuran Rendah Kalori agar Tubuh Sehat

Tambahkan 5 Sayuran Rendah Kalori agar Tubuh Sehat

Tambahkan 5 Sayuran Rendah Kalori agar Tubuh Sehat
Tambahkan 5 Sayuran Rendah Kalori agar Tubuh Sehat

Sayuran rendah kalori perlu dikonsumsi bagi siapa saja agar tetap sehat. Terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Dengan asupan kalori yang rendah, berat badan pun dapat terkontrol.

Tetapi, orang-orang secara umum juga perlu asupan sayuran ini. Manfaatnya yang luar biasa tentu sayang untuk dilewatkan.

Brokoli

Brokoli mengandung 34 kalori dalam setiap 100 gramnya. Sayuran dengan bentuk menyerupai pohon ini diperkaya nutrisi penting. Di dalamnya terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Nutrisi yang ada di dalamnya meliputi serat, fosfor, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan lainnya. Dengan nutrisi melimpah yang dimiliki brokoli, menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan.

Misalnya, brokoli dapat mencegah kanker. Beberapa kandungan seperti vitamin A, C, E, fitonutrien, kalium, dan selenium berperan dalam hal ini. Kandungan tadi berperan sebagai antioksidan dan mencegah tumbuhnya sel kanker.

Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran rendah kalori tinggi serat. Setiap 100 gram bayam mengandung 23 kalori. Sedangkan serat dalam sayuran ini sebanyak 2,2 gram tiap 100 gramnya.

Sayuran hijau ini juga diperkaya berbagai nutrisi lain sehingga berguna untuk kesehatan. Misalnya vitamin, kalium, kalsium, zat besi, dan lainnya.

Salah satu manfaat bayam adalah meredakan peradangan. Antioksidan yang terkandung pada bayam dapat menangkal radikal bebas sehingga mencegah peradangan. Antioksidan ini juga berperan memperkuat kekebalan tubuh.

Bayam juga bermanfaat dalam mencegah anemia. Ini karena bayam merupakan sumber zat besi.

Lebih lagi, bayam dapat mencegah penyakit terkait jantung. Adanya nitrit pada bayam dapat menurunkan tekanan darah. Risiko adanya gangguan pada jantung juga dapat dikurangi.

Kembang Kol

Kembang kol berbentuk seperti pohon layaknya brokoli, tetapi warnanya lebih putih. Sayuran satu ini juga termasuk sayur rendah kalori. Kandungan kalorinya hanya 25 kalori per 100 gram.

Baca Juga:  Apa Itu Nutrisi: Pengertian dan Jenis-jenis Makronutrien

Meski begitu, kembang kol merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi. Kandungannya meliputi karbohidrat, protein, serat, zat besi, fosfor, kalsium, kalium, dan lainnya.

Sayuran ini pun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, sayuran ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Ini karena kandungan serat yang ada di dalam kembang kol.

Kembang kol juga dapat menjaga kesehatan tulang karena mengandung kalsium dan vitamin K. Bahkan, kembang kol juga dapat mencegah penyakit jantung. Ini didukung oleh kandungan sulforaphane. Kandungan tersebut memiliki sifat anti peradangan.

Wortel

Wortel umumnya bisa ditemukan di sup. Sayuran yang umumnya berwarna oranye ini mengandung 41 kalori tiap 100 gramnya. Walaupun rendah kalori, nutrisi yang terkandung dalam wortel tidak main-main.

Sayuran ini mengandung protein, kalium, kalsium, vitamin, folat, dan lainnya. Nutrisi di dalam wortel membuatnya bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya, wortel bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata karena vitamin A di dalamnya.

Sayuran ini bahkan bisa mengurangi risiko kanker karena kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan berperan menghalau efek radikal bebas serta menghambat pembentukan sel kanker.

Tidak hanya itu, risiko penyakit jantung pun dapat berkurang dengan konsumsi wortel. Ini karena kandungan kalium yang menjaga tekanan darah agar normal. Antioksidan dan serat di dalamnya berperan mengontrol LDL atau kolesterol jahat agar tidak menyumbat jantung.

Selada

Selada termasuk sayuran rendah kalori untuk diet. Dalam 100 gram selada bahkan hanya mengandung 14 kalori. Walaupun begitu, sayuran ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sayuran ini dapat mencegah dehidrasi karena tinggi kandungan air. Kandungan airnya bahkan bisa mencapai 96%. Selain itu, antioksidan di dalam selada juga membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Baca Juga:  9 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak yang Cocok untuk Diet

Itulah contoh sayuran rendah kalori yang baik untuk kesehatan. Manfaatnya untuk kesehatan sangat banyak. Konsumsi sayur pun perlu memenuhi setengah dari porsi makan harian agar kesehatan tetap terjaga.

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/10-manfaat-brokoli-anti-kanker-kesehatan-hamil/%3famp=1
https://www.alodokter.com/mengolah-manfaat-bayam-menjadi-hidangan-sehari-hari
https://m.klikdokter.com/amp/3620188/segudang-manfaat-kembang-kol-untuk-kesehatan
https://www.alodokter.com/mengaplikasikan-khasiat-jus-wortel-pada-konsumsi-harian-anda
https://www.alodokter.com/sederet-manfaat-selada-bagi-kesehatan-tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments