HOME / Kebutuhan Protein / 7 Kandungan Gizi Telur Ayam yang Jarang Diketahui

7 Kandungan Gizi Telur Ayam yang Jarang Diketahui

7 Kandungan Gizi Telur Ayam yang Jarang Diketahui
7 Kandungan Gizi Telur Ayam yang Jarang Diketahui

Sebagai salah satu sumber makanan, telur banyak digemari oleh berbagai kalangan. Tidak heran karena kandungan gizi telur memang melimpah. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumi satu butir telur ayam.

Telur terdiri dari bagian putih dan kuning. Keduanya sama-sama bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah sejumlah kandungan dari telur yang bisa Anda dapatkan:

  1. Protein

Berbicara tentang telur, tentu sudah tidak asing lagi bahwa salah satu kandungannya adalah protein. Kandungan protein dalam telur bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi bagian putih dan kuningnya secara bersamaan.

Telur juga memiliki kandungan asam amino esensial dalam rasio yang tepat. Dengan rajin mengonsumsi telur secara rajin, Anda bisa memperoleh beberapa manfaat. Seperti menurunkan tekanan berat badan, menurunkan berat badan, serta mengoptimalkan kesehatan tulang.

Konsumsi telur dengan cukup untuk memenuhi kebutuhan protein Anda secara optimal.

  1. Omega-3

Apakah Anda pernah mendengar tentang trigliserida? Umumnya jika kandungan trigliserida dalam tubuh tinggi, maka risiko terjadinya obesitas atau stroke juga lebih besar.

Nah, asam lemak omega-3 ini mampu mengurangi kadar trigliserida yang ada dalam darah, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit-penyakit tertentu.

  1. Lutein dan Zeaxanthin

Lutein dan Zeaxanthin merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Cocok sekali bagi Anda yang ingin mulai menerapkan kesehatan mata sejak dini. Sebab usia seseorang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan mata sehingga penglihatan akan menurun.

Nutrisi untuk menjaga kesehatan mata memang banyak, dua yang populer adalah lutein dan zeaxanthin. Mengonsumsi dua nutrisi tersebut akan sangat membantu dalam mengurangi degenerasi makula dan mengurangi risiko katarak.

Bagian telur yang mengandung banyak lutein dan zeaxanthin adalah kuning telur. Tetapi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi seluruh bagian telur.

  1. Kolin
Baca Juga:  Apa Arti Imun Booster? Makanan Apa Saja yang Meningkatkan Imun?

Kolin mungkin masih diabaikan oleh beberapa orang, padahal manfaatnya sangat penting untuk tubuh. Biasanya kolin akan dikelompokkan dengan vitamin B, sebagai zat yang berperan penting dalam memproduksi molekul sinyal di otak.

Kolin sendiri berperan dalam banyak hal untuk tubuh, mulai dari menjaga fungsi hati, menjaga kehamilan agar tetap sehat, menjaga kesehatan otak, serta menjaga jantung tetap sehat.

Telur mengandung kolin yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan anggota keluarga.

  1. Meningkatkan Kolesterol HDL

Kolesterol HDL atau high-density lipoprotein merupakan kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. Kadar HDL yang tinggi berfungsi optimal dalam menjaga masalah kesehatan sehingga terhindar dari serangan jantung, stroke, dan berbagai masalah lainnya.

Anda bisa mengonsumsi dua butir telur per hari untuk meningkatkan kadar HDL, sehingga risiko terkena penyakit tertentu lebih berkurang.

Ada beberapa cara mengolah telur yang bisa Anda lakukan. Mulai dari merebus atau menggorengnya.

  1. Karbohidrat

Bukan hanya makan nasi, Anda bisa makan telur sebagai sumber karbohidrat bersama dengan nutrisi lainnya. Meskipun kadar karbohidrat dalam telur hanya sekitar 0,6 gram saja, tetapi sudah cukup untuk mengganjal perut di pagi hari ketika sarapan.

  1. Fosfor

Telur juga mengandung fosfor yang bisa membantu tubuh dalam menjaga tulang secara maksimal. Satu butir telur mengandung 9% fosfor dari yang dianjurkan untuk konsumsi harian.

Telur memang mengandung manfaat yang melimpah, zat gizinya mampu menjaga sistem imun dan melindungi tubuh Anda dari risiko berbagai penyakit.

Konsumsi setiap hari bersama makanan bernutrisi lainnya untuk bisa mendapatkan khasiat dan kandungan gizi telur dengan lebih optimal.

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-health-benefits-of-eggs
https://www.sehatq.com/artikel/nikmati-kandungan-gizi-telur-super-food-yang-padat-nutrisi
https://www.lemonilo.com/blog/kandungan-gizi-telur-bagi-tubuh-yang-jarang-diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments