HOME / Berat Badan / Pola Makan untuk Menambah Berat Badan, Layak Dicoba

Pola Makan untuk Menambah Berat Badan, Layak Dicoba

Pola Makan untuk Menambah Berat Badan, Layak Dicoba
Pola Makan untuk Menambah Berat Badan, Layak Dicoba

Mengatur pola makan tidak hanya bisa untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga bisa untuk menambah berat badan Anda menjadi ideal. Mengatur pola makan untuk menambah berat badan cukup mudah dilakukan.

Salah satunya adalah Anda harus mengatur terlebih dahulu jadwal makan yang tepat untuk menambah berat badan.

Bagaimana Cara Mengatur Jadwal Makan agar Bisa Menambah Berat Badan?

Pertama-tama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu waktu makan yang baik untuk menambah berat badan. Selanjutnya yang perlu Anda ketahui juga adalah menu makanan yang bisa menambah berat badan.

Jika Anda belum mengetahuinya, silakan simak penjelasan berikut mengenai waktu makan yang baik untuk menambah berat badan.

Sarapan: 07.00 – 08.00

Waktu sarapan yang baik dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 8 pagi. Hal itu dikarenakan tubuh membutuhkan asupan energi setelah kurang lebih 7 jam lamanya tidak mendapatkan asupan. Oleh karena itu, Anda harus cepat-cepat melakukan sarapan agar ada asupan energi yang masuk ke tubuh Anda.

Untuk menu sarapan, usahakan jangan memakan makanan yang berat-berat. Anda bisa memakan telur rebus atau roti gandum ditemani dengan segelas susu. Menu makanan tersebut bisa membuat berat badan Anda bertambah karena mengandung protein yang tinggi dan lemak yang baik bagi kesehatan.

Snack Time: 10.00 – 11.00

Mungkin Anda akan berpikir bahwa sarapan saja sudah cukup dan tidak perlu ada jam untuk camilan. Namun, nyatanya snack time ini berpengaruh untuk menambah berat badan Anda.

Di tengah-tengah antara waktu sarapan dan makan siang, yakni di jam 10.00 sampai 11.00 merupakan waktu yang tepat untuk Anda melakukan snack time. Selagi menunggu jam makan siang, Anda bisa memakan beberapa camilan, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, hingga keripik pisang.

Baca Juga:  Catat! Ini Waktu Jogging yang Baik & Efektif

Camilan yang berbahan kentang lebih disarankan karena mengandung serat, protein, dan vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk nutrisi tubuh Anda. Kalori yang terkandung dalam kentang juga cukup tinggi sehingga memudahkan Anda untuk menaikkan berat badan.

Dalam kentang rebus terkandung 83 kalori, sedangkan dalam kentang goreng terkandung 140,7 kalori yang dapat menaikkan berat badan Anda dengan cepat.

Makan Siang: 12.00 – 13. 00

Saat jam makan siang, pastikan Anda mengonsumsi nasi, jika saat sarapan Anda tidak memakan nasi. Nasi mengandung karbohidrat yang berfungsi untuk menambah energi Anda.

Selain itu, dalam satu porsi nasi bisa mengandung 130 kalori, yang mana hal tersebut baik untuk menambah berat badan Anda.

Smoothies Time: 16.00 – 17.00

Setelah beraktivitas hampir seharian pastinya membuat tubuh Anda lelah dan memerlukan sesuatu yang membuat Anda segar kembali. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewatkan smoothies time ini.

Setidaknya dalam satu hari Anda bisa mengonsumsi satu gelas smoothies karena selain mengandung protein dan vitamin yang tinggi, smoothies juga mengandung kalori dan lemak yang baik sehingga cocok untuk Anda yang sedang melakukan program menambah berat badan.

Makan Malam: 19.30 – 21.00

Waktu makan malam biasanya akan dilewatkan begitu saja karena merasa masih kenyang. Namun, sebenarnya makan malam merupakan hal yang penting dilakukan, karena setelah itu Anda tidak akan mengonsumsi makanan apapun selama kurang lebih 7 jam.

Anda juga harus memastikan pasokan glukosa cukup sebagai bahan bakar selama Anda tidur. Jika tidak, maka keesokan harinya Anda akan terbangun dengan keadaan lemas.

Jika Anda tidak ingin memakan nasi, setidaknya Anda harus memakan daging merah atau daging sapi saat makan malam karena mengandung protein dan keratin yang tinggi, sehingga Anda masih mempunyai energi ketika bangun keesokan harinya.

Baca Juga:  Anda Harus Lakukan Ini Agar Berat Badan Turun Selama Tidur

Bagaimana Cara Menjaga agar Pola Makan Tetap Teratur?

Ada beberapa cara menjaga pola makan tetap teratur. Salah satunya adalah susun jadwal makan yang sudah disesuaikan dengan jadwal aktivitas harian Anda. Memasang pengingat jam makan di smartphone juga penting Anda lakukan.

Dengan begitu Anda bisa mengatur pola makan untuk menambah berat badan agar tetap konsisten.

Sumber:

https://reps-id.com/tips-mengatur-pola-makan-untuk-menambah-berat-badan/
https://www.merdeka.com/sehat/7-jadwal-makan-sehat-untuk-kamu-yang-berencana-naikkan-berat-badan.html
https://www.dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/jam-makan-sarapan-makan-siang-makan-malam-jam-berapa-sebaiknya-kita-makan#:~:text=Idealnya%20sarapan%20dilakukan%20pada%20pukul,dua%20jam%20setelah%20Anda%20bangun
https://hellosehat.com/nutrisi/camilan-sehat-berat-badan-naik/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments