HOME / Berat Badan / Dua Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur yang Mudah

Dua Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur yang Mudah

Dua Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur yang Mudah
Dua Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur yang Mudah (Foto: SHVETS production)

Cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur, bisa menjadi hal yang banyak dicari. Terutama, untuk kalangan wanita. Yah, wajar, mengingat jumlah populasi wanita, yang memang terus bertambah angkanya. Belum lagi, pembicaraan soal standar berat badan ideal wanita. Pastinya, tidak akan bisa lepas, dari pembicaraan hangat masyarakat begitu saja. Iya enggak sih?

Menyadari keadaan tersebut, artikel ini akan mencoba untuk membantu. Membantu dengan cara apa? Tepat, dengan cara memberikan informasi, terkait bagaimana caranya menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur, jawabannya. Bukankah informasi ini juga yang sedang kamu cari?  Jadi yuk, tanpa harus berlama-lama lagi, kita lanjut saja ke pembahasan yang jadi inti pembicaraan. Siap?

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur

Sesuai dengan apa yang dijanjikan di judul. Artikel ini, akan memberikan rekomendasi, dua cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur, yang pasti mudah untuk dipraktikkan. Penasaran dengan apa saja cara-caranya? Geser kebawah, untuk mendapatkan semua jawabannya. Woke?

Menggunakan Rumus Broca

Rumus untuk jadi, cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur. Yang pertama ini, ditemukan oleh Paul Broca. Hal menariknya adalah, adanya perbedaan perhitungan. Antara standar berat badan ideal wanita, dengan standar berat badan, seorang pria. Berikut rumus-rumusnya:

Wanita = Berat badan ideal = (Tinggi badan-100) – (Tinggi badan-100 x 15%)

Pria = Berat badan ideal = (Tinggi badan-100) – (Tinggi badan-100 X 10% )

Untuk lebih mempermudah kamu memahaminya, berikut contoh penerapan rumus-rumusnya:

Misal, ada seorang wanita A yang mana dia memiliki tinggi badan 150 cm. Maka, untuk menghitung berat badan idealnya, adalah sebagai berikut:

Berat Badan Ideal Wanita A = (Tinggi badan-100) – (Tinggi badan-100 x 15%)

Baca Juga:  Waktu yang Tepat untuk Olahraga Mengecilkan Perut Agar Efektif

                                                      = ( 150-100) – (150-100 x 15%) = 50 -7,5 =  42,5

Jadi, bisa disimpulkan. Kalau wanita A, ingin mendapatkan berat badan ideal, angka imbangannya harus mencapai 42,5 kg. Tidak peduli, dia usia berapa, kalau memang tinggi badannya 150 cm. Maka, angka standar berat badan idealnya memang segitu. Cukup mudah untuk mempraktikannya bukan?

Menggunakan Kalkulator BMI

Selanjutnya, bisa menggunakan kalkulator BMI. Untuk jadi, cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur. Berbeda dengan rumus sebelumnya, yang bisa dipakai oleh remaja dan dewasa. Untuk rumus yang ini, disarankan, digunakan untuk kalangan yang usia dewasa 20-65 tahun saja.

Dan dibawah ini, rumusnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kg) : Tinggi badan (m) x Tinggi badan (m)

Untuk lebih mempermudah kamu memahaminya lagi, berikut ini contoh penerapan rumusnya:

Misal, ada seorang wanita B. Dia berusia 21 tahun, memiliki berat badan 50 kg, dengan tinggi badan 160 cm. Untuk mengukur, apakah wanita ini sudah memiliki berat badan ideal atau belum. Begini langkah mudah, untuk perhitungannya:

Berat badan ideal = Berat badan (kg) : Tinggi badan (m) x Tinggi badan (m)

    = 50 kg : 1,60 m x 1,60 m = 50 : 2,56 = 19,53

Jadi, kalau sudah begini, bisa disimpulkan. Kalau wanita B tersebut, sudah memilki berat badan yang ideal. Kenapa begitu? Yah, karena angka hasil dari perhitungan BMI nya, antara angka 18,5 -25. Yang mana, kalau di kalkulator BMI, angka- angka tersebut, tergolong untuk menyatakan keadaan normal.

Kalau hasil angkanya kurang dari segitu bagaimana? Yah, itu tandanya, berarti, berat badan ideal, masih perlu diusahakan. Tapi, hati-hati, jangan sampai kebablasan. Apalagi sampai angka hasil perhitungan BMI nya mencapai angka 27 keatas. Karena, kabar buruknya, itu pertanda  obesitas.

Baca Juga:  Inilah Aktivitas Sehat Yang Bisa Membantu Menaikkan Berat Badan

Nah, itu dia, dua rumus, yang bisa jadi, cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur. Jadinya, sebetulnya, yang jadi patokannya itu, bukan umur berapa. Melainkan, tinggi badan berapa dan berat badan berapa. Dua hal itulah, yang bisa jadi landasan kesimpulan. Apakah seseorang itu sudah memiliki berat badan atau belum. Sepakat dengan ini sahabat?

Sumber:

https://kumparan.com/hello-ladies/cara-menghitung-berat-badan-ideal-wanita-sesuai-umur-dengan-broca-dan-bmi-1xLS1aB95xG/full

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments